Pelabuhan Marina adalah salah satu akses untuk menuju Labuan Bajo. Obyek wisata bahari yang satu ini memang unik. Karena di sini terdapat wisata kapal Labuan Bajo yang tidak banyak terdapat di tempat-tempat lainnya. Kapal wisata ini sudah termasuk dalam paket wisata Labuan Bajo Tour yang bisa dipesan sebelum rencana keberangkatan Anda.

Kini Labuan Bajo masuk 10 besar destinasi wisata nasional. Banyak upaya pemerintah pariwisata yang mengerahkan perbaikan dan pembangunan untuk memudahkan akses para wisatawan. Apalagi di tahun 2018 ini Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu, mengutarakan bahwa Labuan Bajo akan memiliki dua pelabuhan marina.

Pelabuhan Marina pertama terletak di Labuan Bajo sendiri yang masih tahap pengerjaan pembangunan, sementara satunya lagi di daerah Kupang yang sudah dikeluarkan izin prinsipnya.

Dengan akses dan alternatif transportasi yang mudah dan banyak, diharapkan Labuan Bajo bisa terus berkembang maju. Sebab Labuan Bajo bukan hanya diminati oleh wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara-pun ramai mengunjungi obyek wisata ini.

Kapal Wisata Labuan Bajo, sumber ig boatkomodotour
Kapal Wisata Labuan Bajo, sumber ig @boatkomodotour

Pelabuhan Marina Labuan Bajo

Keberadaan Pulau Komodo, yang berada di sekitar Labuan Bajo sebenarnya sudah lama menjadi daya tarik pariwisata. Di sini terdapat hewan legendaris komodo yang terkenal karena spesiesnya tidak punah meskipun terdapat peristiwa meletusnya gunung krakatau pada masa lampau. Sehingga diyakini hewan ini berumur sangat tau dan menjadi salah satu warisan dunia.

Mengenai Labuan Bajo, biasanya dikunjungi bersamaan dengan kunjungan wisata komodo oleh para wisatawan. Namun, baru-baru ini, Labuan Bajo menjadi obyek wisata tersendiri dengan daya tarik bahari dan kapal wisatanya. Salah satu infrastuktur yang dibangun untuk mendukung wisata Labuan Bajo adalah Pelabuhan Marina.

Tahap pembangunan pelabuhan Marina didukung oleh permintaan para kapal pesiar Internasional yang menginginkan tempat pelabuhan khusus untuk tempat persinggahan maupun parkir kapal. Sebelumnya, kapal pesiar Internasional maupun yacht (kapal pesiar dengan ukuran kecil yang memiliki layar) kesusahan untuk memasuki kawasan Nusa Tenggara Timur karena tidak ada tempat untuk berlabuh sehingga biasanya kapal-kapal masih sering singgah di Benoa Bali.

Pemerintah dan Operator Kapal Pesiar telah menyepakati bahwa pembangunan pelabuhan Marina di Labuan Bajo supaya kapal-kapal pesiar yang memuat para wisatawan mancanegara bisa menepi dan berkunjung ke destinasi wisata Labuan Bajo.

Selain itu, sasaran utama lainnya yaitu pergerakan kapal pesiar yang selama ini masuk ke Australia nantinya juga bisa berlabuh dan singgah di Pulau Komodo. Semakin banyak wisatawan mancanegara yang datang ke sini pastinya akan menambah pendapatan setempat dan bisa mengenalkan ke negara lain bahwa Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang hampir punah.

Fungsi Pelabuhan Marina

Sewa Kapal Labuan Bajo, sumber ig rentalboatkomodo
Sewa Kapal Labuan Bajo, sumber ig @rentalboatkomodo

Rencana dari pembangunan dua pelabuhan marina bertujuan untuk menaikkan traffic pengunjung wisatawan mancanegara untuk datang ke bagian barat pulau Flores ini. Ribuan atau bahkan jutaan wisatawan mancanegara yang menumpang kapal pesiar bisa turun ke darat melalui dua pelabuhan marina yang kemudian menyebar ke tujuan destinasi masing-masing.

Selama ini, kapal pesiar hanya mampu melepaskan jangkarnya di tengah laut sehingga sedikit wisatawan yang ke darat dengan menggunakan kapal-kapal kecil. Maka itu optimalisasi pelabuhan ini ditujukan untuk pelabuhan khusus para wisatawan yang akan berkunjung ke Labuan Bajo. Jadi, pelabuhan tak terlalu rumit tercampur dengan aktivitas pelabuhan lainnya.

Pelabuhan marina yang sebelumnya juga gabungan dari pelabuhan peti kemas. Namun untuk mengoptimalkan akses dan kenyamanan wisatawan pelabuhan ini dibuat menjadi dua bagian. Wisatawan mancanegara yang menggunakan jalur laut bisa mudah sampai tujuan ke Labuan Bajo. Saat ini, permasalahan persinggahan kapal pesiar memang masih menjadi kendala namun kini pembangunan digencarkan untuk berkunjung ke destinasi wisata Labuan Bajo.

Jadi perencanaan pembangunan kedepannya pelabuhan Marina Labuan Bajo dirancang khusus untuk kapal pesiar yang ditumpangi oleh wisatawan mancanegara. Labuan Bajo dengan keindahan alam nan eksotisnya pasti mengundang banyak para wisatawan ingin berkunjung ke sini. Maka itu, di tahun berikutnya pembangunan sudah bisa beroperasi sehingga memudahkan akses para wisatawan untuk berliburan ke Labuan Bajo.

Demikian informasi terkait Pelabuhan Marina yang menjadi salah satu akses menuju Labuan Bajo. Simak ulasan obyek wisata Labuan Bajo air terjun Cunca Rami di halaman kami. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.