Tahukah Anda kalau kopi Flores telah menjadi kopi andalan Indonesi di luar negeri?. Ya betul, kopi Flores yang terletak pada daerah Indonesia timur ini bisa dibilang sudah mendunia.

Kopi Flores meiliki cita rasa yang khas dari jenis kopi lainnya. Rasa nikmat dan unik yang terdapat pada kopi Flores inilah yang membuat berbeda dengan kopi daerah lain.

Kopi Flores yang memiliki sensasi rasa manis, kacang macademia, cokelat, karamel dan cita rasa hazelnut. Menjadi satu dalam sekali seruput, waow betapa nikmatnya? Ma shaa Allah. Hal ini menjadi bukti bahwa negeri kita ini sangat kaya raya, tapi mengapa masalah kemiskinan merajalela? Hehe.

Sebelum kita bahas lebih lanjut lagi, sudah tahu belum apa yang membuat kopi Flores ini begitu ‘istimewa’?. Ternyata salah satunya adalah faktor kondisi geografi di Nusa Tenggara Timur ini.

Dan buat kamu yang memiliki kafe atau tempat nongkrong anak muda, pastinya selalu menyediakan menu kopi ya. Nah, untuk memberikan nuansa yang selaras pada kafenya. Anda bisa menggunakan batu marmer untuk menambah keindahan interior dengan menggunakan jasa poles.

Pengaruh Kondisi Geografi pada Kopi Flores

Ilustrasi keindahan geografi Flores diambil dari istockphoto
Ilustrasi keindahan geografi Flores diambil dari istockphoto

Selain memang kopi Floresnya yang ‘istimewa’, ternyata juga didukung dengan daerah iklimnya yang juga istimewa. Iklim tropis di Indonesia dengan perpaduan iklim subtropis Australia membuat kondisi lingkungannya berbeda dengan yang lainnya.

Hal itulah yang diantaranya membuat kopi Flores memiliki cita rasa yang berbeda dengan kopi di daerah lainnya. Cita rasanya yang unik, pun dengan ‘sejuta’ nikmat membuat kopi ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Kopi Flores yang sudah terkenal di mancanegara ini tumbuh di wilayah dataran Ngada, Flores, NTT. Ternyata tanahnya adalah vulkanik, dan inilah yang mempengaruhi kopi Flores memiliki keunikan rasa.

Belum lagi ditambah dengan perpaduan cuaca antara Indonesia dan Australia yang mempengaruhi pada pertumbuhan kopinya. Maka tak heran, dengan keunikan rasanya menjadikan kopi Flores andalan Indonesia di luar negeri.

Keunikan kopi Flores ini terletak pada aroma bunga, kacang – kacangan yang semerbak dan karamel. Pun ditambah lagi dengan sensasi rasa tembakau menambah lengkap keunikan kopi ini.

Dan kopi Bajawa dari NTT inilah yang memiliki cita rasa tersebut. Kopi yang satu ini merupakan salah satu jenis kopi Arabika yang ada di Indonesia. Bajawa menjadi biji kopi terbaik di tanah NTT dengan jenis kopi Arabika yang sudah mendunia. Selain Bajawa yang terkenal itu ternyata ada lagi kopi dari sana yang dikenal dengan kopi Manggarai.

Bagaimana tertaik untuk buka usaha warung kopi? Dan jangan lupa untuk memilih hiasan marmer guna menambah cantik kafe Anda, pilihlah merek yang terbaik.

2 Jenis Kopi Flores

Kopi Bajawa ataupun Manggarai dari Flores dengan jenis arabika ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan loh. Kanduang kafein pada kopi jenis Arabika yang relatif lebih rendah dari Rabusta inilah salah satu keunggulannya.

Sebab bagi para peminum kopi yang memiliki riwayat asam lambung atau tukak lambung sangat riskan dengan kafein tinggi. Nah oleh karena itu, kopi Bajawa dan Manggarai jenis Arabika ini bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Untuk kopi jenis Arabika sendiri kandungan kafeinnya 1,2%. Tentu hal ini membuat rasanya lebih lembut dan ringan. Tetapi buat yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau Hipertensi gula dalam kandungannya perlu diperhatikan. Pasalnya kadar gula pada kopi jenis Arabika ini lebih tinggi, yakni mencapai 6 – 9%.

