Labuan Bajo seringkali dianggap sebagai surga wisata karena keindahan alamnya yang begitu mempesona. Keindahan alamnya yang mempesona seakan mampu menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Bahkan, Labuan Bajo seringkali dianggap surga wisata berkat pesonanya yang begitu memikat. Namun sayangnya, tak sedikit orang pula yang enggan berkunjung ke Labuan Bajo mengingat budget akomodasinya yang dianggap terlalu mahal.

Tips Wisata Hemat di Labuan Bajo

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Labuan Bajo dan enggan mengeluarkan budget jutaan rupiah, tenang saja karena ada tips wisata hemat ke Labuan Bajo yang bisa Anda ikuti. Apa saja tips yang bisa Anda lakukan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Ilustrasi Memilih Tanggal Liburan, sumber annursolo.com
Ilustrasi Memilih Tanggal Liburan, sumber annursolo.com

1. Memilih waktu liburan seminggu setelah natal atau tahun baru

Waktu yang tepat untuk berburu tiket pesawat dan hotel murah adalah saat memasuki low season, seperti di bulan Januari sepekan setelah libur tahun baru. Di masa-masa inilah orang kantoran sudah kembali fokus bekerja dan anak sekolah mulai kembali bersekolah atau ke kampus.

Nah, inilah momen yang tepat untuk memulai liburan. Permintaan yang sedang menurun akan mempengaruhi tarif maskapai penerbangan. Tak hanya tiket pesawat, kebanyakan hotel juga akan membanting harga hingga batas yang paling rendah. Jadi, pastikan Anda memilih waktu liburan yang tepat guna mendapatkan harga tiket pesawat dan hotel termurah.

2. Mengajak dua orang teman Anda

Traveling dengan cara open trip sebenarnya juga bisa Anda lakukan demi menghemat budget. Namun biasanya, open trip tak mengakomodir tiket pesawat sehingga Anda harus tetap mencari tiket pesawat seorang diri. Nah, jika tak berminat ikut open trip tapi tetap ingin liburan hemat biaya, maka ajaklah dua orang teman Anda.

Dibandingkan berlibur secara beramai-ramai (lebih dari tiga orang), liburan bertiga nyatanya dapat menghemat pengeluaran. Tiga orang juga ukuran yang ideal untuk berlibur ke suatu tempat.

Taman Nasional Komodo, sumber ig quarta_tour
Ilustrasi Wisata Bersama Teman, sumber ig @quarta_tour

Keuntungan yang bisa Anda dapat dengan pergi bertiga diantaranya, membagi biaya kapal yang akan disewa selama di Labuan Bajo, membagi biaya menginap hingga membagi biaya makan. Liburan bertiga juga bisa mengehemat biaya hotel, karena satu kamar hotel atau hostel masih bisa menampung sampai tiga orang.

3. Memilih rute penerbangan dari Jakarta ke Bali atau Lombok

Harga tiket pesawat dari Jakarta ke Labuan Bajo bisa mencapai jutaan untuk sekali penerbangan. Tentu harga tersebut relatif mahal bagi Anda. Selain itu, maskapai ke Labuan Bajo pun terbatas, sehingga Anda tak memiliki banyak pilihan untuk urusan direct flight Jakarta ke Labuan Bajo.

Untuk menekan budget, Anda perlu memilih penerbangan dari Jakarta ke Bali atau Lombok. Rata-rata harga tiket pesawat PP dari Jakarta ke Bali atau Lombok relatif lebih murah jika dibandingkan dengan yang langsung ke Labuan Bajo sekali penerbangan. Apalagi kalau Anda liburan pada low season seperti bulan Januari, dijamin Anda bisa mendapatkan tarif terendah tiket pesawat.

