Berwisata tidak lengkap rasanya tanpa mengisi perut dengan kuliner khas. Selain bisa menikmati sensasi tersendiri, menyantap kuliner akan menambah semangat dan tenaga saat berwisata. Nah, Labuan Bajo juga pastinya memiliki kulier khasnya. Kuliner Khas Labuan Bajo ini bisa ditemui di beberapa lokasi.

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi spektakuler di Timur Indonesia yang patut dikunjungi. Keindahan alam yang membentang akan memanjakan setiap pasang mata pengunjungnya. Selain menghadirkan panorama yang begitu indah, di sana para wisatawan dapat juga menikmati berbagai macam menu kuliner khas Labuan Bajo.

Kuliner khas Labuan Bajo ini berkisar seputar makanan-makanan yang dapat ditemukan di sekitar lokasi wisata bahari dan makanan khas warga setempat. Nah, seperti apa Kuliner Khas Labuan Bajo? Simak ulasan dari tim paket tour Labuan Bajo berikut ini.

Kuliner Khas Labuan Bajo

Indonesia bukan hanya terkenal dengan keindahan lokasi wisatanya. Indonesia juga terkenal dengan makanan-makanan khas yang tentu saja sulit ditemukan di negara-negara lain. Labuan Bajo sebagai destinasi wisata mancanegara tetap berusaha menampilkan khas budaya asli Indonesia melalui Kuliner khas Labuan Bajo.

Berikut ini adalah beberapa menu makanan khas Labuan Bajo yang dapat Anda nikmati.

1. Sajian Seafood

Kuliner Seafood Khas Labuan Bajo, sumber ig dragonresto
Kuliner Seafood Khas Labuan Bajo, sumber ig @dragonresto

Berkunjung ke Labuan Bajo tidak lengkap rasanya apabila tidak menyantap sajian lezat seafood-nya. Sebagai daerah pesisir, di sana banyak tempat makan yang menyajikan hidangan lautnya. Mulai dari cumi asam manis hingga gurihnya lobster pun ada. Tinggal Anda memilihnya dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

2. Kolo

Kolo Khas Labuan Bajo, sumber ig www.fimela.com
Kolo Khas Labuan Bajo, sumber ig www.fimela.com

Makanan khas Labuan Bajo yang patut untuk Anda coba adalah nasi bakar atau sering disebut sebagai Kolo. Kolo berbeda dengan nasi bakar yang lainnya, karena dalam proses pembuatannya juga istimewa, yakni menggunakan bambu sebagai tempat nasinya dan diberi berbagai bumbu khas Labuan Bajo. Untuk membakarnya juga disediakan alat bakar khusus dan menggunakan bara api. Lama pembakarannya membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Setelah itu Kolo siap untuk disantap hangat – hangat sambil menikmati indahnya pantai.

3. Jagung Bose

Jagung Bose Kuliner Khas Labuan Bajo, sumber ig santhiserad_food
Jagung Bose Kuliner Khas Labuan Bajo, sumber ig @santhiserad_food

Jika Anda bosan untuk makan nasi maka Jagung Bose dapat menjadi alternatif untuk menu makan pokoknya. Jagung Bose merupakan olahan pengganti nasi yang khas dari kota Komodo. Bahan dasar pembuatannya menggunakan jagung putih yang ditumbuk dengan lesung. Kemudian jagung tersebut dimasak bersama – sama dengan kacang merah dan santan untuk menciptakan paduan rasa yang gurih.

4. Tumisan

Tumis Bunga Pepaya, sumber ig dapur.mamamedan
Tumis Bunga Pepaya, sumber ig @dapur.mamamedan

Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki tumisan khasnya yaitu plecing kangkung. Sedangkan di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga memiliki tumisan khasnya sendiri, yaitu tumis bunga pepaya. Tumisan bunga pepaya ini tak kalah nikmatnya dengan plecing kangkung. Cita rasanya yang gurih dan pedas mampu memanjakan lidah Anda. Ditambah lagi akan sangat nikmat bila disantap hangat bersama nasi.

5. Sambal Ikan Teri

Sambal Teri Khas Labuan Bajo, sumber ig superadventure.co.id
Sambal Teri Khas Labuan Bajo, sumber ig superadventure.co.id

Bagi Anda pecinta sambal, jangan sampai lupa untuk mencoba sambal ikan teri khas Labuan Bajo. Sambal ini dibuat dengan cabai dan ikan teri segar hasil tangkapan nelayan. Mencari olahan sambal ikan teri ini sangat mudah, di sepanjang warung makan menjajakan sambal ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir atau bingung mencari keberadaannya. Paling nikmat sambal ini disantap bersama dengan kolo atau nasi bakar bambu khas Labuan Bajo.

6. Sup Ikan Kuah Asam

Sup Ikan Kuah Asam, sumber ig www.fimela.com
Sup Ikan Kuah Asam, sumber ig www.fimela.com

Menyaksikan indahnya panorama pantai di Labuan Bajo memang akan lebih nikmat lagi apabila menyantap sup ikan kuah asam. Sup ikan ini berbeda dengan sup ikan lainnya, karena rasanya yang segar dan gurih sangat enak untuk disantap. Warnanya yang kuning juga menambah selera makan. Untuk rasa asam pada supnya berasal dari tambahan blimbing wuluh sehingga kuah terasa segar.

Demikian beberapa kuliner khas Labuan Bajo yang bisa Anda nikmati selama berwisata di daerah Nusa Tenggara Timur. Untuk Anda yang penasaran untuk melihat pesona alam Labuan Bajo, simak ulasan Desa Cancar dengan Sawah Berbentuk Sarang Laba-labanya di halaman kami. Semoga ulasan ini bisa menghibur dan menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda di Labuan Bajo.

Chat WhatsApp whatsapp