Labuan Bajo akhir-akhir ini menjadi destinasi pilihan public figure terkenal dari mancanegara. Beberapa yang pernah diberitakan mengunjunginya adalah pemain sepak bola Arjen Robben, Pebalap Moto GP Valentino Rossi, pemain sepak bola lainnya Zlatan Ibarahimovich yang semuanya adalah figure yang populer. Apa alasan mereka mengunjungi daerah ini? Salah satunya karena spot wisata instagrammable di Labuan Bajo.

Secara umum, spot wisata instagrammable di Labuan Bajo yang paling dikenal adalah Pulau Padar. Akhir-akhir ini banyak artis dalam negeri yang menghiasi instagram mereka dengan foto-foto di lokasi yang satu ini. Tetapi tahukah Anda jika sebenarnya masih banyak lokasi wisata Labuan Bajo yang mempesona untuk dijadikan foto instagram? Berikut beberapa diantaranya.

Spot Wisata Instagrammable di Labuan Bajo

Labuan Bajo terkenal dengan wisata baharinya. Selain itu, lokasinya berdampingan dengan Taman Nasional Komodo yang merupakan salah satu satwa purbakala yang masih hidup sampai saat ini. Siapapun yang berkunjung ke Labuan Bajo biasanya mengunjungi spot wisata seperti Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pantai Pink.

Sebenarnya, selain Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pantai Pink, masih banyak spot wisata lainnya yang mempesona. Salah satu yang menjadi kelebihan daerah destinasi wisata ini adalah keberadaannya yang masih jarang diketahui. Karenanya, tempat ini belum padat pengunjung dan masih leluasa untuk dinikmati. Beberapa spot wisata Instagrammable di Labuan Bajo selain Pulau Padar dan Pantai Pink adalah :

1. Sawah Lingko

Berwisata di Sawah Lingko Labuan Bajo, sumber ig marceljerrywinata
Berwisata di Sawah Lingko Labuan Bajo, sumber ig @marceljerrywinata

Sawah Lingko adalah lanskap yang sangat unik karena berbentuk seperti Jarang Laba-laba. Keberadaan bentuk sawah yang semacam ini masih berkaitan erat dengan kebudayaan masa lampau di daerah ini terkait pembagian lahan sawah. Ada prosesi adat untuk pembagian lahan yang diatur sesuai kebijakan Ketua Adat yang disebut dalam bahasa setempat sebagai Tu’a Teno.

Spot ini berada di Kecamatan Lembor Manggarai Barat, Cancar di Kecamatan Ruteng Manggarai dan Kampung Rawang, Kecamatan Lambaleda Manggarai Timur. Untuk mendapatkan foto lanskapnya, tentu saja wisatawan harus berada di ketinggian. Dari ketinggian tertentu baru akan benar-benar tampak lingkaran sawah dengan sekat-sekat yang melintang dan titik pusatnya sehingga jelas menyerupai sarang Laba-laba.

Biasanya para wisatawan diarahkan untuk menuju puncak Bukit Weol Cancar yang berada di sebelah timur. Untuk mencapai puncak Bukit Weol Cancar, wisatawan harus menapaki 250 anak tangga. Anak tangga ini masih dibuat seadanya menggunakan tanah dan bambu sebagai penyangganya. Namun jalan setapak ini sudah cukup aman untuk dilewati.

2. Dermaga Putih

Spot Sunset di Dermaga Putih, sumber ig genpi_labuanbajo
Spot Sunset di Dermaga Putih, sumber ig @genpi_labuanbajo

Spot wisata ini berada di dekat Kampung Ujung. Kampung Ujung sebenarnya lebih terkenal sebagai pusat kuliner seafood dan tradisional di Labuan Bajo. Lokasinya memang berada di pinggir pantai, pelabuhan dan dermaga. Nah, di sinilah spot Dermaga Putih dapat ditemukan. Dermaga ini dikenal sebagai pintu masuk untuk berbagai pulau-pulau menarik yang terdapat di Labuan Bajo.

Dermaga ini masih tradisional karena bangunannya yang terbuat dari kayu. Kemudian, kayu penyusun bangunan dermaga ini warnanya putih sehingga disebut sebagai Dermaga Putih. Bahkan bangunan seperti cafe yang terdapat diatas dermaga ini juga berwarna putih. Lokasi wisata ini berada diantara berbagai fasilitas wisata seperti hotel, cafe dan restoran.

