Mengunjungi barisan pulau menawan di Labuan Bajo tidaklah sulit. Kini, banyak penerbangan yang bisa mengantar Anda ke kawasan eksotis ini. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Labuan Bajo, salah satu yang paling diburu para pengunjung adalah wisata alamnya.

Namun sayang, tingginya biaya membuat beberapa wisatawan lokal mengurungkan niat mereka untuk mengunjungi kawasan ini. Tetapi jangan salah, masih banyak objek wisata di sana yang bisa Anda kunjungi cuma-cuma alias gratis. Panoramanya pun nggak kalah menawan.

Destinasi Wisata Gratis di Labuan Bajo

Labuan Bajo memang destinasi wisata berkelas internasional. Pengunjungnya bisa datang dari berbagai negara. Meskipun begitu, terdapat destinasi wisata gratis yang bisa dikunjungi. Berikut ulasan lengkap destinasi gratis di Labuan Bajo dengan panorama menawan yang patut Anda kunjungi.

1. Pelabuhan Labuan Bajo

Pelabuhan di Labuan Bajo Flores, sumber ig seasia.co
Pelabuhan Labuan Bajo Flores, sumber ig @seasia.co

Bukan sembarang pelabuhan, melainkan tempat ini akan mengajak kamu melihat kapal-kapal yang bersandar dengan tenang. Dikelilingi gugusan daratan khas Flores menjadikan tempat ini sayang banget kalau kamu lewatkan gitu aja.

Saat malam tiba, kamu bakalan melihat pendar cahaya gemerlapan dari lampu yang terpancar. Disini, banyak anak muda daerah setempat yang menghabiskan malam mereka sambil bersenda gurau.

2. Dermaga Putih

Dermaga Putih merupakan tempat wisata kekinian yang berada di lepas pantai Labuan Bajo. Dermaga ini memiliki suasana serba putih yang cantik. Dermaga ini baru saja dibangun oleh salah satu operator perhotelan.

Senja di Dermaga Putih, sumber ig ang_arifin
Senja di Dermaga Putih, sumber ig @ang_arifin

Meski begitu, kalau Anda nggak menginap di sana, tetap bisa mengunjungi dermaga putih ini. Gratis! Jadi Anda bisa puas berfoto di lokasi ini. Berfotolah dengan nyaman, tapi jangan sesekali mengotori tempat itu dengan sampah.

3. Bukit Sylvia

Bukit ini berlokasi tak jauh dari Sylvia Resort. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan mobil atau motor dengan waktu lebih-kurang 20 menit dari Bandara Internasional Komodo ke arah Pantai Waecicu atau Pasar Wae Kesambi.

Di puncak Sylvia, Anda bisa menikmati pemandangan bukit-bukit setengah lingkaran berbaris seperti Bukit Telettubies. Juga panorama laut dan matahari tenggelam. Kata pendudul lokal, tempat ini merupakan miniaturnya Gili Lawa. Tak ada uang pungutan atau retribusi. Anda cukup memarkir kendaraan di tepi bukit, lalu trekkinglebih-kurang 10 menit untuk mencapai puncaknya.

Bukit Sylvia, sumber ig fadlun_arifin
Bukit Sylvia, sumber ig @fadlun_arifin

4. Bukit Cinta

Hampir sama dengan Bukiy Sylvia, Bukit Cinta menyajikan panorama gugusan bukit setengah lingkaran yang berbatasan langsung dengan laut. Pengunjung biasanya ramai datang saat sore hari untuk menyaksikan matahari tenggelam.

Bedanya, di bukit ini, ada satu pohon di puncaknya yang cukup ikonis. Pohon itu dijuluki pohon jomblo karena berdiri sendiri alias tak ada pohon lain di sekitarnya.

Untuk menuju Bukit Cinta, wisatawan bisa menempuh dengan berkendara lebih-kurang 15 menit. Dari Bandara Internasional Komodo, lokasinya tak terlampau jauh. Cukup menyusuri Jalan Soekarno Hatta, lalu belok ke Jalan Bukit Cinta.

