Pesona keindahan Labuan Bajo menjadikan daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Labuan Bajo menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah obyek wisata pantainya. Mengunjungi pantai tentu akan berbeda tampilannya dibandingkan ketika akan mengunjungi tempat lainnya. Oleh karena itu dalam pembahasan kali ini, akan dibagikan beberapa informasi mengenai tips berwisata di Pantai Labuan Bajo.

Meskipun terbilang baru, justru pantai-pantai Labuan Bajo beserta obyek-obyek wisata alamnya masih sangat alami dan memberikan daya tarik tersendiri. Daerah wisata yang satu ini hampir sama dengan Bali dan Lombok. Namun Labuan Bajo cenderung tidak padat penduduk. Sehingga paparan alamnya masih luas dan pemandangannya sangat indah. Labuan Bajo juga sudah terkenal hingga ke mancanegara sebagaimana Bali dan Lombok. Bagaimana sebaiknya rencana wisata di Labuan Bajo? Simak tips wisata pantai Labuan Bajo berikut ini.

Tips Wisata di Pantai Labuan Bajo

Berwisata di pantai tentu memiliki perbedaan dengan wisata-wisata alam lainnya. Berbeda situasi dan kondisi membuat persiapan dalam berwisata-pun harus menyesuaikan dengan perbedaan ini. Tetapi, Labuan Bajo tidak hanya seputar pantai dan pulau kecil saja, terdapat hal-hal lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi informasi untuk Anda.

1. Pilih Waktu Liburan yang Tepat

Meluangkan waktu untuk liburan ternyata perlu dilakukan bagi setiap orang. Pekerjaan rutin yang selalu dilakukan setiap harinya seringkali membuat pikiran jenuh. Oleh sebab itu, agendakan waktu liburan Anda dengan memilih waktu liburan yang tepat. Untuk berlibur ke Labuan Bajo, bulan yang tepat sekitar pada Juni dan Juli. Cuaca di sana tidak terlalu panas dan tidak terlau dingin, sehingga sangat cocok untuk berlibur. Namun, jika Anda memang tidak dapat di bulan – bulan itu, liburan dapat disesuaikan dengan hari libur Anda.

2. Berburu Tiket

Hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah melakukan perburuan tiket. Tiket liburan ke Labuan Bajo biasanya akan tersedia promo khusus, terutama di akhir tahun seperti saat ini. Jadi, rajin – rajinlah untuk mengecek harga tiket perjalanan ke sana. Apabila ingin menggunakan budget minimalis tapi kualitas terjamin.

Pantai di Labuan Bajo, sumber ig gilarpurwagautama

Pantai di Labuan Bajo, sumber ig @gilarpurwagautama

3. Pilih Penginapan yang Terjangkau

Labuan Bajo yang terletak di Pulau Flores, menyajikan banyak destinasi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Perjalanan sehari akan terasa kurang, jadi alangkah baiknya apabila dapat menghabiskan waktu selama 3 hingga 4 hari di sana. Oleh karena itu, Anda harus dapat memilih penginapan. Pilihlah penginapan dengan harga terjangkau, dan hal itu dapat dilakukan dengan cara memesan penginapan pada jauh – jauh hari. Selain itu, dapat pula dengan rajin mengecek situs reservasi hotel Labuan Bajo, karena biasanya terdapat promo menarik.

4. Membawa Uang Tunai

Labuan Bajo berbeda dengan wilayah kota besar seperti Jakarta. Di sana belum banyak mesin ATM untuk menarik uang. Jadi ketika akan mengunjunginya, Anda harus membawa uang cash untuk membayar berbagai keperluan nantinya. Jangan sampai nantinya Anda tidak membawa uang tunai, hal itu akan menyulitkan diri Anda sendiri.

5. Bawa Perlengkapan Secukupnya

Hal penting lainnya adalah membawa perlengkapan yang diperlukan selama berlibur di Labuan Bajo. Usahakanlah sebelum keberangkatan telah membuat daftar barang perlengkapan yang akan dibawa. Setelah itu kembali cek perlengkapan saat akan memasukkannya ke dalam tas atau ransel. Jangan lupakan pula membawa obat – obatan pribadi, hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda.

6. Mengajak Teman

Liburan tanpa teman akan sangat berbeda sensasinya. Ketika mengajak teman – teman suasana menjadi lebih terasa hangat dan hidup. Kita dapat saling bertukar informasi atau sharing seputar pekerjaan atau hal – hal berkesan lainnya sewaktu sekolah dahulu. Mungkin dengan mengajak teman, maka akan menambah relasi dan manfaat lainnya.

Masih banyak hal-hal yang dimungkinkan untuk menjadi tambahan persiapan dalam berwisata ke Labuan Bajo. Terutama jika Anda memiliki kebutuhan khusus dan kondisi khusus. Namun jangan khawatir, sudah terdapat jasa akomodasi wisata seperti paket wisata Labuan Bajo, sewa kapal Labuan Bajo, Tour Labuan Bajo, penginapan dan jasa akomodasi wisata lainnya yang membantu perjalanan wisata Anda. Demikian ulasan tentang tips wisata pantai di Labuan Bajo. Semoga bermanfaat!