Select Page

Selain pulau padar dan pulau komodo yang menjadi daya tarik wisata labuan bajo. Ada beberapa pulau yang tak kalah menariknya yang menyajikan berbagai panaroma yang ikonik. Dan pulau rinca masuk dalam list tersebut.
Pulau rinca adalah salah satu pulau yang berada di Kabupaten Manggarai Barat dan termasuk dalam jajaran pulau besar di kabupaten tersebut. Letaknya berdekatan dengan pulau komodo. Sehingga komodo sering juga djumpai di pulau ini.
Ketika anda berkunjung ke pulau ini, berbagai panorama alam yang ikonik akan menyapa anda secara langsung. Berikut ini ada beberapa ulasan mengenai keindahan alam pulau rinca yang mungkin belum anda ketahui.

Pulau Rinca

Komodo Pulau Rinca, sumber ig alephrocco

Komodo Pulau Rinca, sumber ig @alephrocco

1. Tempat tinggal kadal raksasa purba

Kadal raksasa purba yang biasa dikenal dengan komodo, juga hidup mendiami pulau ini. Mungkin karena jaraknya dengan pulau komodo yang berdekatan. Selain itu, masih menjadi bagian wilayah dari Taman Nasional Komodo. Dengan hanya menempuh perjalanan selama 2 jam dari Labuan Bajo. Anda dapat melihat secara langsung habitat dari kadal raksasa ini.

Anda akan dipandu oleh ranger yang membawa tongkat saktinya untuk menghalau bila dalam perjalanan bertemu dengan komodo. Karena reptil raksasa yang hidup liar akan sangat berbahaya sekali bila bertemu pengunjung yang tidak ditemani oleh ranger. Apalagi dalam keadaan lapar, tentunya akan mengubah perilaku mereka menjadi lebih buas.

Dalam perjalanan menjelajah pulau ini hendaknya tetaplah waspada, karena komodo mudah sekali dijumpai dipulau ini. Hati-hati juga dengan gigitan komodo, karena didalam mulut komodo mengandung banyak sekali bakteri yang sangat mematikan. Ini berfungsi untuk melumpuhkan mangsanya. Tentunya ngeri sekali bukan kalau sampai terkena gigitan?

Savana Rinca, sumber ig meichelstryd

Savana Rinca, sumber ig @meichelstryd

2. Padang rumput yang gersang

Padang rumput menutupi sebagian besar pulau ini, walaupun berwarna coklat yang memberikan kesan gersang malah menjadi view yang menarik. Seakan seperti padang savana yang terhampar luas.

Apalagi bila anda menikmatinya dari atas bukit, kecantikan pulau ini akan bertambah kali lipat. Karena anda akan disuguhkan dengan berbagai perpaduan dari padang savana, lautan biru, dan bukit-bukit terjal yang gersang. Sangat cocok untuk mengisi waktu liburan anda.

Pantai Rinca Island, sumber ig oiko_travel

Pantai Rinca Island, sumber ig @oiko_travel

3. Pantai pasir putih

Bagi anda penikmat pantai pasir putih, di pulau ini pun tidak luput sebagai salah satu tempat yang menyuguhkan pesona pantainya. Jadi bukan hanya pantai di pulau komodo saja yang pasirnya putih.

Selain itu, deburan ombak yang mengalun ketika cuaca sedang bersahabat dan cahaya yang bersinar dengan teriknya. Bisa menjadikan latar yang indah ketika anda berjemur dipantai ini. Tentu saja, membuat anda betah berlama-lama untuk menikmati pantai disini kan?

Puncak Bukit Pulau Rinca, sumber ig arya_fasha10

Puncak Bukit Pulau Rinca, sumber ig @arya_fasha10

4. Puncak bukit

Bukan hanya pulau padar yang memiliki puncak bukit yang menjulang. Pulau ini juga memiliki beberapa puncak bukit yang menjulang. Jadi bila anda yang penasaran dengan pemandangan pulau rinca bila dilihat dari atas anda bisa melihatnya dari puncak bukit pulau ini. Tentunya dengan melakukan pendakian dengan trek yang telah tersedia.

Pendakian yang dibutuhkan tidak akan memakan waktu sampai berhari-hari. Anda hanya membutuhkan waktu beberapa jam untuk sampai ke atas puncak. Tapi hendaknya sebelum melakukan pendakian hendaknya anda memilih trek yang pas, agar bisa menghemat waktu dan tenaga anda.

Setelah sampai diatas bukit, hamparan panaroma menakjupkan bisa anda nikmati. Anda akan disuguhkan dengan berbagai perpaduan alam yang menyatu menjadi satu. Seperti perpaduan laut yang biru, pantai pasir putih, hamparan padang savana, dan bukit-bukit terjal yang mengapit pulau ini. Landscape yang ikonik sekali bukan?

Sementara itu bila anda melakukan pendakian pada sore hari anda akan disuguhkan pemandangan sunset yang memanjakan mata. View sunset dari atas bukit pasti tak kalah keren dengan anda yang biasa menikmatinya dipantai. Jadi, walaupun anda merasa capek ketika mendaki, rasa lelah anda akan terganti dengan pesona keindahan dari puncak bukit.

Mungkin itu saja beberapa ulasan mengenai pesona salah satu pulau yang tergabung dalam Taman Nasional Komodo. Jadi anda siap kan untuk memilih rinca island sebagai destinasi wisata tujuan anda. Karena berbagai panorama yang disuguhkan pulau ini akan menjadi pemandangan utama anda ketika berada disini.

Terimakasih telah menyimak artikel ini. Untuk informasi lain wisata labuan bajo silahkan kunjungi labuan bajo tour.