Labuan Bajo memiliki banyak sekali daya tarik yang luar biasa. Lokasi wisata yang satu ini memang menjadi salah satu yang paling eksotis di Indonesia. Namun tidak sebagaimana Bali dan Lombok yang sudah cenderung ramai dengan pengunjung, Labuan Bajo terbilang masih baru. Meskipun begitu, obyek-obyek wisata yang berada di sana sangat terkenal dengan kealamiannya. Selain itu juga terdapat Pulau Komodo yang menjadi legenda dan salah satu yang dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Selain Pulau Komodo, masih banyak obyek-obyek wisata yang bisa dinikmati. Tersedia juga fasilitas-fasilitas wisata yang semakin menambah minat wisatawan dengan kenyamanan yang diberikan seperti penginapan atau hotel yang langsung menghadap ke hamparan laut, kuliner-kuliner seafood lezat, juga sewa kapal Labuan Bajo yang semakin menambah sensasi dalam berwisata menikmati pantai eksotis. Salah satu obyek wisata yang bisa Anda nikmati adalah Pulau Sembilan. Mengapa dinamakan demikian? Simak ulasannya berikut ini.

Pulau Sembilan Labuan Bajo

Tidak ada latar cerita atau sejarah mengenai Pulau Sembilan ini. Pulau ini merupakan salah satu diantara banyak pulau kecil yang bentuknya seperti gundukan pasir buatan putih kecil diantara lautan di sekelilingnya. Pulau ini dinamakan “Sembilan” karena bentuk gundukan pasirnya yang menyerupai angka Sembilan. Namun Pulau Sembilan merupakan pulau yang terbentuk secara alamiah bukan buatan. Banyak fakta-fakta unik seputar Pulau Sembilan ini yang menarik untuk dibahas.

Keunikan Pulau Sembilan Labuan Bajo

1. Bentuk Pulau Sembilan

Pulau Sembilan Labuan Bajo, sumber ig @jenwa_tour

Jika dideskripsikan, Pulau Sembilan memang tidak lepas dari kata-kata eksotis, indah dan unik. Dari atas penampakan permukaan bumi, pulau ini berwarna putih berbentuk angka Sembilan. Warna putihnya berasal dari karang-karang mati berwarna putih. Tidak satupun pepohonan terlihat tumbuh diatasnya dan pasirnya pun pasir putih. Pulau ini berukuran paling kecil diantara pulau-pulau kecil Labuan Bajo lainnya. Sehingga bisa dikelilingi dengan berjalan kaki hanya sekitar 20 menit.

2. Terdapat Danau Air Asin

Karena penampakannya yang berangka Sembilan, maka akan ada bagian lubang yang menunjukkan bagian atas angka Sembilan yang menjadi seolah danau. Karena berada di tengah laut, danau kecil ini berair asin. Hal ini yang menjadikannya berbeda dari yang lain karena biasanya danau berair tawar.

3. Tempat Ditemukannya Ubur-ubur Unik

ubur-ubur di pulau Sembilan, sumber ig halimbudiono

ubur-ubur di pulau Sembilan, sumber ig @halimbudiono

Pulau ini terbentuk dengan sendirinya dan bukan hanya itu. Hal lainnya yang dianggap masih misterius adalah keberadaan ubur-ubur tanpa sengat. Hal ini merupakan keunikan lainnya. Karena biasanya atau umumnya ubur-ubur adalah hewan yang bisa menyengat. Namun hal ini berbeda dengan ubur-ubur tanpa sengat yang berada di sekitaran Pulau Sembilan. Selain itu, ditemukan pula ubur-ubur yang memiliki tentakel biru keunguan yang juga jarang ditemukan pada tempat-tempat lain.

4. Wahana Snorkeling Idaman

Jika Anda penyuka olahraga snorkeling, Pulau Sembilan merupakan lokasi snorkeling idaman. Keindahan dasar laut yang bisa dinikmati pada danau air asin di Pulau Sembilan merupakan pemandangan bawah laut menakjubkan yang pernah ada. Jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan bawah laut danau air asin Pulau Sembilan karena tersaji keindahan pemandangan bawah laut yang disertai ubur-ubur yang baik hati (tidak menyengat) dan berwarna biru pada tentakelnya.

Demikian ulasan mengenai informasi-informasi unik dan menarik mengenai Pulau Sembilan Labuan Bajo. Semoga bisa menambah referensi berwisata dan menghibur Anda. Simak juga ulasan-ulasan menarik lainnya mengenai informasi-informasi dan tips-tips berwisata di Labuan Bajo di halaman Labuan Bajo Tour. Selamat menikmati wisata Anda!