Kapal wisata adalah salah satu fasilitas wisata yang memberikan sensasi berbeda. Kapal wisata berbeda dengan kapal transportasi yang berfungsi untuk memindahkan penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya. Kapal wisata berfungsi lebih kepada kepuasan dalam berkunjung ke suatu tempat.

Di atas kapal wisata, para wisatawan akan diberikan pelayanan dengan fasilitas yang ada. Misalnya tempat bersantai, tempat makan, tempat menginap yang semuanya disesuaikan dengan suasana laut, yaitu untuk menikmati suasana berlayar di tengah laut.

Bagi sebagian wisatawan, menikmati wisata dengan berada di atas kapal wisata adalah sesuatu yang baru. Namun, jangan khawatir, Anda hanya perlu bertanya atau menyimak berbagai informasi dan tips-tips untuk menikmati kapal wisata.

Cara Menikmati Labuan Bajo dengan Kapal

Kapal Wisata Labuan Bajo, sumber ig sailing_komodo_boat_charter
Kapal Wisata Labuan Bajo, sumber ig @sailing_komodo_boat_charter

Pelabuhan kecil dan cantik di ujung barat pulau Flores ada di Labuan Bajo. Dahulu sebelum dialihkan fungsinya sebagai pelabuhan pariwisata, Labuan Bajo merupakan pelabuhan biasa yang sering digunakan untuk mengangkut peti kemas.

Saat ini, Labuan Bajo telah berubah menjadi destinasi spektakuler yang didukung keindahan pulau – pulau kecil di sekelilingnya. Menikmati keindahan Labuan Bajo dapat dilakukan dengan menggunakan kapal wisata. Beragam kapal wisata di sana banyak ditawarkan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menikmati keindahan alam Labuan Bajo Menggunakan kapal wisata;

1. Memilih Kapal Mewah dengan Harga Terjangkau

Berwisata ke Labuan Bajo tak lengkap rasanya apabila tidak menaiki kapal wisata terbaru yang telah rilis di awal bulan Desember 2018 ini. Kapal wisata tersebut mulai beroperasi tanggal 12 Desember 2018. Untuk kapasitasnya dapat menampung hingga 80 penumpang. Kapal ini merupakan jenis Kapal Motor Penyeberangan Komodo (KMP) yang hadir sebagai alternatif untuk mengeksplorasi keindahan alam Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Sesuai dengan namanya KMP Komodo ini juga digunakan sebagai kapal penyeberang ke Pulau Komodo. Karena banyak sekali wisatawan dari dalam dan luar negeri yang ingin menyambangi situs warisan dunia UNESCO tersebut.

Di dalam kapal memiliki beberapa fasilitas, diantaranya adalah AC, toilet duduk, mushola, tempat duduk reclining seat dan layanan hiburan berupa televisi serta karaoke. Ditambah lagi dengan adanya area luvre yang berada di bagian atas dek kapal, para wisatawan dapat melihat panorama indah lautan Labuan Bajo dan pulau kecil di sekitarnya.

2. Pilih Spot Foto Terbaik

Atol Mangiatan, sumber labuanbajotour.com
Atol Mangiatan, sumber @labuanbajotour.com

Cara menikmati keindahan Labuan Bajo ketika di atas kapal dapat dilakukan dengan cara berfoto – foto. Mengambil foto pada momen terbaik tampaknya menjadi suatu hal yang wajib dilakukan bagi setiap orang. Selain momennya terabadikan, hal itu juga menjadikan keuntungan tersendiri bagi eksistensi keberadaan Labuan Bajo yang eksotis.

Melihat sunrise atau sunset di atas kapal dan memotretnya akan menjadikan kebahagiaan tersendiri bagi para wisatawan. Pesona surga dunia yang sungguh harus disyukuri oleh setiap manusia. Banyak spot foto di Labuan Bajo yang sayang untuk tidak diabadikan seperti Pantai Pink, Atol Mangiatan, Pulau Rinca dan spot-spot foto lainnya.

3. Membawa Pasangan atau Keluarga

Manusia adalah makhluk sosial, jadi keberadaannya sangat bergantung juga pada manusia lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bukan hanya soal materi tetapi juga mengenai kebutuhan sosial lainnya, seperti rasa aman, kasih sayang dan masih banyak lagi. Terkait dengan hal itu, tentu ketika berlibur ke Labuan Bajo akan lebih seru apabila membawa pasangan atau keluarga tercinta. Pasalnya mereka akan menghadirkan kebahagiaan tersendiri.

4. Makan Malam di Atas Kapal

Makan malam di atas kapal ternyata memiliki sensasi berbeda. Hal ini karena suasana laut dan gelombangnya. Ditambah lagi dengan angin sepoi – sepoi dan pemandangan laut ketika malam menjadi terasa begitu luas. Bintang malam dapat dilihat secara langsung di tempat terbuka, menjadikan makan malam begitu romantis.

Itu dia berbagai aktivitas yang bisa dilakukan ketika berwisata menggunakan kapal wisata di Labuan Bajo. Jika Anda berliburan di Labuan Bajo, beberapa pulau spot wisata memang hanya bisa diakses menggunakan kapal. Kapan lagi bisa berwisata menggunakan kapal wisata? Selamat menikmati aktivitas liburan Anda.