Labuan Bajo saat ini telah menjadi salah satu ikon wisata bahari di Indonesia. Banyak wisatawan termasuk para artis yang menyambangi lokasi ini untuk menikmati keindahan obyek wisatanya. Termasuk menikmati spot sunset Labuan Bajo yang menakjubkan. Pemandangan pantai diantara banyak bukit, gunung dan pulau serta hewan legendaris Komodo menjadi daya tarik daerah ini.

Spot Sunset Labuan Bajo

Melihat secara langsung sunset (matahari terbenam) menjadi keinginan setiap wisatawan saat berkunjung ke Labuan Bajo. Apalagi dengan latar hamparan pegunungan dan air laut yang biru tentu menambah keindahan tersendiri dimata wisatwan ketika melihat matahari terbenam di ufuk barat. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo tentu akan berusaha mencari spot sunset yang bagus ketika sore hari atau sebelum sunset.

1. Pulau Padar

Dari berbagai pulau yang ada di Taman Nasional Komodo, Pulau Padar menjadi destinasi paling favorit bagi wisaatwan. Karena pemandangan di puncak pegunungan pulau ini sangatlah bagus. Tidak ada pulau yang punya keindahan seperti Pulau Padar, dengan pulau yang seolah mempunyai kaki bercabang ke semua penjuru.

Pemandangan di Sekitar Pulau Padar, sumber ig immanuel_ben
Pemandangan di Sekitar Pulau Padar, sumber ig @immanuel_ben

Meski perjuangan ke puncak Padar nggak gampang, namun Anda akan merasa puas ketika sampai di atas puncak kerena bisa melihat pemandangan yang begitu indah terutama saat matahari terbit dan terbenam. Pendaran cahaya kuning tampak sangat cantik dan cocok untuk instagramable.

Untuk menuju ke Pulau Padar, Anda bisa menggunakan kapal dari pelabuhan Labuan Bajo. Sesampai di Pulau Padar, Anda mesti membayar tiket masuk tetapi gratis kalau sudah berkunjung ke Pulau Rinca atau Pulau Komodo. Treknya sudah dibangun tangga kayu dan batu dan butuh sekitar 20 menit untuk mencapai puncaknya. Dari atas pemandangan pulau ini sangat mengagumkan yang membuat Anda ingin berlama – lama di Pulau ini.

2. Bukit Cinta

Nama Bukit Cinta diberikan karena tempat ini memang merupakan spot yang tepat untuk foto prewedding. Menuju ke Bukit Cinta, wisatawan memerlukan waktu sekitar 10 menit perjalanan ke arah utara dari Labuan Bajo. Perjalanan menuju Bukit Cinta cenderung berbukit – bukit, perlu usaha untuk mencapai puncak Bukit Cinta.

Sunset Bukit Cinta, sumber ig vinakasim
Sunset Bukit Cinta, sumber ig @vinakasim

Trekking ringan menuju puncak akan menghabiskan waktu sekitar 10 – 15 menit. Meskipun demikian, perjalanan trekking tidak akan terasa membosankan karena wisatawan dapat meluangkan waktu sejenak untuk sekedar mengambil foto atau menikmati semilir angin yang berhembus. Deretan pohon aren akan menjadi teman sepanjang perjalanan trekking menuju ke atas bukit.

Laut nan biru, pemandangan Labuan Bajo, deretan pepohonan, dan bukit-bukit hijau akan memanjakan mata setiap wisatawan. Sesuai dengan namanya, siapapun yang sudah berada di bukit ini akan menjadi jatuh cinta dengan pemandangan yang ada di bukit ini. Saat sore hari Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sunset dengan gemerlapnya cahaya di Kota Labuan Bajo.

3. Dermaga Putih

Dinamakan Dermaga Putih karena bangunan kayu berwarna putih dan menjorok ke tengah laut. Meski hanya terbuat dari kayu, dermaga ini sangat kokoh. Terdapat meja dan kursi di kedua sisi dermaga sehingga tidak salah jika lokasinya ini dijadikan sebagai tempat bersantai bersama teman dan keluarga.

Spot Sunset di Dermaga Putih, sumber ig genpi_labuanbajo
Spot Sunset di Dermaga Putih, sumber ig @genpi_labuanbajo

Selain melihat sunset Anda juga akan disuguhkan dengan keindahan lampu – lampu yang menyala di sepanjang dermaga dan akan mulai meredup bersamaan dengan sinar matahari di ufuk barat. Lokasi Dermaga Putih tidak jauh dari Bukit Cinta. Selain itu, aksesnya lebih dekat dari pelabuhan. Untuk bisa sampai ke bukit ini hanya dibutuhkan waktu 10 menit saja.

Dermaga Putih merupakan salah satu spot terbaik menikmati sunset. Itu alasannya mengapa spot ini ramai dikunjungi ketika menjelang senja. Ombak yang cukup tenang dengan beberapa kapal hilir mudik membelah perairan ditemani sinar jingga matahari dengan semburat kemerahan, tentu menjadi suasana yang sangat romantis dan damai di Labuan Bajo.

4. Kalong atau Pulau Koaba

Pulau Koaba atau juga dikenal dengan pulau kalong yang berlokasi tidak jauh dari Taman Nasional Komodo. Pulau Koaba merupakan habitat besar bagi para kelelawar raksasa atau disebut juga kalong yang menghuni deretan pohon eksotis di dalam pulau ini. Pulau ini terletak di kawasan Hutan Lindung Mbeliling Labuan Bajo.

Pulau Koaba, sumber ig fatappetiteforlife
Pulau Koaba, sumber ig @fatappetiteforlife

Menuju ke Pulau Koaba, Anda bisa menyewa kapal dari pelabuhan Labuan Bajo yang banyak tersedia. Sesampai di Pulau Koaba, Anda mesti membayar tiket masuk tetapi gratis kalau sudah berkunjung ke Pulau Padar, Pulau Rinca, atau Pulau Komodo. Dari Pulau ini Anda akan melihat indahnya sunset dengan latar belakang laut yang biru dan kicauan kelelawar yang akan mulai beraktivitas.

5. Ayana Komodo Resort

Siapa sangka di tebing yang terkenal gersang ini berdiri tegak sejajar dengan tebing sebuah hotel bintang lima. Anda akan terkagum – kagum dengan bangunan AYANA Komodo Resort. Biasanya lobi hotel berada di bagian bawah, kemudian kamar berada di atasnya. Justru di AYANA Komodo Resort, lobi hotel berada paling atas. Di lantai bawah terletak kamar – kamar dan fasilitas lainnya.

Sambil duduk di lobi, ditemani angin semilir, Anda akan menatap Pulau Kukusan di seberang hotel, birunya laut dengan kapal – kapal phinisi yang berlabuh, dermaga meliuk – liuk bagaikan naga, dan pulau-pulau lain sehingga semakin menambah kekaguman akan keindahan bahari Labuan Bajo. Saat Anda membuka pintu kamar, pemandangan laut yang indah langsung memanjakan mata. Apalagi saat matahari terbenam (sunset), ini kesempatan untuk melihat indahnya senja di bumi ujung barat pulau Flores.

Itu dia lima lokasi spot wisata sunset Labuan Bajo yang patut dikunjungi. Masih terdapat beberapa tempat lainnya yang juga tidak kalah menarik. Simak terus artikel wisata Labuan Bajo dan tunggu update terbarunya.