Apa ciri khas yang paling menonjol di Labuan Bajo? Biasanya wisata menikmati wisata Pulau atau menyaksikan hewan legendaris Komodo. Pilihan lainnya yang juga sering dicoba adalah melakukan diving melihat pemandangan biota laut. Namun tahukah Anda bahwa bukit di Labuan Bajo juga menarik untuk dijadikan pilihan wisata di sini?

Ada tiga bukit di Labuan Bajo yang dikenal dengan view sunsetnya. Namun sebenarnya bukan hanya saat sunset, saat momen-momen lainnya bukit ini juga menjadi target muda-mudi atau siapa saja yang ingin menikmati suasana syahdu di 3 bukit di Labuan Bajo ini. Keberadaan bukit ini juga berada di lokasi villa penginapan untuk wisatawan berada.

Bukit Wisata di Labuan Bajo

Ada 3 bukit wisata di Labuan Bajo yang patut Anda kunjungi. Ketiganya sudah terbukti menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati suasana khas Labuan Bajo dengan pemandangan pulau-pulaunya yang indah. Apa saja bukit tersebut? Simak informasinya dibawah ini.

Bukit Amelia Sea

Bukit Amelia Sea, sumber ig cenjkt
Bukit Amelia Sea, sumber ig cenjkt

Bukit Amelia Sea merupakan salah satu diantara 3 bukit di Labuan Bajo yang dikenal sebagai spot wisata yang romantis. Di sini para wisatawan biasanya datang bersama pasangannya menikmati semilir angin dari puncak bukit, ditemani padang savana yang indah serta pemandangan laut yang menakjubkan.

Nama bukit ini disebut wisatawan berdasarkan salah satu villa yang terdekat yaitu villa Amelia. Waktu yang paling sering ramai saat wisatawan memadati bukit yang satu ini adalah saat sunset dan sunrise. Namun untuk dapat menikmati pemandangan di puncaknya, Anda harus melakukan trekking yang lumayan menantang terlebih dahulu.

Jika Anda datang pada siang hari, lebih baik memakai topi karena suhunya bisa sangat panas. Tips penting lainnya adalah, tidak disarankan untuk mencapai bukit sendirian, karena Anda memerlukan pemandu wisata untuk menjelajahi lokasi tanpa membuang banyak waktu.

Untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan di Bukit Amelia, Anda harus mengunjungi Labuan Bajo terlebih dahulu. Perjalanan tersebut membutuhkan begitu banyak waktu, terutama bagi orang luar. Dari Kupang, dibutuhkan sekitar 30 jam dengan jarak 903 km.

Rute yang dimaksud adalah Kupang – Pulau Kijang – Labuan Bajo. Untuk perjalanan yang lebih cepat, Anda perlu memanfaatkan layanan transportasi yang ideal (pesawat terbang), baik dari Jakarta, Denpasar ataupun Lombok. Memang mahal, tapi itu sepadan dengan biayanya.

Bukit Sylvia

Bukit Sylvia berada di Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Jika Anda berada di Pelabuhan Bajo, untuk menuju bukit ini membutuhkan waktu 30 menit berjalan kaki atau sekitar 5 menit menggunakan angkot atau ojek.

Bukit Sylvia, sumber ig fadlun_arifin
Bukit Sylvia, sumber ig @fadlun_arifin

Kondisi jalanan sudah beraspal sehingga ramah untuk diakses baik menggunakan kendaraan maupun tidak. Biasanya sebagian wisatawan memang menikmati perjalanan menuju bukit dengan berjalan kaki karena keberadaan bukit ini yang dekat dengan pantai Waecicu.

Bukit Sylvia adalah spot wisata yang dinamakan berdasarkan nama sebuah hotel terkenal di daerah ini, yaitu Sylvia Resort. Awalnya dikunjungi para wisatawan yang menginap di hotel. Baru dikemudian hari menjadi semakin terkenal dan sengaja dikunjungi oleh para wisatawan.

Salah satu area pantai waecicu ini memang dikelilingi perbukitan. Sehingga terdapat beberapa bukit yang bisa didaki yang jaraknya pendakiannya menuju puncak berbeda beda. Pendakiannya juga tidak terlalu sulit karena sudah terdapat jalan setapak yang sering dilewati.

