Tips perjalanan laut Labuan Bajo menjadi dibutuhkan bagi para traveller yang jarang memilih transportasi laut. Karena memang lebih banyak tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata yang bisa ditemukan melewati jalur darat.

Perjalanan laut bisa dikatakan sebagai moda transportasi yang paling jarang dipilih. Karena apabila untuk perjalanan jauh antar daerah atau pulau, pilihan banyak pada transportasi udara. Sedangkan untuk jarak dekat hingga menengah banyak memilih transportasi darat. Namun, berbeda untuk Labuan Bajo. Perjalanan laut Labuan Bajo adalah pilihan yang lebih unggul dibandingkan dengan perjalanan darat Labuan Bajo.

Perjalanan laut menuju Labuan Bajo bisa memberikan kesan yang sangat memuaskan. Karena tempat-tempat eksotis di daerah wisata Labuan Bajo adalah pantai-pantai dan pulau-pulau yang ditempuh dengan perjalanan laut.

Menjelajahi pesona alam di Indonesia seakan tidak pernah ada habisnya. Salah satu tempat wisata yang dapat memanjakan mata setiap orang yang berkunjung adalah Labuan Bajo. Eksotika panorama di khatulistiwa dengan birunya laut dan hamparan permadani hijau pada gugusan pulaunya. Hal ini dapat dijumpai ketika melakukan perjalanan melalui jalur laut. Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa tips yang dapat dijadikan panduan Anda ke Labuan Bajo.

Tips Perjalanan Laut Labuan Bajo

Transportasi laut menjadi asing bagi sebagian orang. Karena banyak tujuan-tujuan yang biasanya bisa dijangkau melalui darat. Namun berbicara pariwisata, destinasi wisata bahari Indonesia adalah salah satu yang paling unggul. Maka, bagi para wisatawan yang ingin menuju daerah wisata bahari, perjalanan laut adalah salah satu yang harus dipertimbangkan.

Namun jangan khawatir, untuk area wisata Labuan Bajo, sudah terdapat fasilitas-fasilitas yang bisa dimanfaatkan bagi siapa saja yang ingin merasakan sensasi perjalanan laut Labuan Bajo. Fasilitas tersebut diantaranya kapal wisata dan paket tour Labuan Bajo. Sebelum itu, simak tips perjalanan laut Labuan Bajo berikut ini :

Perjalanan Laut Labuan Bajo, sumber ig lintang_sadono
Perjalanan Laut Labuan Bajo, sumber ig @lintang_sadono

1. Siapkanlah Budget

Pergi berwisata menuju ke Labuan Bajo banyak sekali destinasi wisata yang perlu Anda kunjungi dan untuk menuju ke sana nya pun harus membutuhkan biaya. Apabila menggunakan perjalanan laut dapat dilakukan dengan menaiki kapal. Untuk budget yang dikeluarkan sekitar 235 ribu rupiah dan untuk waktu tempuh sekitar 8 jam perjalanan.

2. Tetapkanlah Rute Perjalanan

Untuk perjalanan dapat menggunakan kapal pelni dengan rute Benoa – Ampenan – Bima – Labuan Bajo. Jadwal keberangkatan mulai dari pukul 9 dan dapat tiba di Labuan Bajo pada pukul 17. Agar mengetahui detailnya dapat Anda cek melalui agen jasa pemesanan tiket di pelabuhan atau melalui aplikasi online yang tersedia.

Rute lain yang dapat dilakukan yaitu melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Anda dapat menggunakan kapal Ferry. Kapal Ferry akan mengantarkan ke Pelabuhan Sape dan dilanjutkan menuju ke Labuan Bajo.

3. Persiapkanlah Obat – Obatan Pribadi

Ketika melakukan suatu perjalanan apapun dapat terjadi, khususnya terkait dengan kesehatan tubuh Anda. Sebaiknya sebelum keberangkatan bawalah obat – obatan pribadi. Jika tubuh terasa kurang enak badan dapat menggunakan obat tersebut. Apalagi ini perjalanan laut dimana Anda tidak akan dapat menemukan toko obat atau lainnya.

Kapal Wisata Labuan Bajo, sumber ig boatkomodotour
Kapal Wisata Labuan Bajo, sumber ig @boatkomodotour

4. Lebih Menyenangkan Jika Mengajak Keluarga atau Teman

Menikmati liburan sendirian akan terasa berbeda jika ada keluarga atau teman. Bersama dengan keluarga atau teman, perjalanan menjadi semakin menyenangkan. Ada tempat untuk saling berbagi dan bercerita saat melintasi sebuah tempat atau pemandangan yang menarik. Tujuan lainnya yakni dapat mendekatkan hubungan antara anggota keluarga atau pertemanan Anda.

5. Bawalah Kamera

Saat proses perjalanan pasti akan ada suatu momen yang perlu diabadikan. Agar dapat mengabadikannya Anda perlu membawa kamera ke sana. Mungkin hal – hal yang terlihat remeh dan kadang mudah terlupakan akan menjadi sangat berkesan ketika diabadikan dan dilihat kembali sesudah perjalanan.

Hal terbaik lainnya juga harus diabadikan terutama keindahan alam yang membentang. Sesudah diabadikan dapat pula dibagikan kepada orang lain, baik melalui blog atau media sosial yang Anda punya. Secara tidak langsung Anda dan teman – teman menjadi orang yang turut mempromosikan keindahan Labuan Bajo.

Itu dia beberapa tips perjalanan laut Labuan Bajo yang praktis dan mudah. Semoga bisa menjadi informasi bermanfaat dan referensi wisata Anda. Simak berbagai update terkait wisata Labuan Bajo di halaman lainnya yang ada di website ini.