Biasanya, yang paling ditunggu wisatawan adalah saat sunset. Karena pemandangan sunset yang tersaji di spot wisata ini begitu mempesona. Bangunan dermaga yang memanjang dan lautan di sekitar yang ombaknya cenderung tenang ini memiliki beberapa gazebo di sepanjangnya. Di sini biasanya pengunjung menikmati pemandangan dan berofoto.

3. Goa Rangko

Kolam Alami di Dalam Goa Rangko, sumber ig punyabebeth
Kolam Alami di Dalam Goa Rangko, sumber ig @punyabebeth

Goa Rangko memiliki daya tarik tersendiri selain ornamen goa seperti stalaktit yang bentuk dan berwarna indah. Yaitu keberadaan kolam didalam goa yang tampak seperti kolam pribadi. Kolam ini airnya asin dan memiliki warna biru yang mencolok. Air ini memang berasal dari laut yang mengalir melalui celah-celah goa.

Namun tidak sebagaimana goa lainnya yang menjadi sarang hewan seperti kelelawar dan yang sejenisnya. Goa ini cenderung kosong dan masih jarang dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Rangko, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Meskipun masih sedikit pengunjung, namun foto keindahan kolam di Goa Rangko ini sudah banyak menghiasi media sosial.

4. Air Terjun Cunca Wulang

Keberadaan Spot Wisata Air Terjun Cunca Wulang di Labuan Bajo ini bisa menjadi pilihan alternatif ditengah banyaknya spot wisata yang berhubungan dengan laut dan air asin di Labuan Bajo. Lokasinya berada sekitar 26 km di sebelah timur Labuan Bajo. Untuk menuju tepat ke lokasi air terjun, perjalanan akan sedikit menantang. Karena berada di tengah perkebunan.

Air Terjun Cunca Wulang, sumber ig yusaryantospeltranix
Air Terjun Cunca Wulang, sumber ig @yusaryantospeltranix

Namun keindahan yang terdapat selama perjalanan juga bisa dinikmati. Perkebunan yang penuh dengan tanaman pisang, vanila, kopi, kacang dan coklat ini tampak seperti hutan hujan yang rimbun. Karena jauhnya perjalanan, biasanya wisatawan memerlukan pemandu yang merupakan warga setempat atau penduduk lokal.

Air Terjun Cunca Wulang memiliki keindahan pada tebing-tebing dan aliran airnya. Tebing-tebing ini lumayan curam dan sering dijadikan wahana untuk melompat ke dalam sungai yang terdapat diantara air terjun. Ditambah dengan suasana alam sekitar yang hijau, lokasi ini sangat layak untuk dijadikan spot foto.

5. Pulau Sembilan

Pulau ini sebenarnya sangat kecil untuk disebut pulau. Karena bentuknya tampak seperti gundukan pasir di tengah samudera. Gundukan pasir ini berbentuk seperti angka sembilan. Meskipun tampak bisa dibuat, namun ternyata pulau ini terbentuk secara alami. Besarnya pulau ini kira-kira bisa dikelilingi selama 20 menit dengan berjalan kaki.

Pulau Sembilan terbentuk di sisa batuan karang yang tersapu ombak menjadi bukit kecil. Lama kelamaan terbentuk seperti pulau dengan bentuk menyerupai angka sembilan. Lokasi pulau ini berada di Flores, Nusa Tenggara Timur yang bisa dikunjungi melalui Labuan Bajo.

Pulau Sembilan Labuan Bajo, sumber ig @jenwa_tour

Jika Anda berwisata menggunakan kapal sewa di Labuan Bajo, spot wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dengan bentuk yang sedemikian rupa, bulatan pada angka sembilan yang terdapat di pulau ini merupakan danau yang terkadang tampak ubur-ubur yang berwarna unik. Benar-benar sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

Itu dia 5 lokasi instagrammable di Labuan Bajo selain Pantai Pink dan Pulau Padar. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi wisata Anda. Simak ulasan menarik seputar wisata Labuan Bajo di labuanbajotour.com.