Indonesia dianugerahi bentang alam yang indah. Letak geografis Nusantara membuat Indonesia dihuni oleh berbagai makhluk hidup yang unik. Salah satunya adalah komodo. Masyarakat Indonesia pun tahu untuk melihat populasi komodo ini, hanya ada satu tempat yang tepat untuk dikunjungi, yakni Pulau Komodo.

Pulau komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Labuan Bajo. Selain merupakan habitat dari hewan pra sejarah, Pulau Komodo juga menyimpan berbagai keunikan lain yang bikin kamu semakin penasaran untuk mengunjunginya. Apa saja itu?

Keunikan Pulau Komodo yang Menarik Untuk Diketahui

Pulau Komodo adalah salah satu destinasi wisata Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara. Lokasi ini memiliki daya tarik dari berbagai keunikan yang dimiliki. Meskipun banyak pulau-pulau lainnya di Indonesia yang juga menjadi tujuan wisata bahari, namun pulau Komodo tetap memilik daya tarik tersendiri. Berikut beberapa diantara daya tariknya.

Komodo, sumber ig sam.ones81
Komodo, sumber ig @sam.ones81

1. Satu dari 7 keajaiban Dunia

Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur pada tahun 2012 resmi ditetapkan menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia atau New 7 Wonders of Nature oleh New 7 Wonders Foundation. Keberhasilan Taman Nasional Komodo menjadi contoh inspiratif bagaimana sebuah masyarakat dapat bersama-sama berusaha melindungi sebuah spesies yang hampir punah.

Jumlah suara melalui pesan singkat yang sangat besar menunjukkan bahwa bangsa Indonesia telah mengekspresikan kebanggaan pada warisan alam, yang juga merupakan bagian dari mozaik dunia. Proses penetapan Taman Nasional Komodo sebagai “New 7 Wonders of Nature” memakan waktu lebih dari lima bulan untuk klarifikasi dan penghitungan.

2. Sepuluh besar destinasi wisata terbaik Asia

Lonely Planet pada tahun 2018 merilis daftar destinasi terbaik di Asia yang wajib dikunjungi wisatawan. Ada 10 tempat wisata yang dipilih berdasarkan beberapa hal, di antaranya berdasarkan keindahan wisata, kuliner, budaya serta kegiatan yang ditawarkan.

Empat kriteria tersebut dinilai dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan wisatawan selama berwisata ke suatu tujuan. Menariknya dari 10 destinasi tersebut, Indonesia diwakili Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Pulau Komodo disebut sebagai rumah bagi kadal purba. Bahkan, keindahan alam di pulau ini disamakan seperti surga. Lonely Planet juga menyebut banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pulau dengan pemandangan alam yang memanjakan mata tersebut.

3. Habitat salah satu hewan Pra-Sejarah

Pulau Komodo merupakan habitat dari salah satu hewan pra sejarah, yakni komodo. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Melbourne, Australia, pada 2009 menjelaskan jika komodo awalnya berasal dari Australia. Namun, hewan purba tersebut bermigrasi menuju Kepulauan Sunda Kecil yang kemudian bertahan hingga kini di Nusa Tenggara Timur.

4. Tujuan wisata dan penelitian

Pulau Padar, sumber ig amrandode
Pulau Padar, sumber ig @amrandode

Keindahan alam di pulau ini menjadikan Taman Nasional Komodo menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain menjadi objek wisata, tempat ini juga menjadi tempat favorit bagi para ilmuwan dari berbagai negara.

Para ilmuwan tersebut tertarik untuk meneliti perkembangan evolusi komodo dari masa ke masa. Pemilihan Indonesia sebagai tempat penelitian oleh para ilmuwan disebabkan komodo dipercaya sebagai hewan purba yang hanya ada di Indonesia.

5. Situs warisan dunia

Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO pada 1991. Penetapan tersebut didasari atas keindahan bentang alam di Pulau Komodo yang memiliki fenomena dan estetika yang langka. Jauh sebelumnya, Pulau Komodo juga ditetapkan sebagai salah satu Cagar Manusia dan Biosfer pada 1977.

Selain itu, taman nasional komodo ditetapkan sebagai Simbol Nasional oleh Presiden RI pada tahun 1992, sebagai Kawasan Perlindungan Laut di tahun 2000 dan juga sebagai salah satu Taman Nasional Model di Indonesia pada tahun 2006.

6. Mudah ketemu komodo

Namanya juga mendatangi Pulau Komodo, jadi Anda pasti mudah banget untuk ketemu hewan purba yang satu ini. Mereka ini kebanyakan terlihat tidak berkelompok dan biasanya berada di sekitar pantai ataupun pinggir jalan.

Nah, karena Anda berada di rumahnya, Anda wajib untuk menjaga kebersihan tempat tersebut. Kalau Anda pengen berada lebih dekat dengan komodo, minta tolonglah kepada seorang pemandu tour atau penjaga pantai untuk membantu Anda.

7. Disuguhi bentangan pantai pink

Pink Beach Labuan Bajo, sumber ig viajeseumundo
Pantai Pink Labuan Bajo, sumber ig @viajeseumundo

Selain bentangan sabana serta keeksotisan komodo, di sini juga Anda bisa merasakan keunikan dari Pantai Pink. Berbeda dari pantai pada umumnya, Pantai Pink hadir dengan pesona yang unik. Keunikannya terdapat pada pasirnya yang berwarna merah muda atau pink.

Warna pink tercipta dari campuran pasir putih lembut dengan serpihan halus karang merah yang sudah mati. Peristiwa biologis ini menghasilkan perpaduan warna pink yang benar-benar natural. Tatkala terkena air laut warnanya nampak kemerah-merahan.

Sementara dikala terkena pantulan sinar matahari identitas warna pink uniknya nampak sangat jelas. Fenomena bionogis inilah para pelancong menyebut pantai ini sebagai Pink Beach Lombok.

Keunikan warna pasir Pantai Pink menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Terutama semenjak foto panorama eksotisme Pantai Pink tersebar secara meluas di sosial media.

8. Diwarnai rumput hutan savana pulau padar

Pulau Padar memiliki pantai indah dan rumput hutan savana mempesona. Tapi yang paling unik dan istimewa di pulau ini adalah panorama menakjubkan dari atas bukit. Pemandangan itu bisa dilihat dari puncak bukit, jadi harus siapkan diri untuk trekking dengan jalur sedikit menanjak sekitar 30 menit.

Dari puncak bukit itu akan terlihat pemandangan alam spektakuler, melihat perpaduan hamparan hutan sabana dan tiga pantai indah dengan laut biru. Lokasi ini sangat populer menjadi latar belakang para photographer.

Itu dia berbagai ulasan tentang fakta-fakta unik Pulau Komodo yang menarik untuk diketahui. Semoga bisa menjadi wawasan dan referensi wisata Anda selanjutnya. Simak berbagai artikel wisata Labuan Bajo lainnya di labuanbajotour.com.