Labuan bajo merupakan salah satu desa yang mendiami Kecamatan komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Di dalamnya terdapat berbagai tempat wisata ikonik yang bahkan diakui oleh dunia. Salah satunya adalah pulau komodo yang termasuk dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Selain menjadi pintu gerbang masuk utama ke berbagai tempat wisata yang tersebar luas. Labuan Bajo juga menawarkan salah satu tempat wajib yang perlu anda kunjungi. Tentunya bagi anda yang penikmat kuliner Indonesia bagian timur wajib nih menyerbu tempat satu ini.

Nama tempat itu adalah kampung ujung labuan bajo. Lokasinya cukup mudah ditemukan yaitu berada di pesisir pelabuhan. Berbagai jajanan dan makanan khas labuan bajo ditawarkan disini. Tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.
Jadi, jangan hanya melihat keindahan pulau-pulaunya saja. Kuliner khas disini patut anda coba, karena rasanya tidak lengkap ya setelah berlelah-lelah melancong berkeling dari satu pulau ke pulau lain tapi kuliner khas disini anda lewatkan.
Bagi anda yang masih penasaran dengan seluk beluk yang ada di kampung ujung labuan bajo penjelasan berikut ini mungkin bisa menjawab rasa penasaran anda.

Kampung Ujung Labuan Bajo

Sunset Labuan Bajo, sumber ig ssabi43

Sunset Labuan Bajo, sumber ig @ssabi43

Keindahan sunset di ujung labuan bajo

Bagi anda yang telah berkeliling pulau tapi belum merasakan keindahan matahari terbenam di labuan bajo. Langsung saja berkunjung ke kampung satu ini. Letak kampung ujung yang berada didekat pelabuhan sangat memudahkan para pengunjung untuk menemukan tempat kuliner khas Nusa Tenggara Timur.

Selagi anda mengisi perut anda, keindahan akan matahari tenggelam pun bisa anda nikmati disini. Matahari tenggelam yang menandakan pergantian dari siang ke malam hari ini akan menghasilkan pemandangan yang ikonik. Yaitu pemandangan senja dari siluet-siluet yang tercipta dari perahu-perahu yang berada di tengah lautan dan perbuktikan yang membentang.

Bagi anda yang memiliki hobby fotografi, jangan lupa juga untuk mengabadikan momen syahdu satu ini dalam kamera anda.

Pusatnya berbagai macam kuliner laut ala Labuan Bajo

Selain keindahan sunsetnya yang memanjakan mata, kampung ujung labuan bajo juga terkenal sebagai pusatnya kuliner ala Labuan Bajo. Disini menyajikan berbagai masakan khas yang berasal dari laut atau biasa yang disebut seafood. Seperti ikan, cumi, udang, dan hasil tangkapan laut lainnya. Tentunya masih dalam keadaan segar.

Untuk mengakses tempat ini cukuplah mudah, anda juga bisa menempuhnya dengan berjalan kaki. Karena lokasinya berada di pesisir pelabuhan. Ini ditandai dengan warung-warung atau gerobak yang berjajar.

Tentunya dengan berkunjung ke kampung ini perut anda akan termanjakan bukan setelah seharian berkeliling ke tempat wisata labuan bajo. Bahkan, bila anda merasa kurang puas jika hanya merasakan kuliner di salah satu warung. Anda bisa menjajalnya dengan berkunjung ke warung-warung lain agar rasa puas pada perut anda bisa terpuaskan.

Kuliner laut yang menjadi andalan para wisatawan baik dalam negeri atau manca negara adalah ikan bakar atau goreng. Pantas saja menjadi menu andalan karena ditemani dengan sambal pedas dan lalapan. Kombinasi yang lezat sekali kan? Bisa nih mengganjal perut anda selama seharian penuh.

Seafood Labuan Bajo, sumber ig susilosan

Seafood Labuan Bajo, sumber ig @susilosan

Menu-menu yang dijual sebagian besar dari hasil laut

Letaknya memang dipesisir pelabuhan, dan tentunya berbatasan dengan lautan. Menu-menu yang ditawarkan pun sesuai dengan tempatnya yaitu berasal dari hasil laut. Jadi, jangan heran bila anda berkunjung kesini, gerobak atau warung sebelah kanan kiri anda menyajikan hasil laut sebagai andalan mereka.

Bagi anda para pecinta seafood, tempat ini sangat cocok sekali untuk anda. Karena hasil laut yang dipajang didepan gerobak atau warung merupakan hasil tangkapan dari laut. Anda bisa memilihnya sesuai selera. Setelah itu tinggal diolah menjadi makanan siap saji. Entah itu di goreng atau dibakar terserah anda. Tentu saja rasanya tetaplah mantap dan mengenyangkan.

Tapi selain seafood, anda juga akan menemukan berbagai makanan yang merakyat. Seperti ayam goreng, bakar, lele dan lainnya. Jadi, sangat cocok untuk mengobati rasa kangen anda dengan menu masakan daerah anda.

Mungkin hanya itu saja sedikit penjelasan tentang kampung ujung labuan bajo yang terkenal akan cita rasa kuliner hasil lautnya. Bagi anda yang penikmat kuliner langsung saja ya berkunjung ke kampung ujung ini.

Demikian sekilas tentang kenikmatan yang ditawarkan jika anda berkunjung kampung ujung. Jika anda ingin menikmati pantai-pantai yang ada di labuan bajo, silahkan klik disini.