Wisata bersama rombongan bisa memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan bersama keluarga atau sendiri. Bersama rombongan, banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Suasana bisa menjadi lebih hidup bahkan banyak permainan dan agenda yang bisa dirancang. Tetapi tentu saja tips wisata bersama rombongan akan diperlukan.

Tanpa tips wisata bersama rombongan tidak semua orang mampu membuat rencana perjalanan wisata dengan baik. Karena rombongan terdiri dari banyak orang, banyak karakter, banyak kebutuhan yang harus direncanakan dan ditanggung selama perjalanan.

Tips Wisata Bersama Rombongan

Jika Anda terbiasa berwisata sendiri atau bersama keluarga, Anda pasti sudah memahami betul bagaimana merencanakannya dengan baik. Kondisinya relatif lebih ringan dari sisi perencanaan dan resiko yang harus ditanggung. Nah, bagaimana dengan wisata bersama rombongan?

Karena komposisinya berbeda, bagi Anda yang belum bisa menggambarkan bagaimana situasi dan kondisi berwisata bersama rombongan, berikut tips wisata bersama rombongan untuk Anda :

1. Pilih ketua kelompok

Pergi bersama rombongan memang tidak sebebas dengan liburan sendiri. Ada kepentingan bersama yang harus dipikirkan dan menghargai pendapat tiap-tiap orang. Maka dari itu, peran ketua dalam perjalanan rombongan amat penting. Mulai dari mengkoordinir acara, mengawal tiap diskusi, sampai mengambil keputusan dari berbagai pendapat anggota.

Ketua kelompok juga seyogyanya adalah orang yang mengetahui situasi dan kondisi. Dalam hal ini, dia harus paham mengenai situasi dan kondisi wisata di Labuan Bajo. Jika tidak, maka bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang yang sudah berpengalaman mengenai wisata Labuan Bajo.

2. Musyawarah dalam membuat keputusan

Wisata Labuan Bajo, sumber ig numai_little_whitebear
Wisata Labuan Bajo, sumber ig @numai_little_whitebear

Karena kegiatan selama berlibur melibatkan kepentingan orang banyak, usahakan mengambil keputusan lewat musyawarah. Keputusan-keputusan penting seperti dalam menentukan jadwal keberangkatan, destinasi wisata yang ingin dituju, transportasi, penginapan sampai penentuan titik kumpul dan jam kumpul diusahakan agar dimusyawarahkan.

Musyawarah harus menghasilkan satu jalan tengah yang menyamankan semua anggota. Terlebih jika destinasi wisata yang dituju adalah Labuan Bajo dan itu jauh dari tempat asal, tentu musyawarah dalam kelompok amat sangat dibutuhkan.

3. Buat pembagian tugas

Agar setiap anggota merasa ikut andil dalam kegiatan liburan ini, buat pembagian tugas untuk masing-masing orang. Ada yang menjadi ketua, bendahara, mengurus transportasi, mengurus tiket masuk wisata, dan bagian-bagian lain yang dibutuhkan rombongan. Jika semua anggota berpartisipasi, kerja tim jadi lebih kompak dan liburan makin seru.

4. Buat acara hiburan rombongan

Yang diinginkan dari liburan secara rombongan adalah mendapatkan keseruannya. Untuk benar-benar mendapatkan keseruan dalam liburan rombongan, sebaiknya ditambahkan rangkaian acara yang mengakrabkan satu sama lain dalam rombongan. Momen liburan jangan sampai hanya diisi dengan aktivitas foto-foto sendiri, saling berpencar tanpa adanya kebersamaan.

5. Gunakan Jasa Paket Wisata

Rombongan Wisata, sumber ig komodoexploretour
Rombongan Wisata, sumber ig @komodoexploretour

Jasa paket wisata Labuan Bajo bisa memberikan beberapa kemudahan dalam berwisata. Banyak hal yang bisa didapatkan seperti akomodasi, transportasi, trip planning, kapal wisata dan paket lainnya. Tentu saja jasa ini bisa Anda manfaatkan. Terlebih rencana yang perlu dipersiapkan adalah untuk rombongan wisata. Jasa paket wisata tentu saja bisa lebih memahami situasi dan kondisi bahkan bisa mengetahui banyak alternatif.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perjalanan wisata bersama rombongan. Tips wisata bersama rombongan ini jika tidak terlepas dari situasi dan kondisi yang ada. Jika kondisinya berbeda, tentu perlu diteliti lebih jauh.

Wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah wisata bahari Indonesia yang belum lama ini terkenal. Meskipun terbilang baru, namun kualitas obyek-obyek wisatanya tidak kalah dibandingkan dengan daerah pariwisata lainnya di Indonesia. Buktinya, baru sebentar dikenal, sudah banyak wisatawan mancanegara yang berdatangan ke Labuan Bajo.

Fasilitas wisata di Labuan Bajo juga sudah terbilang memadai. Labuan Bajo bisa diakses melalui darat, udara dan laut. Begitu juga berbagai akomodasi penginapan juga sudah tersedia. Maka Labuan Bajo sudah menjadi salah satu daerah wisata terbaik di Indonesia.

Demikian tips wisata bersama rombongan untuk Anda di Labuan Bajo. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi wisata Anda. Simak artikel lainnya mengenai tips perjalanan laut di Labuan Bajo di halaman labuanbajotour.com.