Berdasarkan fenomena yang ada, banyak sekali perusahaan baru yang bergerak dalam bidang yang ada kaitannya dengan pariwisata, semisal jasa rental mobil wisata, penyedia paket wisata dan usaha lain yang menunjang kemajuan wisata di suatu daerah.

Seperti fenomena di kota Jogja, ketika tiap kabupaten di Jogja berlomba-lomba membuat destinasi wisata yang baru maka pertumbuhan jasa rental mobil di Jogja yang merupakan kota wisata juga berkembang pesat.

Pertumbuhan tempat wisata juga berdampak pada masyarakat. Dalam pandangan sebagian masyarakat berwisata pada hari ini merupakan kebutuhan masyarakat yang sebaiknya di penuhi.

Hal ini dikarenakan dalam kehidupan masyarakat tiap anggota masyarakat benar-benar di tuntut professional dan optimal dalam hal pekerjaan maka waktu yang tersisa tiap harinya adalah waktu istirahat dirumah bersama keluarga.

Rental Mobil WIsata
Kurangnya transportasi umum menjadikan masyarakat menggunakan jasa rental mobil untuk wisata. Sumber unsplash

Maka hal ini praktis tiap orang terutama kepala keluarga tidak sempat untuk menyisihkan waktu sejenak untuk melepas penat selepas bekerja kecuali diwaktu hari libur.

Ditambah lagi di masa sekarang banyak institusi baik milik negara atau swasta yang memberikan libur selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu. Sehingga mereka memaksimalkan waktu dua hari tersebut untuk berwisata.

Alasan Memilih Rental Mobil Wisata

Dalam melakukan kunjungan wisata atau rekreasi, dalam hal trnasportasi sebenarnya banyak sekali pilihan moda trnasportasi yang bisa digunakan. Misalnya saja dengan transportasi online, kendaraan umum atau bisa dengan kendaraan pribadi.

Akan tetapi kebanyakan akan memilih menyewa mobil di perusahaan rental mobil wisata. Hal ini tentu ada alasannya. Bisa jadi alasan dibawah ini yang mendasari pilihan dijatuhkan ke rental mobil wisata.

Mobilitas Yang Terbatas

Jika menggunakan transportasi online atau kendaraan umum maka tidak akan bebas dalam bergerak. Dengan menyewa mobil wisata maka anda akan bebas memilih destinasi wisata mana yang akan kita kunjungi. Selain itu untuk waktu kunjungan wisata tidak akan dibatasi oleh pemilik mobil selama anda mampu membayar.

Tidak Ada Jalur Transportasi Umum

Belun tentu semua destinasi wisata akan ada jalur transportasi umumnya. Misalnya saja daerah pegunungan atau hutan maka jarang sekali ada trayek transportasi umum. Maka dengan rental monil wisata tujuan wisata manapun bisa di datangi.

Akses Yang Tidak Mudah

Jika menggunakan transportasi online khawatir akan susah terhubung ketika pada waktu mau pulang. Jika anda menggunakan transportasi online dan berwisata di suatu destinasi wisata yang ada di daerah terpencil maka kita pasti khawatir apakah ada transportasi online untuk pulangnya. Atau mungkin khawatir jika tidak ada sinyal seluler. Maka dengan menyewa mobil wisata akan menghilangkan kekhawatiran itu.

Lebih Praktis

Dengan menyewa mobil wisata biasanya disana juga ada paket wisatanya. Maka untuk lebih praktisnya anda bisa menyewa dalam satu paket wisata tidak hanya menyewa mobil saja. Karena dalam satu paket wisata kita tidak perlu memikirkan tiket masuk, destinasi tujuan wisata dan juga biaya BBM.

Akan tetapi jika anda sudah paham seluk beluk daerah tujuan wisata maka anda bisa hanya menyewa kendaraannya saja. Dan tentu saja dalam rental mobil wisata harus memperhatikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat.

Tips Rental Mobil Wisata

Ketika memutuskan untuk menyewa mobil wisata agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan maka alangkah baiknya memperhatikan hal berikut ini.

Kondisi Mobil

Sebelum mobil kita pakai untuk berwisata lebih baik mengecek kondisi mobil lebih dahulu. Siapa tahu ada bagian mobil yang tidak beres sehingga anda bisa mengantisipasi sebelum berangkat. Jangan sampai ada masalah dengan monil yag kita sewa ketika di perjalanan. Jika tidak tahu seluk beluk mobil maka kita bisa menanyakan kondisi mobil dan memastikannya dalam kondisi baik kepada pemilik rental.

Harga Rental Mobil Wisata

Kita tentu harus mengetahui harga rental mobil wisata. Salah satu cara untuk mengetahui harga sewa mobil di pasaran, anda bisa menanyalan harga tersebut di beberapa perusahaan jasa rental monil wisata. Terkadang ada juga perusahaan yang nakal dengan mematok harga tinggi karena mereka berasumsi bahwa pelanggan yang datang tidak tahu harga pasaran ewa mobil.

Asuransi

Jika dalam rincian pembayaran terdapat biaya asuransi maka perlu ditanyakan asuransi yang seperti apa yang bisa di klaimkan. Jangan sampai pelanggan membayar biaya asuransi tetapi tidak tahu asuransi yang seperati apa yang biasa di klaimkan dan imbal balik apa yang akan diterima.

Perjanjian Sewa Menyewa

Jika kita menandatangani surat yang menandakan telah bersepakat dalam sewa meyewa maka pastikan poin perjanjian yang di lampirkan dibaca dan dicermati terlebih dahulu. Dengan demikian hak dan kewajiban antara pihak penyewa dan pihak yang menyewakan bisa diketahui dengan jelas.

Legalitas

Lebih baik lagi jika perusahaan yang mobilnya akan anda sewa memiliki ijin jasa persewaan mobil. Selain itu pastikan bahwa perusahaan yang dioercaya tersebuttidak memiliki track record yang buruk dalam hal sewa menyewa kendaraan.

Rental Mobil WIsata
Mobil wisata menjadi sangat populer seiring perkembangan tempat wisata. Sumber unsplash

Demikian ulasan tentang rental monil wisata yang semoga berguna. Anda bisa menyewa mobil setelah sampai di Labuan Bajo. Untuk transportasi menuju Labuan Bajo anda bisa menggunakan jalur darat meskipun agak rumit maka untuk mencapai Labuan Bajo via darat diperlukan informasi yang sebanyak-banyaknya. Semoga bermanfaat.