Indonesia punya tradisi kuliner yang sejatinya mempunyai keragaman sumber karbohidrat sangat kaya. Gaplek atau singkong yang dikeringkan merupakan bahan pangan pokok rakyat di Lampung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sagu dari Maluku dan Papua di samping ubi jalar dan talas. Jagung bose dari Labuan Bajo dan sebagainya.

Jagung merupakan pangan baku (staple food) sebagai bahan utama maupun campuran di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara. Sedangkan cantel (sorgum) juga dikenal sebagai karbohidrat pokok di berbagai suku Indonesia.

Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak destinasi wisata dan kuliner yang menarik untuk dicoba. Dan tips hemat wisata Labuan Bajo perlu di coba untuk berwisata disana agar tidak boros mencicipi sembarang jajanan kuliner.

Daerah NTT ini memiliki hasil panen yang baik, terutama hasil panen jagung. Para petani jagung menanam jagung untuk dijual dan untuk bahan makanan sehari-hari. Salah satunya adalah Jagung Bose yang hanya dibuat dari jagung putih. Ini mirip dengan tradisi rakyat Meksiko yang hanya membuat tortilla dari jagung putih.

Pada dasarnya, hanya ada sedikit perbedaan antara jagung kuning dan jagung putih. Biasanya, jagung putih justru lebih manis rasanya. Jagung putih mengandung karbohidrat yang sama dengan jagung kuning, tetapi kekurangan kandungan vitamin A (karotin).

Jagung Bose Labuan Bajo
Makanan khas NTT berasal dari jagung. Sumber IG @santhiserad_food

Mengenal Jagung Bose Labuan Bajo

Daerah Labuan Bajo NTT memiliki salah satu hasil panen yaitu ladang jagung yang terkenal serta pengolahannya yang unik. Salah satu makanan khas Labuan bajo dari jagung yaitu Jagung Bose. Jagung ini sudah menjadi makanan pokok pengganti nasi pada peradaban dan kebidayaan Labuan Bajo.

Jagung bose ini sudah ada sejak lama yang sudah diturunkan turun temurun dari masa ke masa dan sudah menjadi tradisi orang NTT . Jagung ini merupakan kuliner yang wajib untuk dicicipi saat berada di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jagung bose juga terkadang disebut dengan katemak, karena rasanya tawar, sama seperti halnya nasi. Cocok disantap dengan karmanaci dan daging se’i. Daging se’i ini adalah daging yang diasap yang juga merupakan makanan khas yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
Menurut tradisi masyarakat setempat, jagung bose pantang (pemali) dimakan dengan daging se’i saja. Untuk menetralkan pemali ini, jagung bose dan daging se’i harus didampingi lawar ikan.

Inilah salah satu penyebab mengapa lawar ikan akan selalu hadir dalam kuliner Timor. Lawar ikan dibuat dari teri segar (mentah) yang direndam cuka selama 10 menit, dan dibumbui irisan bawang merah, lombok, garam, serta perasan jeruk nipis.

Jagung Bose Labuan bajo
Jagung menjadi baha makanan tradisional NTT. Sumber unsplash

Proses Pembuatan Jagung Bose Labuan Bajo

Prose pembuatan jagung bose cukup rumit karena jagung ini dipanen setelah kurang lebih empat bulan lamanya. Setelah di panen, lalu jagung ini dibersihkan untuk memisahkan jagung yang rusak dan yang baik. Biasanya jagung yang rusak tidak dibuang, tetapi diberikan kepada hewan ternak.

Setelah itu, jagung yang baik akan dikemas dalam ikatan (futpena) Bahasa dawan (daerah). Kemudian jagung ini dikemas dalam rumah bulat dan diasapkan untuk menjaga kualitas jagung agar tidak rusak dan terhindar dari hewan yang mengganggu.

Jagung ini nantinya akan ditumbuk menggunakan lesung yaitu seperti wadah tempat menaruh jagung yang akan ditumbuk dan alung yaitu kayu panjang untuk menumbuk jagung sampai terlepas kulit jagung dan dibersihkan menggunakan niru (tapis) sampai bersih.

Biasanya jagung bose ini diolah berupa bubur jagung unik yang juga merupakan hidangan tradisional dari Nusa Tenggara Timur. Dalam hidangan ini juga, terkandung campuran kacang merah dan kacang tanah di dalamnya. Kesan gurih yang ada pada bubur ini, dikarenakan hidangan ini mengandung juga santan kelapa.

Bahan-bahan

  1. Satu kaleng susu jagung bose
  2. Segenggam kacang nasi putih, boleh yang warna hitam atau merah
  3. Segenggam kacang hijau
  4. Segenggam kacang tanah
  5. Setengah butir kelapa diambil santannya
  6. Satu mangkuk kecil irisan labu kuning
  7. Air secukupnya
  8. Garam secukupnya
  9. Penyedap rasa secukupnya

Langkah Pembuatan

  1. Cuci bersih jagung bose bersama kacang nasi sampai bersih
  2. Masak sampai setengah jam, lalu masukkan kacang hijau yang telah dicuci bersih. Masak sampai benar-benar matang semua. Kira-kira 45 menit lagi. Ingat, sesekali harus dicek untuk tambah air kalo sudah susut, jangan sampai hangus di dasar panci/wajan.
  3. Masukkan labu kuning dan kacang tanah. Tunggu lima menit, kemudian masukkan santan secukupnya. Kalo mau hasil jagung bose nanti banyak kuahnya, air santannya dibuat banyak.
  4. Pakai santan ataupun tidak, tetap tunggu 15 menit sampai labu kuning dan kacang tanahnya matang. Tapi jangan lewat dari itu, karena nanti tidak terlalu terasa santannya lagi.
  5. Masukkan garam, tes rasa. Tambahkan penyedap rasa (jika suka).
  6. Siap disantap bersama. Sepiring tidak akan cukup.

Warung Jagung Bose Labuan Bajo

Jika Anda menyukai tantangan baru dalam berburu tempat kuliner di Labuan Bajo dengan spot pemandangan areal persawahan yang mempesona, silahkan mampir ke Warung Gerhana di Kelurahan Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Warung ini sederhana saja. Dibangun menggunakan pelepah bebak, papan dan bambu. Yang luar biasa yaitu ada beberapa bangunan lopo (gazebo berbentuk rumah bulat beratapkan daun alang-alang) yang dibangun di sebelah timur bangunan induk.

Jagung Bose Labuan Bajo
Jagung bose merupakan makanan khas NTT populer. Sumber IG @doc_kitchen

Di lopo ini Anda bisa menikmati hidangan jagung bose ditemani daging se’i (daging yang diasapkan), sambal lu’at yang harum dan memanjakan lidah. Ada lawar ikan teri yang harum oleh daun kemangi, sayur bunga pepaya, ikan kuah asam dan sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai Jagung Bose yang merupakan makanan lezat penuh dengan nutrisi khas Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur yang perlu Anda cicipi. Bagi Anda yang sedang berwisata ke Labuan Bajo, tidak ada salahnya menikmati sajian kuliner bergizi ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

WhatsApp chat