Seasick atau lebih dikenal dengan sebutan mabuk laut merupakan suatu kondisi di mana terjadinya kondisi tubuh tidak stabil. Hal ini ditandai dengan gejala pusing dan mual – mual. Kejadian ini tidak hanya ketika melakukan perjalanan jauh saja, tetapi saat perjalanan dekat pun bisa terjadi mabuk laut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan disajikan beberapa tips untuk menghindari mabuk laut.

Labuan Bajo adalah daerah wisata bahari di Indonesia. Obyek wisata ini berkisar antara pantai, laut, kapal, seafood dan obyek wisata alam. Sehingga tips menghindari mabuk laut bisa menjadi bahasan yang bermanfaat untuk Anda yang berwisata ke daerah yang satu ini. Paket tour labuan bajo juga menyediakan akomodasi kapal wisata untuk para pengunjung. Berikut ini akan diulasan mengenai tips menghindari mabuk laut yang bisa menjadi salah satu persiapan untuk mengunjungi obyek wisata yang satu ini.

Tips untuk Menghindari Mabuk Laut

Mabuk laut sebagaimana mabuk perjalanan bisa menjadi kendala ketika berwisata. Mabuk laut bisa membuat lemas dan tidak bersemangat untuk menikmati perjalanan wisata. Pastinya Anda tidak menginginkan keadaan ini. Bukan malah menikmati keindahan Labuan Bajo, Anda malah harus beristirahat di penginapan. Tetapi jangan khawatir, setiap permasalahan pasti ada solusinya. Berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari mabuk laut yang bisa Anda coba.

Ilustrasi Mabuk Laut, sumber ig chefenky

Ilustrasi Mabuk Laut, sumber ig @chefenky

1. Jangan Sampai Perut Kosong

Tips untuk menghindari mabuk laut yang pertamana adalah menyiapkan kondisi lambung. Sebelum bepergian menuju tempat destinasi pastikanlah perut Anda tidak kosong. Makan dan minumlah 30 menit hingga 1 jam sebelum berangkat . Apabila perjalanan relatif lama jangan lupa untuk membeli makanan untuk dikonsumsi di atas kapal. Ketika perut terisi maka secara otomatis tubuh akan stabil dan terhindar dari masuk angin yang biasanya menyebabkan mual dan pusing. Tapi saat mengonsumsinya perlu diperhatikan, jangan sampai terlalu kenyang sehingga perut penuh. Isilah sepertiganya saja untuk makan dan minum.

2. Siapkan Obat – obatan

Tips selanjutnya agar dapat terhindar dari mabuk laut adalah menyiapkan obat – obatan. Obat yang dibawa khususnya adalah obat anti mabuk laut. Minumlah obat ini 15 menit sebelum perjalanan dimulai. Jangan sampai obat yang Anda minum bersamaan di waktu perjalanan, tentu hal ini tidak akan memiliki dampak pada tubuh.

3. Pilih Tempat Duduk di Dek Luar

Sebagian besar kapal pasti memiliki bagian yakni dek kapal. Pada bagian dek sendiri terdiri atas dek AC dan dek luar. Dek luar biasanya terdapat pada bagian belakang dan atas kapal. Di sana juga terdapat kantin atau warung, yang dapat membuat Anda semakin menikmati pemandangan lautan. Jika mulai terasa mual cobalah untuk berjalan – jalan menyusuri kapal dan memesan kopi atau teh di kantinnya.

4. Melihat Pemandangan

Pesona indah lautan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apabila Anda duduk diam di atas kapal maka terkadang dapat mual dan pusing akibat gelombang laut yang ditimbulkan. Oleh karena itu arahkanlah pandangan ke langit atau kapal sambil berjalan – jalan menyusuri kapal. Mungkin dapat juga menemukan gugusan pulau cantik atau kapal lain yang melintas.

5. Menghindari Aroma Menyengat dan Tak Sedap

Dalam perjalanan laut tentu bukan hanya Anda saja penumpangnya, tetapi juga ratusan penumpang lain ikut di dalamnya. Oleh karena itu seringkali bau tak sedap pun tidak dapat terhindarkan oleh hidung. Sebaiknya bawalah masker sebagai alat penutup hidung, bau tak sedap sering kali menimbulkan mabuk laut. Atau dalam posisi duduknya perhatikanlah jangan sampai duduk di dekat mesin karena bau solarnya menyengat.

Ilustrasi Kapal Wisata, sumber ig trifonenko

Ilustrasi Kapal Wisata, sumber ig @trifonenko

6. Beristirahat

Tips untuk menghindari mabuk laut yang terakhir adalah beristirahat. Bisa jadi, Anda harus rehat sejenak karena telah melakukan berbagai hal di atas kapal. Tubuh yang lemah, mudah terpicu sakit, salah satunya dimulai dengan mabuk laut. Untuk itu, ketika terasa capek, sempatkan untuk tidur, sehingga stamina akan kembali.

Demikian beberapa tips untuk menghindari mabuk laut yang bisa Anda coba. Simak informasi wisata Labuan Bajo serta tips berwisata dan berliburan bersama labuanbajotour.com. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda, selamat menikmati perjalanan wisata Anda.