Alternatif perjalanan darat menuju Labuan Bajo adalah salah satu informasi yang dibutuhkan apabila ingin berwisata ke Labuan Bajo. Untuk itu, Anda bisa mencari tips perjalanan darat menuju Labuan Bajo di media-media yang ada, bertanya pada penduduk asli, bertanya kepada yang berpengalaman dan cara lainnya.

Labuan Bajo memang baru-baru dikenal sebagai salah satu lokasi wisata bahari di Indonesia. Berbeda dengan lokasi wisata lainnya di Indonesia yang cenderung padat, Labuan Bajo masih terbilang lega dan masih mempertahankan penduduk asli sebagai dominasi masyarakatnya. Sehingga kebudayaan asli penduduk setempat masih tampak.

Kota Labuan Bajo adalah pintu gerbang untuk memasuki Pulau Komodo. Obyek wisata tersebut sedang mengalami perkembangan pesat, berbagai fasilitasnya pun terus diperbaharui. Sehingga para pelancong menjadi semakin nyaman ketika berkunjung. Bagi para backpacker menjelajahi Labuan Bajo akan lebih terjangkau jika menggunakan perjalanan darat. Oleh karena itu inilah tips – tips melalui perjalanan darat.

Tips Perjalanan Darat Labuan Bajo

Labuan Bajo bisa dikunjungi dengan berbagai moda transportasi baik udara, laut maupun darat. Namun, untuk berwisata mengitari seluruh obyek wisata yang ada, ternyata tidak hanya bisa ditempuh dengan kapal wisata. Perjalanan darat Labuan Bajo juga sudah mumpuni bagi wisatawan untuk bisa menikmati berbagai tempat wisata di Labuan Bajo. Berikut beberapa tips perjalanan darat Labuan Bajo yang bisa Anda lakukan :

Perjalanan Darat Labuan Bajo, sumber ig ibash91
Perjalanan Darat Labuan Bajo, sumber ig @ibash91

1. Cari Informasi Sebanyak – Banyaknya

Kecanggihan teknologi komunikasi dan informasi menjadikan seseorang mudah sekali untuk mendapatkan kabar atau informasi lainnya. Terlebih lagi kemudahan itu dapat dilakukan hanya dengan sentuhan jemari. Oleh karena itu, apabila menginginkan berkunjung ke Labuan Bajo maka sebelum keberangkatan carilah informasi sebanyak – banyaknya mengenai tempat tersebut. Hanya dengan bermodalkan internet maka kita dapat mencarinya.

Setelah informasi yang didapatkan diperoleh, maka buatlah rancangan mengenai rute atau titik keberangkatan nantinya. Siapkanlah budget yang kira – kira harus dikeluarkan dan jangan lupa untuk bertanya kepada orang mengenai kebenaran informasi yang diperoleh. Jangan sampai tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

2. Pilihlah Titik Poin Pusat Keberangkatan

Titik poin pusat keberangkatan jika melalui Surabaya, maka pilihlah jalur perjalanan menggunakan Kereta Api. Untuk tujuannya silahkan pilih stasiun Gubeng menuju ke stasiun Banyuwangi, tarifnya berkisar 100 ribuan. Lantas, apabila telah sampai di Banyuwangi silahkan berjalan kaki menuju ke pelabuhan Ketapang Banyuwangi sekitar 5 menit. Setelah tiba, tinggallah naik bis dengan tujuan ke Bali yaitu terminal Ubung. Perihal harga tiket bis dari pelabuhan Ketapang ke terminal Ubung antara 35 hingga 60 ribuan. Durasi perjalanannya sekitar 3 jam perjalanan.

Kemudian saat sampai di terminal Ubung, naiklah bis lagi ke pelabuhan Padang Bai Bali, dengan biaya sekitar 45 ribuan dan lama perjalanannya sekitar 4 jam. Lalu, dari pelabuhan Padang Bai Bali harus menyeberang ke Pelabuhan Lembar Lombok. Tarifnya sekitar 45 hingga 50 ribuan dengan waktu tempuh 4 sampai 5 jam. Setelah sampai di Lembar , hal itu berarti bahwa Anda tinggal mencari jalan ke Pelabuhan Khayangan Lombok Timur dan melalui terminal Mandalika, Mataram. Total keseluruhan dari estimasi dana berkisar 310 ribu.

Wisata Keluarga di Labuan Bajo, sumber ig minichloelulu
Labuan Bajo, sumber ig @minichloelulu

3. Ajaklah Teman

Tips dalam melakukan perjalanan lainnya dapat dengan mengajak teman atau kawan Anda. Ketika perjalanan dilakukan bersama dengan kawan, akan terasa lebih menyenangkan. Terlebih lagi ketika mengunjungi tempat baru ke Labuan Bajo, tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan nantinya.

4. Persiapkanlah Perbekalan

Sebelum berangkat menuju ke Labuan Bajo maka persiapkanlah juga perbekalan yang akan dibawa. Jangan sampai ada yang tertinggal dan terlupakan. Gunakanlah list atau daftar barang yang akan dibawa. Prioritaskan yang penting dan perlu, jangan berlebih – lebihan. Bawalah obat – obatan pribadi juga.

5. Gunakan Jasa Paket Wisata Labuan Bajo

Tips yang terakhir ini hanya apabila para wisatawan terkendala yang ragu-ragu untuk melakukan perjalanan di Labuan Bajo. Jadi, apabila wisatawan tidak mendapatkan cukup informasi, tidak memiliki persiapan yang cukup serta kendala lainnya, cara praktisnya adalah menghubungi paket wisata Labuan Bajo.

Paket wisata Labuan Bajo bisa menangani trasportasi dan akomodasi selama berliburan di Labuan Bajo. Sehingga para wisatawan tinggal menikmati liburan dengan semaksimal mungkin. Hanya, perlu diperhatikan, menggunakan jasa paket wisata Labuan Bajo tentu saja membutuhkan biaya yang lebih dibandingkan dengan mengatur perjalanan wisata sendiri.

Itu dia beberapa tips perjalanan darat Labuan Bajo yang bisa dirangkum untuk Anda. Semoga bisa menjadi referensi wisata Anda bersama keluarga ya. Simak ulasan wisata Labuan Bajo lainnya mengenai Pelabuhan Tilong di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda.