Pelabuhan Tilong adalah salah satu dari beberapa pelabuhan yang terdapat di Labuan Bajo. Pelabuhan Tilong sebenarnya dibangun untuk melayani transportasi menuju daerah-daerah Labuan Bajo. Namun ternyata Pelabuhan Tilong juga bisa menjadi tempat singgah kapal wisata Labuan Bajo.

Kapal wisata adalah salah satu alternatif wisata di Labuan Bajo. Daerah yang terkenal dengan wisata baharinya ini memiliki banyak lokasi dan diakses melalui jalur laut. Seperti pulau-pulau kecil yang terdapat di Labuan Bajo.

Selain itu, kapal wisata juga dinikmati sebagai fasilitas wisata. Biasanya kapal wisata ada yang sekaligus bisa menjadi tempat bersantai bahkan menyediakan penginapan. Wajar saja jika Labuan Bajo disebut sebagai pariwisata yang menarik wisatawan asing. Karena paket wisata yang ditawarkan bisa menyamai selera wisatawan mancanegara.

Labuan Bajo benar-benar seperti Bali baru yang tak kalah dalam hal pemandangan alamnya. Banyak pulau yang cantik dan bersih tak akan menyesal jika telah mengunjunginya. Selain pemandangan yang bisa dinikmati, masih ada beberapa pelabuhan yang banyak wisatawan hilir mudik untuk datang maupun pulang dari Labuan Bajo.

Bukan hanya seputar Labuan Bajo. Keberadaan Pulau Komodo juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan mengunjungi pulau yang satu ini. Pulau Komodo biasanya menjadi satu paket dengan paket wisata Labuan Bajo.

Pelabuhan Tilong Labuan Bajo, sumber ig hennyafriani
Pelabuhan Tilong Labuan Bajo, sumber ig @hennyafriani

Ada Banyak Pelabuhan

Jenis-jenis dan fungsi pelabuhan di labuan Bajo mempunyai banyak ragam. Pelabuhan Marina sebagai singgahnya berbagai kapal pesiar yang ditumpangi oleh wisatawan. Pelabuhan marina dibangun di dua tempat dan dikhususkan untuk aktivitas wisata. Pelabuhan Peti Kemas yang semula di Labuan Bajo dipindahkan ke Beri supaya pelabuhan tertata rapi. Pelabuhan ini dikhususkan untuk aktivitas niaga bongkar pasang peti.

Sementara, yang akan dibahas kali ini adalah Pelabuhan Tilong yang difungsikan sebagai start bagi pengunjung dari mancanegara maupun domestik yang akan berkunjung menuju Makassar, Bima, Bali, Sumba, sekaligus yang hendak menikmati berkunjung ke pulau komodo dan menikmati daerah di Indonesia Timur lainnya.

Pelabuhan Tilong Labuan Bajo

Pelabuhan Tilong menjadi salah satu pelabuhan terbesar yang berada di Nusa Tenggara Timur. Disebut Pelabuhan Tilong karena di pelabuhan ini bersandar Kapal PELNI Tilongkabila yang melayani rute Labuan Bajo – Makasar dan juga rute sebaliknya. Sehingga Pelabuhan Tilong memang menjadi penghubung Labuan Bajo ke pulau-pulau maupun daerah lainnya di Indonesia yang berada di sekitar Labuan bajo.

Kini, pemerintah sedang mengerjakan proyek pembangunan pelabuhan di Labuan Bajo. Pembangunan ini direncanakan untuk meningkatkan pengunjung wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata dengan pemandangan alamnya yang benar-benar eksotis. Apalagi daerah yang dikelilingi pulau kecil bak crystal water yang menjadi daya tarik para pengunjung untuk melihatnya secara langsung.

Pelabuhan Tilong terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Pelabuhan ini dibangun untuk menjadi singgahan kapal yang menurunkan penumpang untuk menuju ke Labuan Bajo. Rute yang ditempuh untuk menuju ke destinasi wisata satu ke wisata lainnya disediakan transportasi untuk sampai tujuan obyek wisata.

Pelabuhan Marina maupun Tilong dimanfaatkan sebagai pelabuhan untuk bersinggah para kapal-kapal pesiar maupun yacht yang akan menurunkan beribu wisatawan. Kemudian, wisatawan bisa menggunakan kapal kecil menuju Labuan Bajo. Wisatawan via laut yang berkunjung ke NTT tak kalah banyaknya dari jalur lainnya.

Pelabuhan Tilong Labuan Bajo, sumber ig ntagitatanzielia
Pelabuhan Tilong Labuan Bajo, sumber ig @ntagitatanzielia

Fungsi Pelabuhan Tilong

Pelabuhan Tilong bukanlah satu-satunya pelabuhan yang ada di Labuan Bajo. Dermaga ini difungsikan sebagai pijakan para wisatawan yang akan menuju ke Kota Makassar, sumbawa, dan masih banyak kota lainnya. Jadi rencananya fungsi dari pelabuhan ini difokuskan untuk para wisatawan. Kenyamanan wisatawan memengaruhi tingkat intensitas pengunjung ke obyek wisata baru ini.

Jadi itulah sedikit penjelasan terkait pelabuhan Tilong yang ada di Labuan Bajo. Fungsinya tak jauh berbeda dengan pelabuhan marina. Dermaga yang dimanfaatkan untuk berlabuhnya kapal dan digunakan untuk aktivitas wisata.

Demikian artikel terkait Pelabuhan Tilong Labuan Bajo. Semoga bisa menambah referensi berliburan Anda di Labuan Bajo. Simak berbagai informasi wisata Labuan Bajo lainnya di halaman kami. Bagaimana? Penasaran dengan Labuan Bajo? Semoga Anda bisa mengunjunginy ya!