Salah satu yang bisa dinikmati di Labuan Bajo adalah tempat pelelangan ikan di Kampung Ujung. Kampung Ujung bisa dikatakan sebagai salah satu pintu masuk untuk menuju ke berbagai lokasi menarik di Labuan Bajo. Di Kampung Ujung terdapat pelabuhan, hotel, restoran sekaligus pasar ikan yang menjual hasil tangkapan warga setempat yang masih segar dari laut di Labuan Bajo.

Dalam berwisata ke suatu daerah, bukan hanya berbagai lokasi unik dan menarik yang menjadi incaran, tetapi juga budaya, kerajinan termasuk kuliner setempat. Kuliner khas Labuan Bajo masih belum banyak diketahui. Salah satu tempat untuk melihat dan menikmati kuliner khas ini adalah Kampung Ujung. Namun, akhir-akhir ini ada yang baru dari pasar ikan di Labuan Bajo.

Para penduduk yang berprofesi sebagai nelayan dan penjual hasil tangkapan laut yang awalnya menempati pasar ikan di Kampung Ujung, kini mendapat tempat untuk berjualan yang lebih baik. Yaitu tempat pelelangan ikan yang lokasinya juga berada di Kampung Ujung. Karena menjadi tempat pelelangan ikan, para wisatawan juga bisa menjadikan tempat ini dalam salah satu agenda travelingnya di Labuan Bajo untuk mengetahui lebih jauh tentang seafood khas Labuan Bajo.

Tempat Pelelangan Ikan di Labuan Bajo

Pada November 2018 yang lalu, PT ASDP Ferry Indonesia melakukan soft launching TPI (Tempat Pelalangan Ikan) untuk menggantikan TPI sebelumnya yang biasa menjadi tempat jual beli ikan di Kampung Ujung Labuan Bajo. TPI yang baru ini diharapkan bisa menjadi tempat yang juga menarik minat kunjung para wisatawan di Labuan Bajo karena memiliki bangunan dan fasilitas yang lebih modern.

TPI Labuan Bajo, sumber ig Darilaut.id

Di tempat ini para pedagang, nelayan dan pembeli diharapkan dapat melakukan aktivitas jual beli hasil tangkapan laut dengan lebih baik lagi. Karena bangunan ini baru dengan kelengkapan dan fasilitasnya. Bagi wisatawan, tempat ini terlihat bersih dan lebih menarik karena lebih tertata dan lebih modern dengan fasilitas seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

TPI Labuan Bajo yang baru ini lebih luas dibandingkan dengan TPI sebelumnya. TPI sebelumnya memiliki luas 4.200 meter persegi sedangkan yang baru memiliki luas 4.678 meter persegi. Tempat yang baru ini memiliki 45 unit kios dan 136 lapak untuk para penjual. Selain itu juga memiliki lapangan parkir luas, bahkan toilet dan mushola.

Lokasi TPI Labuan Bajo yang baru ini berdekatan dengan dermaga, sehingga baik penduduk setempat maupun wisatawan akan dapat dengan mudah mengakses lokasi ini. Labuan Bajo memang sedang baru membangun sektor pariwisatanya agar lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya. Keberadaan TPI yang baru ini diharapkan bisa menjadi salah satu nilai tambah.

Lokasi TPI Labuan Bajo

Lokasi TPI Labuan Bajo yang baru ini berada di Jalan Reklamasi Pantai, Kampung Ujung Indonesia, Lingkungan 1, Labuan Bajo, Komodo. Sedangkan TPI yang lama berada di Jalan Soekarno – Hatta. Lokasi keduanya tidak berjauhan sehingga bisa diakses melalui dermaga di Kampung Ujung.

Berdasarkan informasi dari pedagang setempat, relokasi tempat pelelangan ikan ini memang masih membutuhkan beberapa penyesuaian. Karena meskipun lebih baik, tetapi kebiasaan para pedagang dalam menjajakan barang dagangan hingga persoalan penerimaan suplay seperti biasanya harus dirubah. Selain itu, karena baru beroperasi, tentu saja masih ada beberapa fasilitas yang belum beroperasi dengan baik.

Tempat Pelelangan Ikan Baru di Labuan Bajo, sumber : Kumparan.com
Tempat Pelelangan Ikan Baru di Labuan Bajo, sumber : Kumparan.com

Meski masih terdapat berbagai kendala dalam masalah adaptasi bagi para pedagang, namun relokasi tempat pelelangan ikan ini pernah dilakukan bahkan di negara maju seperti Jepang. Pasar Tsukiji yang telah beroperasi sejak tahun 1935 harus direlokasi ke tempat yang baru karena harus dilakukan pembangunan fasilitas Olimpiade 2020.

Kuliner Khas Labuan Bajo

Berikut ini beberapa sajian kuliner khas Labuan Bajo yang dapat Anda nikmati sembari berwisata. Bukan hanya di Kampung Ujung, tetapi juga kuliner khas yang dapat dinikmati dan ditemukan di tempat lainnya di Labuan Bajo.

1. Seafood Kampung Ujung

Seafood tentu saja menjadi incaran utama di Labuan Bajo. Karena daerah wisata ini memiliki daya tarik bahari sebagai daya tarik utamanya. Di sini, Anda dapat menemukan Cumi Asam Manis, Tongkol Bakar, aneka olahan Lobster dan lain-lain. Seafood Kampung Ujung ini terkenal ramai sehingga pengunjung harus bisa mencari tempat agar tidak menunggu lama.

2. Ikan Kuah Asam

Sajian Ikan Kuah Asam ini menjadi sajian tersendiri karena pengolahan yang berbeda dibandingkan sajian seafood yang hanya dibakar, digoreng dan diberi saus asam manis. Meskipun begitu, Ikan Kuah Asam ini menggunakan bahan utama Ikan Kakap yang juga merupakan hasil tangkapan laut. Ikan Kakap ini dimasak dengan cara yang tidak sederhana karena menggunakan berbagai macam rempah khas Indonesia.

Ikan Kuah Asam Khas Labuan Bajo, sumber ig Phinemo
Ikan Kuah Asam Khas Labuan Bajo, sumber: Phinemo

3. Sambal Ikan Teri

Sambal Ikan Teri merupakan sambal yang khas karena berbahas dasar teri yang masih segar hasil tangkapan nelayan di Labuan Bajo. Meskipun di Indonesia sajian ini terdapat di banyak daerah, tetapi terdapat cita rasa khas masing-masing. Sambal ini bisa menjadi santapan utama atau hanya sekedar pelengkap yang disajikan bersama Kolo atau Nasi Bakar Khas Labuan Bajo.

Itu dia berbagai informasi terkait Taman Pelelangan Ikan yang baru di Labuan Bajo. Tempat ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah setempat untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk serta menarik para wisatawan yang berkunjung di Labuan Bajo. Lokasi ini sekaligus menjadi tempat kuliner khas Labuan Bajo dimana para wisatawan bisa menemukan sajian kuliner khas. Semoga informasi ini dapat menghibur Anda!