Select Page

Tidak hanya unggul sebagai destinasi wisata alam yang indah, di Labuan Bajo ada tempat yang romantis bernama Bukit Cinta. Bukit Cinta Labuan Bajo sering dijadikan tujuan bagi para sepasang kekasih untuk menghabiskan waktu bersama, menikmati pemandangan dan juga berfoto. Pesona Bukit Cinta ini membuat pengunjungnya ingin kembali lagi ke tempat ini.

Waktu dulu, Bukit Cinta sama sekali tak memiliki nama. Hanya karena banyak orang yang datang bersama psangan kekasihnya hanya untuk sekedar mengobrol dan berfoto, maka bukit ini dinamai dengan Bukit Cinta. Ditambah lagi dengan pemandangan yang indah, juga suasana yang romantis. Maka, tidak lengkap rasanya jika datang ke tempat ini sendirian.

Apa saja yang bisa dilakukan di Bukit Cinta dan bagaimana cara menuju ke sana? Berikut adalah ulasan untuk melakukan trip ke tempat eksotis ini.

Tips Mengunjungi Bukit Cinta Labuan Bajo

Bukit Cinta Labuan Bajo, sumber ig dewig23

Bukit Cinta Labuan Bajo, sumber ig @dewig23

1. Lakukan Trekking

Aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Bukit Cinta ialah trekking. Aktivitas ini menjadi hal yang utama karena hanya dari atas bukit lah, pemandangan dari sekitar pulau akan terlihat. Slain pulau-pulau sekitar, air laut yang biru dan bersih, pantai yang bagaikan kristal, sabana kering dan hutan yang menyelimuti pulau menjadi pemandangan yang menakjubkan.

2. Memilih akomodasi

Setelah mencapai Bukit Cinta, sebaiknya pengunjung tidak kaget bahwa tidak ada sama sekali penghuni yang ada di pulau ini. Keadaannya cukup sepi oleh penduduk lokal, ramai oleh wisawatawan yang berkunjung saja. Untuk memilih akomodasi, sebaiknya wisatawan yang akan mengunjungi tempat ini memilih penginapan yang berada di pusat Labuan Bajo.

Ada beberapa penyedia akomodasi yang dekat dengan Bukit Cinta Labuan Bajo, namun hanya memakan waktu sekitar 10 menit saja meski letaknya di pusat Labuan Bajo. Harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif, bahkan ada penginapan yang hanya Rp 150,000 per malamnya. Pertimbangkan juga bekal makanan saat berkunjung karena tidak banyak resto atau warung makan. Maka, sebaiknya pengunjung membawa perbekalan yang cukup ketika berkunjung ke Labuan Bajo, terutama Bukit Cinta.

Sunset Bukit Cinta, sumber ig vinakasim

Sunset Bukit Cinta, sumber ig @vinakasim

3. Melihat matahari terbenam

Tidak hanya djadikan objek untuk melihat keindahan Taman Nasional Komodo dari ketinggian, di Bukit Cinta ini pengunjung dapat menghabiskan waktu sambil menunggu matahari terbenam. Dengan melakukan trekking pada sore hari, setelahnya wisatawan dapat hanya sekedar duduk-duduk menunggu sekitar pukul 5 sore hingga petang menjelang.

Meskipun di bukit ini sama sekali tak berpenghuni, keadaannya gelap karena tidak ada sama sekali penerangan, namun menjelang petang tempat ini malah ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Romantisme akan sangat terasa di tempat ini, terlebih untuk melihat bintang di langit dari ketinggian bukit. Hal tersebut disebabkan, Bukit Cinta tidak memiliki pohon tinggi melainkan rerumputan saja.

4. Cara sampai ke Bukit Cinta

Para pengunjung dapat mencapai Bukit Cinta hanya dengan melakukan perjalanan menuju bagian Utara, dari pusat Labuan Bajo. Tidak perlu menyebrang lautan, karena pengunjung hanya perlu melakukan perjalanan darat saja. Perjalanan darat hanya ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Setelah tiba, pengunjung harus naik ke bukit yang memakan waktu sekitar 10 menit saja.

Untuk menikmati sajian pemandangan di Bukit Cinta Labuan Bajo tidak dikenakan biaya alias gratis. Sehingga, pengunjung bebas untuk pergi ke sana-sini di atas bukit, berfoto atau hanya sekitar duduk-duduk di sana. Pengunjung diperbolehkan untuk membawa makanan ke tempat ini, namun tetap harus menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Demikian ulasan mengenai keindahan Bukit Cinta di Labuan Bajo. Semoga bisa menambah referensi perjalanan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Labuan Bajo. Selamat berwisata!