Ilustrasi Promo Tiket Pesawat Jakarta - Bali, sumber ig radwa.shop
Ilustrasi Promo Tiket Pesawat Jakarta – Bali, sumber ig @radwa.shop

4. Meneruskan perjalanan melalui jalur laut

Bagi Anda yang memilih rute penerbangan Jakarta-Bali, maka lanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo dengan menggunakan kapal PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia). Perjalanan dengan kapal laut PELNI dapat dimulai dari Pelabuhan Benoa hingga ke Labuan Bajo. Namanya liburan murah meriah, maka Anda harus menempuh waktu perjalanan yang relatif lebih lama, yakni sekitar 25 jam.

Perjalanan Bali ke Labuan Bajo pun tak perlu transit, sehingga Anda bisa beristirahat dengan santai selama perjalanan. Pemandangan senja dan sunrise tentu jadi suguhan paling indah yang akan Anda nikmati sepanjang perjalanan.

Pelabuhan Labuan Bajo, sumber guidoabong.wordpress.com
Perjalanan Laut Labuan Bajo, sumber guidoabong.wordpress.com

Buat Anda yang akan melakukan perjalanan laut dari Lombok, maka Anda bisa melakukan perjalanan laut dari mataram menuju sumbawa kemudian melanjutkan perjalanan darat dari pelabuhan Poto Tano menuju Bima. Setelah tiba di Bima, Anda harus segera melanjutkan perjalanan laut menuju Flores menggunakan kapal Feri.  

5. Menyewa motor setibanya di Labuan Bajo

Jika ingin berkeliling Labuan Bajo disarankan untuk menyewa motor karena harganya yang lebih murah dibandingkan menyewa mobil. Di sana, banyak sekali penyewaan motor dengan harga yang bervariasi dan yang pasti terjangkau untuk Anda.

Wisata Kapal Labuan Bajo, sumber ig sailing_komodo_boat_charter
Sewa Kapal Labuan Bajo, sumber ig @sailing_komodo_boat_charter

Jangan lupa, gunakan kemampuan Anda dalam tawar-menawar supaya mendapatkan harga yang lebih murah.

6. Menyewa kapal langsung ke pemilik kapal

Tujuan utama liburan ke Labuan Bajo tentu untuk sailing atau berlayar ke pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya. Oleh karena itu, Anda harus menyewa kapal untuk mengunjungi pulau tujuan Anda. Guna menekan budget selama liburan di Labuan Bajo, sewalah kapal langsung ke pemilik kapal.

Jangan pernah langsung deal dengan penawaran dari para agen tour yang menawarkan trip sailing, karena pasti harganya akan sangat mahal dibandingkan menyewa kapal langsung ke pemiliknya. Anda bisa langsung bernegosiasi dan mengajukan harga terendah. Mahal atau murahnya harga kapal ditentukan dari seberapa banyak pulau yang akan Anda kunjungi.

Ilustrasi Hostel di Labuan Bajo, sumber ig onetreehill360
Ilustrasi Hostel di Labuan Bajo, sumber ig @onetreehill360

7. Menginap di hostel

Soal tempat menginap, Anda bisa memilih hostel untuk tempat Anda bermalam. Di Labuan Bajo sendiri terdapat banyak hostel yang memasang tarif bervariasi. Dengan pergi bertiga, maka Anda bisa membagi biaya hostel.

Bahkan, kalau Anda ingin memangkas budget, Anda bisa memilih kamar dengan tipe dormitory yang harganya relatif lebih murah. Biasanya beberapa hostel menyediakan tipe sharing seperti ini yang diperuntukkan bagi para backpacker. Walau murah, tapi tenang saja, sebagian hostel tetap menyediakan fasilitas lengkap yang akan buat Anda bermalam di sana.

Demikian ulasan mengenai beberapa tips wisata hemat di Labuan Bajo yang perlu Anda ketahui. Tentu dengan tips tersebut Anda bisa menikmati wisata indah Labuan Bajo tanpa harus memikirkan lagi budget yang membengkak.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Nantikan berbagai ulasan menarik wisata Labuan Bajo dan tips liburan lainnya di labuanbajotour.com.