Indonesia dipenuhi keindahan alam yang tengah memukau para petualang dan wisatawan mancanegara. Terletak di kawasan tropis, membuat Indonesia memiliki banyak sekali kenidahan yang terpancar melalui pantai, gunung, flora dan faunanya, hingga pupaunya seperti Pulau Kambing Labuan Bajo.

Labuan Bajo memang daerah wisata yang memiliki banyak sekali spot yang dapat mengisi rasa haus petualang dan wisatawan. Tidak heran apabila Labuan Bajo sering kali disebut-sebut surganya para petualang dan wisatawan.

Labuan Bajo Sebagai Destinasi Wisata Populer

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup dipandang di Indonesia bahkan di dunia. Tidak heran bahwa apabila kawasan ini sering masuk ke dalam daftar liburan terbaik versi media internasional. Dengan pemandangan yang unik dan keindahan yang khas menjadi daya tarik tersendiri dari Labuan Bajo.

Labuan Bajo memang terkenal dengan binatang purba komodo yang memiliki bentuk seperti kadal raksasa. Namun seiring popularitas yang kian menanjak, menjadikan spot ini patut untuk dieksplorasi dan menemukan banyak spot untuk dijelajahi. 

Pulau Kambing Labuan Bajo
Perairan sekitar Pulau Kambing. Sumber IG @aif_95

Pulau Kambing Labuan bajo Menawarkan Keindahan

Salah satu spot yang unik dengan keindahan yang tak diketahui banyak orang yaitu Pulau Kambing Labuan Bajo. Apa yang ada dipikiran Anda ketika mendengar Pulau Kambing? Tentu, banyak orang berpikir seolah-olah di tempat tersebut penuh dengan kambing yang menebarkan aroma kurang sedap.

Faktanya, berbeda 180 derajat. Pulau Kambing menawarkan keindahan alamnya yang mempesona dengan air laut yang jernih. Selain itu, alam bawah lautnya pun sangat indah. Tentu, aktivitas snorkling dan diving menjadi kegiatan yang tepat di spot ini. Spot yang sangat tenang ini memberikan sensasi relaksasi dengan pemandangan yang indah. 

Pulau Kambing merupakan salah satu pulau indah yang letaknya di daerah Labuan Bajo. Bicara masalah luasnya, pulau ini terbilang kecil dibanding pulau-pulau lain yang ada di sekitar Pulau Komodo. Hanya terdiri dari pantai dan satu bukit pendek.

Warna koral di sana cukup beragam. Di kala senja, Anda tidak hanya bisa melihat matahari terbenam saja. Ada juga pemandangan ribuan kelelawar yang terbang bersamaan meninggalkan sarangnya. Sontak langit merah kehitaman penuh dengan hewan pemakan buah itu.

Pesona Keindahan Pulau Kambing Labuan Bajo

Bentangan pasir putih serta birunya laut tentu saja menggoda Anda untuk langsung berenang dan snorkling di pulau indah ini. Pulau ini adalah paket lengkap dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Saran bagi Anda yang berlibur ke Labuan Bajo untuk datang dan menikmati pesona alam pulau indah ini.

Selain berenang, Anda bisa naik ke atas puncak bukit kecil untuk sekedar berfoto dan memandangi keindahan alam. Tak hanya snorkling, Anda juga bisa melakukan diving di pulau indah ini. Tak kalah indah dengan pesona bawah laut di pulau lainnya. Selain itu, koral dan karang yang membentang pun menambah keindahan pulau ini.

Hal Yang Diperhatikan Untuk Menikmati Keindahan Alam Labuan Bajo

1. Waktu Pagi dan Sore

Wisata di Labuan Bajo menebar keindahan alam terbuka. Bermandikan sinar matahari sepanjang hari. Waktu terbaik menikmati objek wisata adalah ketika matahari bersahabat, yakni pagi dan sore. Tak terkecuali Pulau Kambing. Anda tentu harus mengatur jadwal ketibaan Anda di Labuan Bajo sebelum naik perahu motor ke objek wisata yang dituju. Saat sunset, sebaiknya menyiapkan kamera. Langit berubah warna, tentu itu akan menjadi sebuah pengalaman yang menakjubkan. Tak kalah dengan sunset di bukit cinta Labuan Bajo.

2. Persediaan Pribadi

Waktu terbaik menikmati objek-objek wisata Labuan Bajo adalah sedikitnya 2 hari. Bawalah persediaan pribadi seperti perlengkapan mandi, snack dan air minum. Terlebih jika Anda hendak perjalanan di Laut.

3. Kantong Plastik

Jangan buang sampah di Laut. Jangan buang sampah sembarangan. Bawalah kantong plastik. Kantong plastik juga akan berguna untuk menyimpan pakaian kotor atau yang basah.

4. Life Jacket

Jangan pernah jauh dari life jacket. Ini peralatan keselamatan yang standar mengingat ini adalah wisata Laut.

Pulau Kambing Labuan Bajo
Sunset di Pulau Kambing. Sumber IG @ama_bibu

5. Minuman Hangat

Mungkin Anda penggemar kop atau teh, cek-lah persediaan yang satu ini. Minuman hangat bisa menambah kenikmatan usai snorkling atau teman di waktu pagi dan malam.

6. Sepatu

Anda akan menyusuri pantai dan menginjak dasar laut pada saat snorkling. Sebaiknya Anda bawa sepatu laut. Sepatu ini juga berguna pada saat hiking.

7. Lap Kacamata

Percikan air mungkin akan mengenai kaca mata Anda setiap saat. Oleh karena itu, bawalah lap kacamata.

8. Untuk Wanita

Penciuman komodo sangat tajam. Mereka peka terhadap darah. Bagi wanita, sebaiknya tidak sedang datang bulan pada saat berpetualang melihat komodo.

9. Camilan

Mungkin Anda membutuhkannya. Di atas perahu, uang Anda tidak begitu berguna.

10. Kamera Bawah Laut

Pemandangan bawah laut pada saat snorkling sungguh menakjubkan. Tentu sayang jika tidak diabadikan. Selain itu, bagi Anda yang suka selfie bisa lebih mengasyikkan dengan membawa kamera.

11. Baterai Cadangan

Akan bagus kalau Anda membawa baterai cadangan untuk kamera maupun handphone. Perahu motor biasanya dilengkapi pasokan listrik tapi membuka alternatif kadang-kadang sangat membantu.

Pulau Kambing Labuan bajo
pulau Kambing Labuan Bajo yang indah ditengah laut. Sumber IG @sabuaraa

12. Tidak Perlu Hotel

Objek wisata alam yang banyak di Labuan Bajo membuat Anda bahkan tidak harus tinggal di hotel. Tinggal saja di perahu. Dari bandara langsung ke pelabuhan, kemudian naik perahu. Dua sampai tiga hari di sana. Setelah itu kembali lagi dan langsung menuju bandara.

Demikian ulasan mengenai keindahan Pulau Kambing Labuan Bajo yang tak diketahui banyak orang. Bagi Anda yang sedang berlibur ke Labuan Bajo, tidak ada salahnya mengunjungi pulau indah yang satu ini. Semoga informasi ini bermanfaat.