Bukit Cinta Labuan Bajo, sumber ig fitrahramadhanmansur
Bukit Cinta Labuan Bajo, sumber ig @fitrahramadhanmansur

5. Pantai Pede

Pantai Pede merupakan salah satu pantai yang bisa dinikmati gratis di Labuan Bajo. Lokasinya berada di dekat Hotel Laprima. Waktu tempuhnya lebih-kurang 15 menit apabila Anda berkendara dari Bandara Internasional Komodo melalui Jalan Trans-Flores.

Pantai Pede memiliki pasir putih, air yang tenang, dan taman dihiasi pepohonan yang cukup luas. Tidak terdapat fasilitas umum seperti toilet, selter, atau sejenisnya. Pada hari libur, biasanya para nelayan setempat menyewakan kapalnya bagi wisatawan yang ingin mengelilingi pesisir pantai Labuan Bajo dan sekitarnya.

Pantai Pede, sumber ig kathygortova
Pantai Pede, sumber ig @kathygortova

Di sana wisatawan bisa menyaksikan pantai dan laut lepas. Biasanya pantai ini menjadi lokasi favorit orang-orang lokal untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Hanya sayang, pengelolaan sampah kurang tertangani sehingga di beberapa sisi pantai tampak tumpukan plastik.

6. Pulau Kelor

Pulau Kelor ini memiliki bibir pantai yang cukup landai dengan pasir putih dan bukit menjulang di tengah pulau yang menggoda untuk didaki.

Sebelum Anda menjejakan kaki di pulau kecil ini, Anda akan terpana dengan kejernihan air lautnya hingga Anda dapat menikmati pemandangan dasar laut dari atas kapal.

Untuk bisa sampai ke objek wisata ini, Anda harus menumpang kapal motor dengan waktu tempuh 40 menit. Biasanya pulau ini menjadi tempat terakhir atau justru yang pertama dalam kegiatan sailing Komodo.

Benteng Martello di Pulau Kelor, sumber ig grace.tanjo
Benteng Martello di Pulau Kelor, sumber ig @grace.tanjo

Di pulau ini, Anda bisa trekking ke atas bukit hingga snorkeling melihat keindahan alam bawah lautnya. Anda juga bisa membuka tenda di pulau ini. Menariknya, Anda nggak bakalan ditagih biaya retribusi masuk ke pulau. Cukup dengan menyewa kapal dari Labuan Bajo saja.

7. Festival Komodo

Kalau ingin melihat warga setempat menari tarian tradisional atau menyanyi datanglah saat kegiatan Festival Komodo berlangsung. Ciri khas orang Flores memiliki suara yang indah.

Biasanya kegiatan ini digelar di Gua Batu Cermin dan terbuka untuk umum. Gak perlu uang tiket masuk untuk menyaksikan festival komodo tersebut.

Festival Komodo, sumber ig dive_with_rian
Festival Komodo, sumber ig @dive_with_rian

8. Tempat Pelelangan Ikan

Kalau Anda ingin melihat biota bawah laut di daerah Bajo, cukup datang ke tempat pelelangan ikan. Datanglah pagi-pagi sekali agar bisa menikmati kesibukan orang-orang Flores menurunkan hasil tangkapan segar dari kapal.

Beragam jenis bisa Anda jumpai di sini. Mulai dari ikan kecil sampai yang berukuran besar hingga puluhan kilogram. Selain itu, lokasi ini menjadi tempat favorit fotografer karena banyak spot human interest yang bisa mereka bidik dengan lensa.

Pelelangan Ikan, sumber ig inderakodel12
Pelelangan Ikan, sumber ig @inderakodel12

Demikian ulasan mengenai destinasi gratis di Labuan Bajo dengan panorama yang tak kalah menawan yang patut Anda kunjungi. Berwisata di Labuan Bajo tidak selalu merogoh kocek yang dalam bukan? Anda tinggal menyiapkan budget untuk biaya perjalanannya saja, setelah itu Anda bisa menikmati pemandangan indah Labuan Bajo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.