Indonesia memiliki banyak spot wisata bahari yang luar biasa. Seluruh daratannya merupakan pulau-pulau yang berbatasan langsung dengan pantai-pantai dan samudera. Wajar saja jika Indonesia disebut dengan negara kepulauan. Posisinya yang berada pada garis khatulistiwa juga mendukung wisata bahari karena cenderung panas dan cerah terkecuali pada musim hujan. Daerah-daerah wisata bahari yang terkenal hingga ke mancanegara meliputi Pulau Weh, Bali, Lombok, Labuan Bajo dan Raja Ampat. Masih banyak lokasi wisata bahari lainnya yang masih belum terkenal. Labuan Bajo sendiri baru beberapa waktu ini dikunjungi banyak wisatawan asing dengan berbagai moda transportasi termasuk transportasi menuju Labuan Bajo via darat.

Belakangan ini Labuan Bajo disebut sebagai “Bali Baru.” Destinasi wisata baru ini terletak di daerah pulau terkecil bagian barat Pulau Flores, NTT. Alamnya yang masih eksotis dan indah menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong mengunjunginya. Apalagi di Labuan Bajo yang dekat dengan Pulau Komodo. Salah satu pulau tempat tinggal hewan yang diresmikan sebagai warisan dunia yaitu Komodo. Sebenarnya sudah banyak alternatif transportasi yang bisa dimanfaatkan. Berikut ini salam satu alternatifnya.

Transportasi Menuju Labuan Bajo

Labuan Bajo memang memberikan daya tarik tersendiri di hati para wisatawan. Pulau kecil yang banyak menyediakan spot wisata tak mengherankan jika pengunjung memadati destinasi wisatanya. Namun, rute untuk menempuh tempat wisata tersebut harus melalui serangkaian alat transportasi untuk sampai ke tujuan.

Destinasi wisata yang terbilang baru ini memang belum ada pembangunan yang signifikan dari pihak setempat. Tetapi hal ini bukan menjadi masalah yang besar karena Labuan Bajo memang memiliki daya tarik kealamianya yang belum terjamah. Jadi para wisatawan bisa menetapkan via transportasi yang paling nyaman untuk bisa sampai ke Labuan Bajo. Berikut ulasan sedikit mengenai via darat menuju Labuan Bajo.

Transportasi Darat Ke Labuan Bajo

Transportasi Menuju Labuan Bajo, sumber ig transfloresrental

Transportasi Menuju Labuan Bajo, sumber ig @transfloresrental

Sesuai namanya Pulau Komodo masih menyimpan hewan yang hampir punah yaitu Komodo. Pulau Komodo juga telah masuk sebagai warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNICEF. Bagi para traveler yang ingin mengunjungi Labuan Bajo melalui via darat berikut informasi yang bisa dijadikan referensi

Bagi para wisatawan yang ingin menuju Labuan Bajo dengan jalur darat tampaknya akan lebih rumit. Namun, bukan suatu hal yang tidak sulit untuk dilakukan. pengetahuan tentang jenis bus yang akan ditumpangi ini menjadi penting bagi para pengunjung karena tidak semua bus menuju ke Labuan Bajo. Tetapi, bagi orang yang gemar bepergian proses pencarian ini menjadi menyenangkan untuk dilakukan.

Ketika menetapkan perjalanan Labuan Bajo via darat, Anda bisa menggunakan bus jurusan Sumbawa dan transit di Bima. Biaya yang dikeluarkan sangat terjangkau hanya sekitar 170 ribu. Dari beberapa jenis transportasi yang bisa dilalui untuk ke obyek wisata baru ini, biaya transportasi jalur darat memang yang termurah dari lainnya. Namun, sedikit kendalanya yaitu tak jarang pemberhentian bus-bus membingungkan para penumpang. Maka itu sebelum melakukan perjalanan darat, baiknya didampingi oleh orang yang sudah paham betul dengan perjalanan ke Labuan Bajo.

Berikut detail perjalanan via darat dari Bali menuju ke Laboan Bajo. Bali (ubung)-Sumbawa Besar bisa menumpang bus dari Jakarta maupun Surabaya. Dari Sumbawa Besar-Bima atau menggunakan Bus Sumbawa-Sape. Namun jika menggunakan bus langsung dari Sumbawa ke Sape masih harus transit di Bima, untuk menuju Sape menggunakan bus dengan ukuran lebih kecil. Perjalanan menggunakan bus memang melewati banyaknya transit, sehingga jika salah ambil semakin lama untuk sampai ke alamat tujuan. Jadi sebaiknya sebelum berlibur ke Labuan Bajo mengetahui jalur bus dengan benar.

Selain via darat, Anda juga bisa memanfaatkan moda transportasi lainnya via udara dan laut karena sudah terdapat Bandar Udara Komodo dan beberapa pelabuhan. Demikian ulasan mengenai informasi transportasi menuju Labuan Bajo via darat yang bisa dihimpun. Informasi ini juga masih bisa dilengkapi alternatif lainnya. Silahkan share apabila bermanfaat dan simak ulasan mengenai informasi dan tips-tips wisata Labuan Bajo lainnya di halaman ini. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.