Labuan Bajo memang memiliki banyak pelabuhan, mulai dari Pelabuhan Marina, pelabuhan Labuan Bajo (Peti Kemas) dan pelabuhan Tilong. Masing-masing pelabuhan memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga lebih rapi dan terstruktur. Rencananya pelabuhan peti kemas (kontainer) akan dipindahkan ke lokasi baru di wilayah Bari, arah utara Ibu Kota Manggarai Barat.

Meski dermaga peti kemas ini rencana akan dipindahkan, namun pelabuhan peti kemas Labuan Bajo menjadi salah satu jalur penting untuk menuju lokasi wisata bahari yang satu ini. Rencananya setelah dipindahkan, pelabuhan ini menjadi pelabuhan Labuan Bajo sebagai salah satu jalur masuk utama para wisatawan melalui jalur laut.

Saat ini Labuan Bajo memang tengah menjadi sorotan terutama sebagai daerah wisata bahari terkemuka di Indonesia. Meskipun Indonesia kaya dengan daya tarik wisata baharinya, namun Labuan Bajo menyajikan daya tarik pantai, laut dan pulau yang berbeda dengan daerah-daerah lainnya.

Dermaga peti kemas yang merupakan pelabuhan Labuan Bajo menjadi salah satu jalur transportasi wisata selain moda transportasi lainnya seperti udara dan darat. Nah, bagaimana informasi terkait jalur transportasi ini selengkapnya? Simak informasinya berikut ini.

Pelabuhan Peti Kemas Labuan Bajo, sumber kupang.tribunnews.com
Pelabuhan Peti Kemas Labuan Bajo, sumber kupang.tribunnews.com

Pelabuhan Labuan Bajo

Pelabuhan Labuan Bajo adalah salah satu pelabuhan terbesar yang berada di Labuan Bajo. Fungsi pelabuhan ini masih umum. Dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan yang menggunakan jalur laut seperti transportasi peti kemas, pelabuhan penumpang, juga pelabuhan pariwisata. Untuk kedepannya, pelabuhan Labuan Bajo akan dikhususkan untuk menjadi jalur pariwisata di Labuan Bajo.

Pelabuhan Peti Kemas di Labuan Bajo dimanfaatkan sebagai pelabuhan umum. kapal yang mengangkut kontainer maupun kapal pesiar untuk para wisatawan mancanegara bisa berlabuh di Pelabuhan Peti Kemas. Maka dari hal itu dinilai kurang efektif lagi dan dikhawatirkan akan mengalami disfungsi dari fungsi awalnya. Solusi yang bisa dilakukan dengan menambah pelabuhan lagi di wilayah Bari, sekitar 40-an Kilometer di arah utara Kota labuan Bajo.

Maksimal tahun depan pembangunan kontainer baru telah selesai digarap dan dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Apalagi baru-baru ini arus peti kemas di pelabuhan Labuan Bajo mengalami peningkatan yang signifikan sehingga pembangunan kontainer baru perlu dirancang untuk mengantisipasi arus yang padat.

Pemerintah saling bekerjasama untuk kelancaran pembangunan pelabuhan peti kemas. Pembangunan nantinya akan dipegang oleh Kementerian Perhubungan, sementara pemerintah Daerah menyiapkan lahan dermaga sekaligus infrastruktur. Jadi, setiap pelabuhan terfokus dengan fungsi masing-masing. Pelabuhan Labuan Bajo akan difungsikan sebagai aktivitas wisata dan persinggahan kapal bagi para penumpang.

Fungsi Pelabuhan Peti Kemas

Pelabuhan Peti Kemas Labuan Bajo, sumber kupang.tribunnews.com
Pelabuhan Peti Kemas Labuan Bajo, sumber kupang.tribunnews.com

Pembangunan dermaga baru ini dirancang untuk aktivitas niaga dan bongkar dan muat peti kemas. Pelabuhan khusus untuk peti-peti bisa lebih tertata dan akses lancar untuk para kapal yang akan singgah. Jadi pelabuhan tak adu rebut fungsinya dengan kapal para penumpang wisatawan mancanegara. Fungsi pelabuhan yang masih tercampur pastinya akan membuat wisatawan merasa tidak nyaman sehingga bisa menurunkan tingkat kunjungan turis ke destinasi wisata nasional.

Rencana pemindahan yang dilakukan oleh Pemerintah hal yang sudah tepat untuk dijalankan. pembangunan gencar dilakukan untuk kemajuan destinasi wisata Labuan Bajo. Kementerian Pariwisata setempat dan warga dari NTT juga bisa ikut serta untuk membangun kemajuan obyek wisata. Layanan dan fasilitas yang memudahkan para pengunjung untuk berkunjung ke sini.

Labuan Bajo memang mempunyai potensi tempat wisata yang unggul bagi Nasioanal. Apalgi dukungan dari berbagai pihak pemerintah dan masyarakat bisa meningkatkan turis berkunjung ke Pulau Komodo. Banyak tempat wisata yang masih alami nak eksotis dari hewan komodo sampai pulau dengan julukan crystal water-nya.

Jadi pemindahan pelabuhan Peti Kemas untuk menata dermaga khusus bongkar muat peti di daerah Bari sehingga pelabuhan Labuan Bajo bisa dioptimalkan untuk kapal penumpang dan singgahan kapal. Kenyamanan dan kerapian pelabuhan berpengaruh terhadap kedatangan wisatawan yang akan berkunjung ke Labuan Bajo. Pelabuhan dengan fungsi masing-masing tidak mengganggu aktivitas di dermaga lainnya.

Demikian beberapa informasi mengenai pelabuhan Labuan Bajo. Sebagai daerah wisata, Labuan Bajo menjadi salah satu kebanggaan Indonesia terutama dengan keberadaan pulau Komodo yang ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia. Simak berbagai ulasan wisata Labuan Bajo lainnya di halaman Labuan Bajo Tour.