Pantai Waecicu merupakan objek wisata yang menjanjikan sebongkah keindahan. Pantai Waecicu ini berpasir putih dan memiliki pemandangan yang luar biasa. Pantai Waecicu cocok untuk berlibur dengan keluarga, khususnya bersama anak-anak. Selain airnya tenang, pasirnya juga bersih.

Di Pantai Waecicu, para wisatawan dengan leluasa menyaksikan bentangan pasir putih sepanjang 1 km. Air nya pun bersih dan terlindung dengan baik dari limbah pusat kota Labuan Bajo. Di sana juga terdapat teluk yang mempesona.

Pantai Waecicu yang Mempesona

H. Ridwan Natsir-lah merupakan orang pertama yang membuka lokasi wisata di Flores Barat dan telah membuka objek wisata pantai ini dengan mengeluarkan dana yang cukup banyak. Dibuka sejak tahun 1983 dan menjadi daerah wisata resmi pada tahun berikutnya.

Pada bulan Juli tahun 2000, beliau menyediakan fasilitas internet untuk kebutuhan publik. Satu lagi, para wisatawan pun bebas menggunakan pelayaran ke mana saja jika hendak ke obyek wisata pantai ini.

Pantai Waecicu berlokasi berada di ujung utara sekitaran Labuan Bajo dan berada tidak jauh dari Amelia Sea View. Anda bisa menuju pantai Waecicu ini saat bertemu dengan pertigaan Amelia Sea View. Belok kiri dari pertigaan, nanti tidak jauh dari sana terdapat gerbang menuju Pantai Waecicu.

Pantai Waecicu, sumber ig yohsandy
Pantai Waecicu, sumber ig @yohsandy

Sesampainya Anda di lokasi mempesona ini, tentu Anda siap dimanjakan dengan keindahan dan keseruan yang disajikan di sini. Nah, bagi Anda yang merencanakan berlibur ke Pantai Waecicu, berikut keindahan dan keseruan yang Anda bisa nikmati di sana.

1. Menikmati Serunya Berenang di Waecicu

Setelah puas menikmati keindahan alam di pesisir pantai Waecicu, Anda pun bisa menikmati keseruan berenang di sana. Sambil mengayun kaki dan tangan, Anda pun dapat pula menyaksikan dari jarak dekat ikan-ikan kecil yang berwarna-warni seakan-akan berlomba-lomba dengan Anda.

Kalau Anda memang lincah dan dapat menangkapnya, tentu ikan tersebut bisa dijadikan buah tangan. Tetapi harus tetap diperhatikan tempatnya. Anda harus menyiapkan tempat yang baik karena ikan tersebut nanti tentu akan dijadikan ikan hias dan dipajang di ruang tamu.

2. Menelusuri Pesona Pantai Waecicu dengan Perahu Dayung

Merasakan lembutnya hamparan pasir dan terbuai beningnya air laut, membuat betah berlama-lama berada di Pantai ini. Cara lain menikmati pesona spot ini adalah dengan menyewa perahu dayung.

Airnya yang cukup tenang sangat pas untuk mendayung perahu dan mengelilingi keindahan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Keindahan pulau-pulau kecil yang jaraknya berdekatan, apabila dilihat dari bukit maka Anda akan merasakan seperti keindahannya Raja Ampat.

3. Beristirahat Santai di Bungalow Pantai Waecicu

Bagi Anda yang sedang berwisata ke Pantai Waecicu, tidak usah buru-buru pulang. Sebab, di daerah ini terdapat kurang lebih 20 bungalow, restoran, juga tersedia selancar angin. Jadi, nikmatilah aktivitas santai Anda.

Waecicu Eden Beach Hotel, sumber ig mellylie
Waecicu Eden Beach Hotel, sumber ig @mellylie

Kalau sudah capek mengitari pantai, duduk-duduklah di Bungalow yang terbuat dari balok-balok yang terbuat dari balok-balok yang diatur sedemikian rupa sehingga enak untuk diduduki. Area lokasi pantai ini bebas dari malaria. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut. Terlebih di sini tidak terdapat hutan mangrove.

4. Flora dan Fauna yang Siap Menambah Suasana Santai Anda

Flora dan fauna tak ketinggalan juga tersaji di spot wisata indah ini. Dapat disaksikan hutan yang membentang, juga menyaksikan rusa, babi, biawak atau monyet dengan jarak dekat dari bungalow. Sambil beristirahat sebentar, Anda pun bisa mendengar nyanyian burung-burung yang berterbangan di sekitar lokasi.

Dari puncak bukit yang berada di belakang bungalow, dapat disaksikan keindahan terbitnya sang mentari sepanjang teluk bagian timur Waecicu. Sebagai kenangan terakhir dari aktivitas wisata, Anda dapat pula menyaksikan matahari terbenam di sebuah gunung api yang aktif di pulau Sangiang, daerah Nusa Tenggara Barat (NTB).

5. Spot Sunset Terbaik Labuan Bajo

Pantai Waecicu merupakan spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam (sunset) sambil duduk santai di jembatan yang digunakan oleh nelayan bersandar perahu. Anda pun bisa melihat segerombol ikan-ikan kecil di bawah jembatan.

6. Menginap di Hotel yang Menyajikan Pemandangan Indah

Waecicu Beach, sumber ig sin_syr
Waecicu Beach, sumber ig @sin_syr

Bagi Anda yang merencanakan menginap di sekitar Pantai eksotis ini, tentu disediakan hotel yang tak ketinggalan bakal menyajikan pemandangan indah. Berikut hotel yang bisa Anda jadikan pilihan.

1. Waecicu Eden Beach Hotel

Waecicu Eden Beach Hotel berjarak 25 menit berkendara dari Bandara Komodo. Kamar-kamarnya didesain dengan kayu alami dan menampilkan pemandangan laut yang memukau.

Setiap kamar di sana dilengkapi dengan peralatan mandi, teras, dan kelambu. Hotel yang berada di obyek wisata ini juga memiliki fasilitas BBQ, resto yang menyajikan masakan Indonesia, Eropa, Thailand, dan India.

2. Sylvia Resort Komodo

Sylvia Resort Komodo Labuan Bajo berjarak sekitar 20 menit berkendara dari Labuan Bajo, serta 50 menit berkendara dengan kapal dari Pulau Komodo.

Menyediakan kamar dengan pemandangan pantai indah dan fasilitas lengkap, seperti peralatan mandi, AC, TV, kulkas, brankas, dan area bersantai.

Sylvia Resort Komodo, sumber ig riisrejser
Sylvia Resort Komodo, sumber ig riisrejser

Anda juga bisa memanjakan diri dengan fasilitas gym, kolam renang outdoor, karaoke, billiard, dan resto. Resort ini berada di Jalan Pantai Waecicu.

Itu dia berbagai pesona dan aktivitas yang bisa dinikmati di Pantai Waecicu yang berada di sebelah utara Labuan Bajo. Untuk berwisata di Labuan Bajo, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia salah satunya adalah paket tour Labuan Bajo.

Nantikan berbagai ulasan wisata Labuan Bajo dan tips berliburan bersama kami di halaman labuanbajotour.com. Semoga artikel edisi kali ini bisa bermanfaat dan selamat menikmati perjalanan wisata Anda.