Sesuai namanya, Dermaga Putih Labuan Bajo merupakan dermaga dengan semua fisik bangunannya berwarna putih. Dermaga yang menjadi pintu utama untuk masuk ke pulau-pulau sekitar Labuan Bajo ini semakin menarik dengan adanya fasilitas seperti hotel, restoran, dan cafe.

Bagi Anda yang ingin bersantai dengan nuansa pantai yang elegan sambil menikmati panorama alam yang indah juga sunset romantis, Dermaga Putih-lah tempatnya.

Dermaga Putih terletak di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ada dua pelabuhan di Labuan Bajo, namun Dermaga Putih lebih memikat wisatawan.

Dermaga tempat bersandar kapal yang satu ini memang berbeda dengan dermaga yang lainnya. Seluruh bagian dermaga ini terbuat dari kayu, berwarna putih dan nampak elegan.

Meski hampir setiap hari terkena benturan kapal-kapal pengangkut wisatawan, serta dihantam ombak air laut yang mengandung garam, dermaga kayu ini tidak lapuk dimakan karang laut. Jadi, tidak perlu khawatir dermaga kayu ini bakal roboh karena bahan kayunya istimewa dari Pulau Flores.

Spot Instagrammable Dermaga Putih

Spot Sunset di Dermaga Putih, sumber ig genpi_labuanbajo
Spot Sunset di Dermaga Putih, sumber ig @genpi_labuanbajo

Dermaga Putih ini memang merupakan properti pribadi karena ini merupakan jembatan untuk restoran. Tapi restoran tersebut buka pada malam hari, jadi pada siang hari Anda bisa minta ijin ke petugas yang di depan untuk berfoto di jembatan putih ini.

Senja merupakan waktu yang pas untuk menikmati sunset di sini, siang hari juga bagus karena kita bisa melihat air yang jernih dan biru di sekitarnya.

Lokasi spot mempesona ini ada di dekat Kampung Ujung, di sudut sebelah kanannya. Anda cukup bertanya kepada penduduk setempat pasti nanti mereka tahu dan bisa mengarahkan juga ke sana karena memang sampai saat ini belum ada plang-nya.

1. Tidak Ada Kesan Menakutkan

Saat dilewati banyak orang, tidak ada kesan menakutkan di fasilitas ini. Tidak goyang, tidak ada yang keropos dengan susunan kayu yang tetap rapi dari ujung ke ujung. Fasilitas ini tetap menunjukkan kekokohannya, kekar dengan pilar-pilar kayu yang istimewa.

Meski sempat mengundang pro kontra tentang fungsinya sebagai pelabuhan umum, kini fasilitas ini tidak hanya menjadi tempat bersandar kapal, tetapi juga wisatawan yang hanya sekedar menikmati panorama alam pesisir Labuan Bajo.

2. Tempat Beristirahat Santai yang Memikat

Fasilitas ini sangat memikat dengan keadaan dermaga yang bersih dengan kayu putih yang elegan. Di sisi-sisi dermaga ada tempat duduk yang memang disediakan untuk beristirahat santai. Selain itu, ada gasebu besar di ujung dermaga yang menjorok ke arah laut jernih.

Di sana, ribuan coral dan ikan bertaburan di bawahnya, beraneka ragam dan warna. Di Gasebo ada tangga ke bawah air yang digunakan pengunjung untuk berbahasan menyentuh air laut. Namun, bukan berenang, tetapi sekedar duduk, memasukkan kaki ke air laut dan kembali bersantai menikmati suasana alam dan biota laut.

Senja di Dermaga Putih, sumber ig ang_arifin
Senja di Dermaga Putih, sumber ig @ang_arifin

3. Spot Terbaik Menikmati Sunset

Dermaga Putih merupakan salah satu spot terbaik menikmati sunset yang ada di Labuan Bajo. Itu alasannya mengapa spot ini ramai dikunjungi ketika menjelang senja. Ombak yang cukup tenang dengan beberapa kapal hilir mudik membelah perairan ditemani sinar jingga matahari dengan semburat kemerahan, tentu menjadi suasana yang sangat romantis dan damai di Labuan Bajo.

Saat senja menjelang, lampu-lampu di sepanjang dermaga menyala redup seiring dengan sinar matahari yang mulai redup di ufuk barat menciptakan kesan romantis di sepanjang jembatan. Spot ini seakan memberi pesan bahwa siapapun Anda pasti ingin kembali ke pulau cantik yang satu ini.

Karena terletak di pusat kawasan turis, lokasi fasilitas ini bisa dibilang paling ramai untuk menikmati matahari terbenam. Bukan hanya turis asing, turis domestik maupun masyarakat sekitar juga menjadikan tempat ini jujukan menjelang senja. Dermaga yang dicat putih dengan desain dermaga yang keren ini sangat cocok bagi Anda yang suka berfoto ria.

Hotel di Sekitar Dermaga Putih Labuan Bajo

Bagi Anda yang telah berkeliling Labuan Bajo dan menikmati sunset di Dermaga Putih, kemudian Anda mencari tempat penginapan sekitar Dermaga Putih, tak perlu khawatir, karena hotel atau tempat penginapan di sekitar dermaga cukup banyak. Berikut beberapa hotel yang cukup dekat dengan Dermaga Putih.

1. Bintang Flores Hotel

Bintang Flores Hotel adalah hotel Bintang 4 di Flores. Hotel berlantai 5 ini berada dalam taman tropis yang luas dengan arsitektur yang menggabungkan gaya lokal dan pesona dengan kenyamanan modern dan standar pelayanan internasional.

Terdapat kolam renang pribadi besar pada pantai pasir putih. Hotel ini menawarkan fasilitas yang lengkap olahraga air di lingkungan yang terlindung. Cocok untuk liburan keluarga karena berada 5 km dari bandara dan tempat yang tepat untuk berhenti ketika ingin mengunjungi Taman Nasional Komodo.

2. Eco Tree O’tel

Dengan lokasi yang berada di pesisir Labuan Bajo, baik restoran maupun hotel yang dikelola oleh Matheus Siagian ini memiliki pemandangan yang spektakuler.

Dermaga Putih Labuan Bajo, sumber ig ch_hendrizal
Dermaga Putih Labuan Bajo, sumber ig @ch_hendrizal

Eco Tree O’tel memiliki 17 kamar yang terdiri dari 10 Superior Rooms, 5 Suite Rooms Sea View with Private Balcony, dan 2 Deluxe Family Rooms. Semua kamar hotel merupakan hasil desain Yori Antar, arsitek kenamaan yang dikenal sebagai inisiator rumah adat di Wae Rebo, Flores.

3. Hotel Green Prundi

Hotel ini menawarkan akomodasi di Labuan Bajo, dengan Wi-Fi gratis di seluruh areanya. Anda dapat bersantap di restoran hotel. Semua kamar dilengkapi dengan TV kabel layar datar. Beberapa kamar pilihan memiliki area untuk duduk bersantai.

Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan atau taman dari beberapa kamar. Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan di area sekitarnya, seperti snorkelling, menyelam, dan bersepeda.

Itu dia berbagai informasi seputar spot wisata Instagrammable Dermaga Putih di Labuan Bajo. Semoga bisa menjadi referensi berwisata Anda selanjutnya. Nantikan berbagai review lokasi wisata Labuan Bajo lainnya di paket wisata Labuan Bajo.