Bagi Anda yang merencanakan berlibur ke Labuan Bajo harus mengetahui beberapa pulau yang ada di kawasan tersebut. Mungkin yang paling terkenal ialah Pulau Rinca atau Pulau Komodo. Namun ternyata, kawasan Labuan Bajo ini tidak hanya terdiri dari dua pulau itu saja karena masih terdapat banyak pulau-pulau yang menjadi bagian kawasan taman nasional ini seperti Pulau Padar Labuan Bajo salah satunya.

Salah satu pulau yang menjadi perhatian orang baru-baru ini ialah Pulau Padar. Pulau yang ternyata adalah pulau ketiga terbesar di Labuan Bajo ini menyimpan banyak hal dan fakta menarik yang patut untuk Anda ketahui.

Di sekitar Pulau Padar Labuan Bajo, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai pasir putih yang terhampar mengelilingi pulau. Belum lagi pemandangan eksotis lainnya seperti pemandangan istana bawah lautnya dan hamparan bukit yang menjulang tinggi. Sangat cocok sekali untuk Anda sebagai seorang penikmat alam.

Fakta Menarik Pulau Padar

Pulau Padar Labuan Bajo, sumber ig johan_drone_adventures
Pulau Padar Labuan Bajo, sumber ig @johan_drone_adventures

Berikut ini kami akan mengulas beberapa fakta menarik mengenai Pulau Padar yang perlu Anda ketahui sebelum jalan-jalan ke pulau ini. Karena memang pulau ini belum begitu terkenal dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Labuan Bajo. Jadi, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Masuk Dalam Kawasan Taman Nasional Komodo

Merupakan salah satu hal yang wajib Anda ketahui sebelum datang ke pulau ini. Yaitu bahwa Pulau Padar ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Persisnya berada di perairan barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Karena masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Anda nggak bisa melakukan segala hal secara sembarangan di pulau ini. Ada beberapa peraturan yang harus Anda pahami sebelum tiba di pulau ini.

Anda bisa bertanya kepada petugas yang bekerja di kawasan taman nasional ini mengenai peraturan tersebut. Atau Anda juga bisa coba browsing dulu soal apa yang boleh dan nggak boleh Anda lakukan di kawasan taman nasional tersebut.

Kanal di Sekitar Pulau Padar, sumber ig sailing.komodo
Kanal di Sekitar Pulau Padar, sumber ig @sailing.komodo

Untuk sampai ke pulau ini tidak terlalu sulit. Banyak cara untuk ke Labuan Bajo. Kalau naik pesawat, Anda tinggal cari tiket yang memiliki tujuan ke Labuan Bajo. Atau kalau Anda mau sedikit berhemat, Anda juga bisa naik bus. Namun memang untuk naik bus itu akan memakan waktu yang lebih lama dalam perjalanan Anda. 

2. Pulau Ketiga Terbesar Di Taman Nasional Komodo

Seperti apa yang sudah disampaikan di atas, bahwa memang Pulau Padar ini merupakan pulau terbesar ketiga yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Dari tiga pulau utama di taman nasional ini, Pulau Padar menempati posisi terakhir soal luas wilayah setelah Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Dan kalau Anda perhatikan dari atas, bentuk dari Pulau Padar ini paling abstrak dibandingkan kedua pulau utama yang ada di taman nasional ini. Letaknya di Selat Lintah yang memisahkan Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Lalu, Selat Lintah ini terkenal dengan arus ombaknya yang besar.

Oleh sebab itu, pada saat Anda naik perahu ke pulau ini, siap-siap dengan goyangan yang agak sedikit kencang. Namun tenang saja, Anda akan mendapatkan sesuatu yang menarik pada saat menginjakkan kaki Anda di pulau ini.

3. Lebih Dekat Dari Pulau Rinca Dibanding Pulau Komodo

Lokasi dari Pulau Padar ini memang berada di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Jadi kalau Anda berangkat dari Labuan Bajo, Anda pasti akan melewati Pulau Rinca terlebih dahulu sebelum tiba di Pulau Padar.

Padar Island, sumber ig @alepasqui_

Tapi, dari Pulau Padar lebih dekat untuk Anda bisa sampai di Pulau Rinca. Kalau dari Pulau Komodo Anda memerlukan waktu kurang lebih 2 jam, sedangkan kalau Anda dari Pulau Rinca Anda hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. 

Nah, kalau Anda sudah tahu waktu tempuhnya, tentu Anda bisa memperkirakan bagaimana rute yang paling sesuai buat Anda.

4. Pernah Menjadi Tempat Pembuangan Komodo

Satu hal ini perlu diperhatikan sebelum Anda berkunjung ke Pulau Padar. Karena bukan merupakan sebuah rahasia lagi kalau kadal ini memang masih dalam kategori hewan buas. Dan tidak sedikit kasus sang komodo menggigit para wisatawan ataupun warga sekitar.

Konon katanya, komodo-komodo yang bermasalah tersebut “dibuang” ke Pulau Padar ini. Nggak main-main, seperti dilansir Liputan6, katanya ada sekitar tujuh komodo yang ada di pulau ini. 

Oleh sebab itu, kalau Anda mau berkeliling di pulau ini agar selalu minta panduan dari para petugas di sana. Hal ini disarankan agar hal-hal yang tidak inginkan tidak akan terjadi.

5. Termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO

Pada saat Anda datang di pulau ini memang berbeda dengan pulau lainnya di kawasan Taman Nasional Komodo ini. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan sebuah pengalaman yang menarik apabila bisa bersantai-santai di pulau ini.

Bentangan alamnya yang indah membuat UNESCO memasukan Pulau Padar sebagai salah satu dari situs Warisan Dunia. Hal ini sudah dikukuhakn sejak tahun 1991, bersama dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi kalau berbicara mengenai keindahan alam yang ada di dalam pulau ini.

Pemandangan di Sekitar Pulau Padar, sumber ig immanuel_ben
Pemandangan di Sekitar Pulau Padar, sumber ig @immanuel_ben

6. Trekking Dengan Pemandangan Yang Indah

Buat Anda yang ingin mencari spot foto yang Instagramable, puncak dari Pulau Padar ini merupakan tempat yang cocok buat Anda. Karena dari puncak ini, Anda akan melihat pelana yang menghubungan dua bagian Pulau Padar.

Untuk mendapatkan hasil foto yang indah, tentunya Anda harus sudah ada di puncak tersebut pada saat sore hari. Karena menikmati matahari terbenam di puncak ini merupakan sebuah momen yang luar biasa. Dan tentunya merupakan sebuah kanvas foto yang indah.

Lalu, untuk trekkingnya itu sendiri tidak akan memakan waktu yang lama. Hanya memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Namun, Anda akan melihat bentangan alam yang indah. Pada saat siang hari lebih baik untuk menggungkan topi, karena memang iklim di pulau ini cukup panas.

Yang terakhir ialah jangan lupa untuk menggunakan sepatu outdoor. Karena memang medan yang akan Anda hadapi tidak semulus itu. Daripada Anda mengalami cedera, mending pakai sepatu yang memang diperuntukan untuk trekking.

Demikian ulasan mengenai fakta menarik seputar Pulau Padar yang perlu Anda ketahui. Tentu, dengan uraian fakta menarik tentang pulau indah ini, membuat Anda semakin yakin untuk mengunjunginya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.