Labuan Bajo yang kaya akan wisata baharinya, memiliki spot romantis di sebuah bukit yang bernama Bukit Cinta. Bukit Cinta Labuan Bajo sering dijadikan tujuan untuk menghabiskan waktu bersama, menikmati pemandangan dan juga berfoto.

Nama Bukit Cinta diberikan karena tempat ini memang merupakan spot yang tepat untuk pengunjung memadu kasih dan memang banyak pasangan muda-mudi yang menghabiskan waktu di bukit ini pada malam harinya.

Laut di kejauhan berwarna biru gelap nan indah berpadu dengan warna biru langit dan bukit yang berwarna kehijauan. Mirip gambar di kartu pos. Sangat indah meski Anda bakal berkeringat berdiri di atas bukit.

Pesona Bukit Cinta ini membuat pengunjungnya ingin kembali lagi ke tempat ini. Menyaksikan langit dengan semburat warna oranye keemasan atau kerap disebut sebagai golden sunset kala senja tentu akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Inilah salah satu spot yang wajib didatangi di Labuan Bajo. Tidak afdhol jika objek wisata ini terlewatkan. Bukit Cinta berada di dataran Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores Barat. Indah dan Instagramble. Banyak obyek panorama alam yang bisa diambil.

Baca juga : Bukit Sylvia yang Mempesona

Rute Menuju Bukit Cinta Labuan Bajo

Sunset Bukit Cinta Labuan Bajo
Sunset Bukit Cinta Labuan Bajo. src: shutterstock

Menuju lokasi ini tak sulit, hanya sekitar 10 menit perjalanan darat dari kota Labuan Bajo. Di bukit ini, hanya ilalang setinggi 30 cm yang membentang sepanjang bukit. Kalau malam hari, bukit ini gelap gulita karena belum ada penerangan.

Meski begitu, ada banyak spot yang layak untuk menjadi objek foto. Bila kuat, bisa melakukan trekking ringan menuju puncak bukit. Jalannya tidak terlalu terjam, namun tetap harus hati-hati karena medannya yang berbatu.

Kalau tak kuat, di bukit yang ada di bawah Bukit Cinta bagus juga untuk lokasi pemotretan. Naik ke puncak mungkin membutuh waktu 10-15 menit. Kalau napas ngos-ngosan, lebih baik di bawah bukit saja.

Namun meskipun demikian, perjalanan trekking tidak akan terasa membosankan sama sekali karena pengunjung dapat meluangkan waktu sejenak untuk sekedar mengambil foto atau menikmati semilir angin yang berhembus.

Deretan pohon aren akan jadi teman sepanjang perjalanan trekking menuju ke atas bukit. Laut nan biru, pemandangan Kota Labuan Bajo, deretan pepohonan dan bukit-bukit hijau akan memanjakan mata setiap pengunjung bukit ini.

Seperti biasa kalau berwisata di Labuan Bajo, jangan lupa bawa topi atau payung serta kacamata hitam. Sinar matahari di Bukit Cinta memang terik. Selain itu, tak banyak pohon di bukit ini. Warung pun tak ada. Tapi cukup banyak wisatawan yang datang sekedar foto-foto.

Tips Berburu Sunset Indah

Untuk mendaki bukit ini Anda tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun untuk mendapatkan pemandangan indah saat sunset, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Datang Pada Waktu Terbaik

Waktu Terbaik Sunset Bukit Cinta Labuan Bajo
Waktu Terbaik Sunset Bukit Cinta Labuan Bajo. src: IG @meniksuyani

Jangan datang terlalu siang ke Bukit Cinta, saat cuaca cerah panas matahari akan terasa sangat menyengat di sini.

Waktu sore merupakan saat paling baik menyambangi Bukit Cinta. Pasalnya perjalanan di waktu sore, Anda tidak perlu khawatir lagi terganggu dengan terik panas matahari. Sehingga perjalanan Anda ke puncak bukit menjadi sangat nyaman.

Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke puncak bukit. Di atas bukit, Anda bisa menikmati lanskap Labuan Bajo sambil mengabadikan momen itu lewat foto dan video.

Warna oranye keemasan menghiasi langit Labuan Bajo saat matahari terbenam di ufuk barat. Sungguh, pemandangan sunset yang sangat menakjubkan.

2. Memilih Spot Terbaik

Sunset Bukit Cinta Labuan Bajo
Spot Sunset Bukit Cinta Labuan Bajo. src: pinterest

Ada banyak spot menarik untuk menikmati golden sunset di sepanjang perjalanan menuju Bukit Cinta. Tak harus ke puncak, di tengah bukit hingga kaki bukit pun cocok digunakan untuk mengabadikan momen indahnya senja.

Jadi, sesuaikan dengan kondisi fisik Anda. Jika Anda tak memiliki stamina yang cukup untuk menuju puncak, jangan dipaksakan. Asalkan Anda memilih sisi barat bukit Anda akan menemukan keindahan senja lengkap dengan pemandangan kapal-kapal di dermaga.

Baca juga : Spot Instagrammable Dermaga Putih Labuan Bajo

3. Mengenakan Pakaian Yang Pas

Akan tampak menarik jika Anda berfoto di Bukit Cinta dengan mengenakan baju berwarna cerah. Tak hanya soal warna, pemilihan bahan pakaian yang nyaman juga perlu Anda perhatikan. Sarannya tentu jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat karena itu akan menghambat langkah Anda.

Jika Anda sedari siang, saat panas matahari masih sangat menyengat, maka jangan lupa kenakan kacamata hitam dan topi agar kulit Anda tetap aman.

4. Menggunakan Alas Kaki Yang Nyaman

Alas kaki yang nyaman juga menjadi poin penting saat Anda mendaki Bukit Cinta.

Disarankan jangan menggunakan sandal jepit atau alas kaki lain bersol rata. Perjalanan menuju puncak sangan berpasir dan terjal. Menggunakan alas kaki dengan sol rata akan membuat Anda mudah tergelincir.

Pilihan terbaik adalah mengenakan sepatu. Ini akan membuat kaki Anda terlindung dari batu-batu sepanjang perjalanan sehingga perjalanan Anda akan menjadi lebih nyaman.

5. Membawa Perlengkapan Pendukung

Ada sejumlah perlengkapan lain yang penting juga diperhatikan. Misalkan saja lotion tabir surya yang dapat melindungi kulit Anda saat mendaki sedari siang hari. Kemudian Anda juga dapat membawa kain-kain songket sebagai properti yang akan membuat foto Anda menjadi lebih menarik.

Yang tak kalah penting adalah air minum. Mendaki Bukit Cinta akan membuat energi Anda terkuras. Air minum akan mencegah Anda terserang dehidrasi.

Terakhir, yang paling utama adalah kamera. Sangat disayangkan jika Anda sudah sampai di puncak Bukit Cinta jika tak mengabadikan momen-momen menarik dengan foto.

Demikianlah ulasan mengenai tips wisata seru di Bukit Cinta Labuan Bajo. Tentu, bukit ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset dan pemandangan Labuan Bajo yang indah sehingga sayang sekali untuk Anda lewatkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.