Bukit Sylvia Labuan Bajo adalah salah satu spot wisata yang berbeda. Keberadaannya memang menjadi langka karena yang sering dikenal para wisatawan yang berkunjung di Labuan Bajo adalah pantai, pulau dan komodo sebagai icon wisata di daerah paling barat di Pulau Flores ini.

Meskipun begitu, ternyata bukit Sylvia Labuan Bajo memiliki pesona yang luar biasa. Jika pantai-pantai dan pulau-pulau di Labuan Bajo menampilkan pesona keindahan bahari, di bukit Sylvia banyak hal yang bisa menjadi perhatian.

Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui bahwa Labuan Bajo adalah kota yang memiliki daya tarik luar biasa. Keberadaan sebagai tempat singgah kapal-kapal termasuk kapal pesiar bahkan dari luar negeri menjadikan Labuan Bajo menjadi salah satu lokasi wisata mewah yang terdapat di Indonesia.

Meskipun terkenal dengan wisata high class, bukit Sylvia Labuan Bajo tergolong spot wisata yang bisa dikunjungi dengan biaya seminimal mungkin. Namun jangan khawatir, pesona yang bisa dinikmati juga tidak kalah dengan spot-spot wisata Labuan Bajo lainnya. Simak informasinya berikut ini.

Lokasi Bukit Sylvia Labuan Bajo

Bukit Sylvia, sumber ig goezz
Bukit Sylvia, sumber ig @goezz

Bukit Sylvia berada di Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Jika Anda berada di Pelabuhan Bajo, untuk menuju bukit ini membutuhkan waktu 30 menit berjalan kaki atau sekitar 5 menit menggunakan angkot atau ojek.

Kondisi jalanan sudah beraspal sehingga ramah untuk diakses baik menggunakan kendaraan maupun tidak. Biasanya sebagian wisatawan memang menikmati perjalanan menuju bukit dengan berjalan kaki karena keberadaan bukit ini yang dekat dengan pantai Waecicu.

Pesona Bukit Sylvia

Bukit Sylvia memiliki pesona yang menjadi daya tarik sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Para wisatawan yang penasaran ingin melihat langsung bagaimana panorama yang disajikan dari atau spot yang satu ini.

Bukit Sylvia adalah spot wisata yang dinamakan berdasarkan nama sebuah hotel terkenal di daerah ini, yaitu Sylvia Resort. Awalnya dikunjungi para wisatawan yang menginap di hotel. Baru dikemudian hari menjadi semakin terkenal dan sengaja dikunjungi oleh para wisatawan.

Spot wisata ini juga sering disebut sebagai bukit Cinta. Bukit Cinta yang notabene merupakan bukit yang memiliki suasana romantis sebenarnya adalah bukit lain yang terdapat di lokasi yang berbeda dengan spot wisata ini. Namun, karena sama-sama bisa menyajikan suasana romantis, akhirnya diberi nama yang sama meskipun berbeda lokasinya.

Area pantai waecicu ini memang dikelilingi perbukitan. Sehingga terdapat beberapa bukit yang bisa didaki yang jaraknya pendakiannya menuju puncak berbeda beda. Pendakiannya juga tidak terlalu sulit karena sudah terdapat jalan setapak yang sering dilewati.

Saat berada di puncak, panorama yang tersaji benar-benar hampir tidak bisa didapatkan di spot wisata lainnya. Karena berada dekat dengan pelabuhan, banyak kapal-kapal yang berlayar seperti kapal nelayan hingga kapal pesiar yang berpenampilan mewah.

Bukit Sylvia, sumber ig iam.fauzanupip
Bukit Sylvia, sumber ig @iam.fauzanupip

Selain kapal-kapal, tentu saja panorama alam bahari khas Labuan Bajo. Pantai-pantai di Labuan Bajo memiliki warna pasir putih yang menawan dan kontras dengan warna birunya air laut yang berdegradasi dengan warna langitnya.

Pemandangan sunrise dan sunset juga tidak bisa dilewatkan. Karena berada pada ketinggian dan di sekitar lautan, pemandangan ini luar biasa mempesona. Pemandangan inilah yang kemudian membawa kesan romantis dengan cuaca redup yang syahdu.

Informasi Tambahan

Bagi para wisatawan yang berasal dari luar daerah, tersedia banyak penginapan dan hotel di sekitar lokasi. Biasanya momen sunset dan sunrise memang sudah didapatkan kecuali menunggu. Terutama sunrise. Maka memanfaatkan penginapan yang berada di sekitar lokasi bisa menjadi solusinya.

Lokasi wisata ini juga menjadi salah satu kawasan yang tidak memerlukan biaya tiket masuk. Tentu saja sedikit langka, karena Labuan Bajo adalah daerah wisata yang digandrungi oleh wisatawan mancanegara dengan biaya akomodasi yang tinggi.

Itu dia berbagai informasi yang bisa didapatkan tim redaksi labuanbajotour.com. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi wisata Anda di Labuan Bajo. Simak berbagai informasi wisata dan tips-tips berliburan di Labuan Bajo serta berbagai artikel menarik lainnya di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda!