Select Page

Di planet bumi, hanya ada tujuh pantai yang memiliki pasir dengan warna pink, salah satunya ada di Pulau Komodo, Flores. Karena keunikannya tersebut, Pantai Pink menjadi pilihan destinasi wisata bagi para turis lokal maupun mancanegara. Selain menikmati pemandangan pasir pantai yang tidak biasa, ada beberapa fakta unik dari pantai ini yang harus anda ketahui. Apa saja? Berikut ulasannya.

Fakta Menarik Pantai Pink

1. Pasir Berwarna Pink

Karena pasir pantai yang berwarna pink, itu sebabnya pantai ini dikenal dengan nama “Pink Beach”. Warna pink adalah berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang kini menjadi pasir pantai.

Pasir Pink, sumber ig zonawisata.id

Pasir Pink, sumber ig @zonawisata.id

Warna pink tidak hanya di satu titik saja, namun sepanjang garis pantai di Pulau Komodo memiliki warna pasir yang pink kemerahan. Hal ini membuktikan bahwa di wilayah ini terdapat hewan Foraminifera dalam jumlah yang cukup banyak. Pencampuran antara koral merah dan pasir kristal putih lah yang menyebabkan warnanya menjadi pink.

2. Ada berbagai koral dan spesies ikan

Saat wisatawan memilih snorkeling sebagai aktivitas utama berlibur di pantai ini, maka mereka akan dimanjakan dengan suguhan berbagai macam koral dan spesies ikan. Koral yang ada di bawah lautnya terdiri dari koral halus dan keras, juga warnanya yang berbagai macam. Selain koral, spesies ikan di tempat ini juga cukup kaya sehingga aktivitas snorkeling akan sangat menyenangkan.

Ada aturan untuk mengunjungi Pantai Pink, yaitu kapal tidak boleh mendekati bibir pantai. Hal tersebut bertujuan agar keadaan koral tetap baik. Warna air yang jernih membuat koral dan ikan terlihat meski pengunjung hanya berjalan beberapa meter sajar dari riak-riak pantai. Jadi saat tiba di dekat pulau, maka wisatawan akan menaiki perahu yang dihubungkan menggunakan tali.

3. Rumah bagi Komodo “Dragon”

Bagi anda yang baru berencana untuk mengunjungi pantai ini, jangan kaget jika nantinya akan bertemu dengan komodo dragon. Spesies reptil terbesar yang masih tersisa di dunia ini bisa ditemui karena memang pulau ini adalah habitat aslinya. Pastikan anda menjauh jika menemui komodo. Karena pulau tak berpenghuni, maka komodo akan menganggap anda sebagai musuh.

Klik wisata labuan bajo!

Komodo memiliki gerak yang lamban, namun ukurannya cukup besar dan juga bisa berenang dari satu pulau ke pulau yang lain. Sebaiknya, anda pergi ke pantai ini dengan seorang tur guide sehingga anda akan lebih aman.

Pantai Pink, sumber ig ugetravel

Pantai Pink, sumber ig @ugetravel

4. Termasuk Pantai Pink Terindah di Dunia

Pantai dengan pasirnya berwarna pink kemerahan termasuk dalam kategori unik, karena tidak semuanya memiliki pengaruh besar dari Foraminifera. Dari tujuh pantai dengan pasir berwarna pink, pantai di Pulau Komodo ini termasuk yang memberikan lansekap memuaskan. Perpaduan antara pantai pasir pink, air laut jernih dan langit biru tak dimiliki oleh pantai pink lainnya.

5. Memiliki Bukit Sabana

Wilayah Flores dikenal dengan iklimnya yang kering, itu sebabnya banyak sabana yang bisa ditemukan d daerah ini, termasuk Pulau Komodo. Jika wisatawan ingin memiliki angle unik lainnya untuk berfoto, sebaiknya naik ke atas bukti sabana.

Dari atas bukit, para turis dapat melihat keindahan Pantai Pink, air laut yang biru dan juga barisan koral di bagian pesisirnya. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat sekeliling pulau dari atas bukit yang tentu saja menakjubkan untuk dan sayang jika tidak diabadikan.

Demikian ulasan mengenai keunikan Pantai Pink Labuan Bajo. Masih banyak keindahan Labuan Bajo lainnya yang bisa dinikmati. Untuk informasi mengenai Bukit Cinta Labuan Bajo, silahkan klik di sini. Selamat menikmati wisata kelas dunia Labuan Bajo.