Labuan Bajo memang memberikan daya tarik tersendiri di hati para wisatawan. Keindahan obyek wisata gratis di Labuan Bajo mampu memikat wisatawan dari berbagai Daerah di Indonesia hingga mancanegara. Dibalik keindahan Labuan bajo sebagai destinasi wisata yang telah mendunia ternyata masih banyak wisatawan yang belum terlalu mengetahui akses menuju Labuan Bajo khususnya melalui Jalur Darat dan Laut.

Padahal jika wisatawan menggunakan alat transportasi laut atau darat untuk menuju ke Labuan Bajo akan mengeluarkan ongkos perjalanan yang lebih murah dibandingkan jalur udara. Selain itu, wisatawan juga bisa mampir untuk menikmati beberapa objek wisata lainnya saat perjalanan menuju ke Labuan Bajo.

Jalur Darat Menuju Labuan Bajo

Wisatawan lokal maupun mancanegara yang memiliki hobi traveling biasanya melakukan perjalanan wisata dan memilih akses menuju Labuan Bajo via darat dengan titik keberangkatan Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Sumbawa, dan Bima.

Bagi wisatawan yang titik keberangkatan mulai dari Surabaya dan Malang bisa mampir ke beberapa objek wisata yang berada di Bali, Lombok, Sumbawa dan Bima. Bus yang melayani untuk rute perjalanan Surabaya – Malang – Bali – Lombok – Sumbawa – Bima tersedia setiap hari.

1. Surabaya atau Malang ke Denpasar

Bagi wisatawan yang memulai titik keberangkatan dari Kota Surabaya atau Malang Jawa Timur, setiap hari terdapat Bus yang melayani rute ke Bali, Lombok, bahkan Sumbawa dan Bima.

Harga tiket dari Terminal Surabaya atau Malang menuju Denpasar Bali mulai dari Rp. 130.000 s/d Rp. 275.000 atau harga tiket tergantung dari kelas Bus. Sedangkan harga tiket yang langsung menuju ke Bima mulai dari Rp. 700.000 s/d 900.000 atau harga tiket tergantung dari kelas Bus.

Transportasi Menuju Labuan Bajo, sumber ig transfloresrental
Transportasi Labuan Bajo, sumber ig @transfloresrental

2. Denpasar Bali ke Lombok

Saat di Bali wisatawan bisa singgah satu hari atau lebih untuk mengunjungi objek wisata yang berada di Bali, kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Lombok. Dari Terminal Bali menuju Terminal Mataram Lombok, dengan harga tiket Rp. 225.000 s/d Rp. 250.000.

Biasanya Bus yang melayani rute ke Lombok yakni Bus kelas executive dan yang mempengaruhi harga tiket yakni weekday atau weekend. Sedangkan harga tiket yang langsung menuju ke Bima mulai dari Rp. 500.000 s/d 700.000 atau harga tiket tergantung dari kelas Bus.

3. Lombok ke Bima atau Sumbawa

Sama halnya seperti di Bali, jika wisatawan berminat ingin singgah terlebih dahulu dan menikmati objek wisata di Lombok tidak ada salahnya juga. Apalagi objek wisata di Lombok tidak kalah bagusnya dengan Bali bahkan banyak wisatawan lokal maupun mancangera yang bela-belain berwisata ke Bali dan Lombok agar mengetahui keindahan kedua Pulau tersebut.

Dari Terminal Mataram wisatawan dapat memilih jalur ke Terminal Sumbawa dengan harga tiket Rp. 100.000 s/d Rp. 150.000 atau ke Terminal Bima dengan harga tiket Rp. 150.000 s/d Rp. 200.000. Biasanya Bus yang melayani rute dari Lombok ke Sumbawa terdapat kelas ekonomi dan executive sedangkan ke Bima hanya terdapat kelas executive.

4. Bima Sumbawa ke Labuan Bajo

Tujuan akhir Bus besar dari berbagai kota di Pulau Jawa, Bali, dan Lombok adalah Terminal Dara Bima. Bagi wisatawan yang ingin singgah untuk menikmati keindahan objek wisata di Bima Pulau Sumbawa dapat memilih objek wisata sesuai keinginan. Sedangkan untuk menuju ke Labuan Bajo wisatawan harus terlebih dahulu menggunakan Bus kecil kelas ekonomi menuju ke Pelabuhan Sape dengan Harga Tiket Rp. 25.000.

Di Pelabuhan Sape dapat membeli tiket kapal ferry menuju ke Labuan Bajo dengan harga Rp. 60.000 perorang untuk Dewasa dan Rp. 40.000 perorang untuk anak-anak. Sambil menunggu penyeberangan alangkah baiknya wisatawan berkunjung ke beberapa objek wisata pantai yang berada tidak jauh dari Pelabuhan Sape.

Jalur Laut Menuju Labuan Bajo

Bagi wisatawan yang ingin biaya perjalanan lebih murah, memilih akses menuju Labuan Bajo bisa juga via jalur laut menuju Pelabuhan di Labuan Bajo dengan titik keberangkatan Surabaya, Bali, Lombok, Bima, dan Makassar. Kapal Pelni yang digunakan juga cukup banyak sesuai dengan waktu keberangkatan yang telah dijadwalkan.

Pelabuhan Labuan Bajo, sumber guidoabong.wordpress.com
Perjalanan Laut Labuan Bajo, sumber guidoabong.wordpress.com

1. Surabaya – Labuan Bajo

  • Kapal Pelni : KM Awu, KM Leuser, KM Niki Sejahtera, dan KM Lainnya
  • Rute : Tanjung Perak (Surabaya) – Pelabuhan Benoa (Denpasar) – Pelabuhan Lembar (Lombok) – Pelabuhan Asa Kota (Bima) – Pelabuhan Bajo (Labuan Bajo)
  • Jadwal : Tidak dibuka setiap hari melainkan ada jadwal tertentu dengan waktu pelayaran sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu. Jadwal keberangkatan kapal pelni dapat anda akses melalui pelni.co.id
  • Harga Tiket : Rp. 335.000 untuk Dewasa, Rp. 160.000 untuk anak-anak, dan Rp. 60.000 untuk Balita. Harga tiket kapal menyesuaikan titik keberangkatan wisatawan semakin dekat titik keberangkatan dengan Labuan Bajo maka semakin murah tiket kapal yang dibeli oleh wisatawan

2. Makassar – Labuan Bajo

  • Kapal Pelni : KM. Leuser KM Wilis, KM Binaiya, dan KM Tilongkabila
  • Rute : Pelabuhan Soekarno Hatta (Makassar) – Pelabuhan Asa Kota (Bima) – Pelabuhan Bajo (Labuan Bajo)
  • Jadwal : Tidak dibuka setiap hari melainkan ada jadwal tertentu dengan waktu pelayaran sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu. Jadwal keberangkatan kapal pelni dapat anda akses melalui pelni.co.id
  • Harga Tiket : Rp. 177.000 untuk Dewasa, Rp. 80.000 untuk anak-anak, dan Rp. 30.000 untuk Balita. Harga tiket kapal menyesuaikan titik keberangkatan wisatawan. Semakin dekat titik keberangkatan dengan Labuan Bajo maka semakin murah tiket kapal yang dibeli oleh wisatawan

Demikian beberapa informasi akses menuju Labuan Bajo. Harga bisa murah bergantung dengan pilihan berdasarkan variasi harga yang ada. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda. Simak juga artikel wisata Komodo di halaman ini.