Saat berada di puncak, panorama yang tersaji benar-benar hampir tidak bisa didapatkan di spot wisata lainnya. Karena berada dekat dengan pelabuhan, banyak kapal-kapal yang berlayar seperti kapal nelayan hingga kapal pesiar yang berpenampilan mewah.

Selain kapal-kapal, tentu saja panorama alam bahari khas Labuan Bajo. Pantai-pantai di Labuan Bajo memiliki warna pasir putih yang menawan dan kontras dengan warna birunya air laut yang berdegradasi dengan warna langitnya. Pemandangan sunrise dan sunset juga tidak bisa dilewatkan. Karena berada pada ketinggian dan di sekitar lautan, pemandangan ini luar biasa mempesona. Pemandangan inilah yang kemudian membawa kesan romantis dengan cuaca redup yang syahdu.

Bukit Cinta

Waktu dulu, Bukit Cinta sama sekali tak memiliki nama. Hanya karena banyak orang yang datang bersama pasangan kekasihnya hanya untuk sekedar mengobrol dan berfoto, maka bukit ini dinamai dengan Bukit Cinta. Ditambah lagi dengan pemandangan bahari yang indah, juga suasana yang romantis. Maka, tidak lengkap rasanya jika datang ke tempat ini sendirian.

Bukit Cinta Labuan Bajo berada di dataran Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores Barat. Lokasinya berada sekitar 10 menit ke utara dari pusat Kota Labuan Bajo atau Bandar Udara. Perjalanan bisa dilakukan menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Sesampainya di kaki bukit, para wisatawan harus berjalan mendaki menuju puncak untuk menikmati berbagai pemandangan indah yang tersaji di lokasi. Pendakian bisa memakan waktu 20 – 30 menit.

Untuk menikmati sajian pemandangan di obyek wisata Labuan Bajo ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Sehingga, pengunjung bebas untuk pergi ke sana-sini di atas bukit, berfoto atau hanya sekitar duduk-duduk di sana. Pengunjung diperbolehkan untuk membawa makanan ke tempat ini, namun tetap harus menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di Bukit Cinta ini adalah :

Bukit Cinta Labuan Bajo, sumber ig fitrahramadhanmansur
Bukit Cinta Labuan Bajo, sumber ig @fitrahramadhanmansur

1. Wahana Trekking

Aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Bukit Cinta ialah trekking. Aktivitas ini menjadi hal yang utama karena hanya dari atas bukit lah, pemandangan dari sekitar pulau akan terlihat. Slain pulau-pulau sekitar, air laut yang biru dan bersih, pantai yang bagaikan kristal, sabana kering dan hutan yang menyelimuti pulau menjadi pemandangan yang menakjubkan.

2. Pesona Sunset

Tidak hanya djadikan objek untuk melihat keindahan Taman Nasional Komodo dari ketinggian, di lokasi wisata ini pengunjung dapat menghabiskan waktu sambil menunggu matahari terbenam. Dengan melakukan trekking pada sore hari, setelahnya wisatawan dapat hanya sekedar duduk-duduk menunggu sekitar pukul 5 sore hingga petang menjelang.

Meskipun di bukit ini sama sekali tak berpenghuni, keadaannya gelap karena tidak ada sama sekali penerangan, namun menjelang petang tempat ini malah ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Romantisme akan sangat terasa di tempat ini, terlebih untuk melihat bintang di langit dari ketinggian bukit. Hal tersebut disebabkan, obyek wisata ini tidak memiliki pohon tinggi melainkan rerumputan saja.

3. Menikmati Pemandangan

Para pengunjung dapat mencapai lokasi ini hanya dengan melakukan perjalanan menuju bagian Utara, dari pusat Labuan Bajo. Tidak perlu menyebrang lautan, karena pengunjung hanya perlu melakukan perjalanan darat saja. Perjalanan darat hanya ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Setelah tiba, pengunjung harus naik ke bukit yang memakan waktu sekitar 10 menit saja.

Itu dia informasi seputar 3 bukit di Labuan Bajo yang menarik untuk dijadikan spot wisata. Tidak ada salahnya mencoba alternatif wisata bukit ini selain wisata pulau dan pantai di daerah wisata Internasional yang satu ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.