Kopi Manggarai

Ilustrasi-gambar-kopi-Manggarai-diambil-dari-istockphoto.
Ilustrasi gambar kopi Manggarai diambil dari istockphoto.

Daerah yang terbagi menjadi 3 Kabupaten ini adalah termasuk wilayah penghasil kopi terbaik. Konon katanya sudah populer sejak era penjajahan. Ya betul, terbagi menjadi Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

Kopi Manggarai ini terbilang menjadi salah satu komoditi kopi terbaik di dunia yang berasal dari Indonesia. Kopi Manggarai ini tertanam pada luas lahan hingga mencapai 16.997 HA. Dan ktinggian mencapai 1.100 sampai 1.300 meter DPL.

Dari lahan seluas itu mampu menghasilkan kopi kurang lebih 5.289 ton dalam satu kali panen. Tetapi penghasilan kopi jenis Arabika lebih sedikit ketimbang jenis kopi Robusta.

Kopi Flores yang diproduksi dari Manggarai yang berjenis Arabika inilah salah satu yang terfavorit. Dan pengekspornya sampai Timur Tengah hingga Eropa, termasuk kawasan Asia sendiri.

Dengan keunggulan kopi Manggarai yang khas ini, sebagaimana yang sudah dibahas di awal kalimat tadi. Pada tahun 2015 kopi Manggarai dan Bajawa dinobatkan menjadi kopi terbaik negara Indonesia.

Kopi Bajawa

Kadar air yang mencapai angka 13 persen membuat kopi yang satu ini cukup aman untuk dikonsumsi. Kopi Bajawa sendiri dibudidayakan di daerah Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur. Dan kopi yang tumbuh kemudian dibudidayakan ini terletak pada lereng gunung Inie Rie.

Gunung yang terus berubah warnanya pada setiap pergantian musim ini adalah termasuk gunung berapi yang ada di Indonesia. Nah, hal itulah yang membuat tanah pada daerah tersebut vulkanik yang sangat subur.

Ciri khas lain dari kopi satu ini terdapat pada wanginya kayu yang eksotis, kental serta memiliki tingkat keseimbangan rasa asamnya. Ditambah lagi dengan aroma dan cita rasa yang kuat pada kopi ini menambah lengkap keunggulannya.

Ilustrasi gambar kopi Manggarai diambil dari Bukalapak
Ilustrasi gambar kopi Manggarai diambil dari Bukalapak

Dan tak kalah pentingnya lagi ternyata Flores adalah tempat yang sangat indah karya Sang Maha Kuasa, subhannallah. Dengan tetumbuhan yang banyak bunga baik di darat dan laut serta bentuk terumbu karangnya yang cantik. Membuat para wisatawan semakin ‘ngiler’, baik lokal maupun internasional.

Tentu hal itu akan menambah lengkap kenikmatan saat menyeduh kopi Bajawa disana bukan?. Dan karena itulah pulau tersebut dijuluki ‘flores’ oleh penjajah Portugis waktu itu. Kata ‘flores sendiri memiliki arti ‘bunga’ dalam bahsa mereka.

Tetapi sebelum dinamai ‘flores’, pulau tersebut memiliki nama ‘pulau ular’ atau ‘pulau nipa’. Sebab selain bentuknya yang mirip kepala ular, pada daerah itu dahulunya juga memang banyak ular. Selain itu juga ada cerita menarik dari keindahan dan misteri danau air asin loh.

Bagaimana tertarik mau berwisata ke Flores dan menikmati kopinya yang ‘istimewa’?. Semoga artikel ini dapat memberi manfa’at dan tentunya jangan lupa juga untuk ­­share sebanyak mungkin. Supaya banyak yang tahu betapa kayanya negeri kita ini dan keunggulan kopinya, sekian dan terimakasih!

Leave a Reply