Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata untuk dikunjungi. Setiap destinasi wisata memiliki karakteristik masing-masing. Misalnya destinasi wisata yang berbiaya murah. Berkunjung ke destinasi wisata murah di Indonesia bisa menjadi alternatif bagi siapa saja yang ingin traveling dengan budget minim.

Traveling dengan budget minim menjadi prinsip sebagian orang. Karena berliburan harus menjadi momen untuk melepaskan stress, padahal, mengeluarkan budget yang berlebih malah membuat stress. Sehingga bagaimana caranya agar bisa tetap traveling dengan budget minim.

Hampir di setiap destinasi wisata di Indonesia sebenarnya bisa ditemukan cara untuk bisa menghemat budget. Meskipun berwisata ke destinasi bertaraf internasional seperti Labuan Bajo sekalipun, masih terdapat alternatif agar bisa tetap hemat.

Tips Traveling Hemat

Biasanya dikenal istilah koper dan ransel. Wisatawan yang menggunakan koper adalah yang tidak berpikir tentang berapa yang harus dikeluarkan selama tetap bisa menikmati liburan. Sedangkan wisatawan yang menggunakan ransel adalah yang selalu berpikir tentang alternatif untuk bisa tetap enjoy tetapi dengan biaya yang minim. Simak tips berikut ini.

1. Menentukan Destinasi Wisata

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan destinasi wisata yang hendak dikunjungi. Menentukan destinasi wisata membantu Anda untuk mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan. Anda bisa melihat darimana Anda berasal dan seberapa jauh tujuan Anda. Carilah destinasi wisata yang bisa ditempuh dengan perbandingan yang lebih murah dari biaya normal.

2. Menyesuaikan Budget

Setelah menentukan tujuan destinasi wisata, pastikanlah budget Anda mencukupi untuk membiayai agen traveling. Tidak perlu memaksakan kehendak, yang terpenting adalah keinginan untuk berlibur sejenak dapat terlaksana meski sederhana. Bersama agen traveling seperti paket wisata Labuan Bajo Tour, Anda tidak kerepotan mengunjungi berbagai lokasi.

Sebaliknya, tidak menggunakan jasa paket wisata, biasanya membuat kejadian yang tidak terduga. Seperti tidak berhasil menemukan lokasi padahal sudah mengeluarkan biaya transportasi, singgah di tempat makan yang ternyata harganya mahal dan berbagai hal tidak terduga lainnya. Menggunakan jasa paket wisata, Anda bisa memberitahu kondisi budget Anda. Sehingga pelayanan yang diberikan akan disesuaikan.

3. Liburan saat Low Season

Liburan saat Low Season maksudnya adalah liburan saat musim tidak liburan. Biasanya saat musim liburan seperti liburan akhir tahun dan hari-hari besar biaya akan melonjak naik. Hal tersebut terjadi dikarenakan banyak orang yang memanfaatkan momen tersebut untuk berlibur atau traveling bersama keluarganya.

Selain itu juga, banyak orang yang pulang kampung sehingga menyebabkan arus mudik yang begitu padat. Selain menghemat biaya, suasa liburan juga lebih terasa karena objek wisatanya relatif lebih sedikit.

Traveling di Pantai Pink Labuan Bajo, sumber ig rizkyibnuk
Traveling di Pantai Pink Labuan Bajo, sumber ig rizkyibnuk

4. Cari Promo dan Diskon

Tips yang tidak kalah penting untuk bisa traveling dengan budget minim adalah rutin mencari promo-promo. Tujuan dari mencari promo adalah untuk mendapatkan penawaran lebih murah sehingga bisa lebih menghemat dana. Untuk mencari promo Anda bisa mencarinya di internet, website resmi, dan sosial media.

5. Open Trip

Open Trip adalah paket wisata yang memungkinkan Anda untuk berbagi tempat dengan orang lain. Nantinya Anda akan digabungkan dengan traveler lainnya dalam satu perjalanan. Hal ini bisa menjadi opsi bagi Anda yang memiliki budget minim yang memiliki keinginan untuk bepergian.

Namun, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda ketika membeli paket wisata seperti memilih Agen Travel yang terpercaya agar terhindar dari penipuan. Dengan berkembangnya tran Open Trip, Banyak oknum-oknum tak bertanggung jawab yang meraup uang wisatawan dengan penawaran paket wisata murah.

6. Share Cost Trip

Tips ini akan berjalan jika Anda bepergian dengan beramai-ramai. Cari dan kumpulkan keluarga, teman-teman atau kerabat di sekitar Anda yang ingin berpergian bersama. Ini merupakan solusi liburan hemat dengan menggunakan sistem sharing alias berbagi.

Kumpulkan team traveling Anda sebelum bepergian untuk melakukan pembahasan terkait sistem sharing tersebut. Misalnya ingin liburan ke Pulau Seribu, maka bagilah biayanya. Sebagian membayar biaya penginapan dan sebagian yang lain membayar biaya konsumsi selama liburan.

7. Fokus Itinerary

Sebelum berangkat, ada baiknya Anda membuat itinerary alias rencana perjalanan. Jika Anda sudah memiliki itinerary, perjalanan pun akan lebih terarah dan juga memiliki estimasi budget. Dengan begitu, tidak akan ada waktu dan uang yang terbuang sia-siakan selama bepergian.

Ilustrasi Low Budget Traveller, sumber ig le_vagabon_aventurier
Ilustrasi Low Budget Traveller, sumber ig @le_vagabon_aventurier

8. Hemat dalam Makan

Selama traveling, rasanya ada yang kurang jika tidak menikmati makan-makan khas yang terdapat di daerah yang menjadi tujuan destinasi wisata. Oleh karena itu perlu diperhatikan juga terkait makanan, hindari untuk terlalu sering mengkonsumsi makanan secara berlebihan dan makan-makan mahal yang ada di restoran.

Namun, konsumsilah makan secukupnya saja dan bila perlu untuk menghemat dana, carilah referensi warung makanan lokal. Anda bisa bertanya ke security atau penduduk setempat.

9. Lupakan Oleh-oleh

Membawa oleh-oleh seakan-akan sudah menjadi budaya ketika seseorang bepergian. Karena saat berkunjung ke suatu destinasi wisata memang ditemukan berbagai hal termasuk barang atau aksesoris khas yang tidak ditemukan di tempat lainnya. Sehingga kita bisa terdorong untuk membeli dan membawa pulang oleh-oleh.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki budget minim, lupakanlah untuk niatan membawa oleh-oleh ketika hendak pulang dari bepergian. Mengapa? Karena fokusnya adalah menghilangkan stress, kembali ke alam menikmati panorama dan kembali dalam keadaan fresh untuk melanjutkan rutinitas kita.

Itu dia beberapa tips wisata dengan budget minim yang bisa Anda coba. Tentu saja masih banyak terdapat opsi lainnya yang juga bermanfaat. Semoga beberapa tips ini juga bisa membantu Anda. Simak berbagai informasi seputar spot wisata di Labuan Bajo di halaman ini.

Chat WhatsApp whatsapp