Mau liburan sambil menikmati keindahan bawah laut? Snorkeling aja. Snorkeling adalah jawaban untuk bisa menikmati keindahan bawah laut yang dangkal. Snorkeling menjadi kegiatan yang banyak diminati masyarakat saat ini terutama masyarakat Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki begitu banyak laut yang memiliki pemandangan yang indah. Sangat disayangkan apabila Anda tidak mencoba untuk bersnorkeling di lautan Indonesia.

Meskipun terdapat banyak jasa yang menyediakan paket snorkeling seperti jasa paket wisata, labuan bajo tour dan lainnya, tidak ada salahnya jika Anda juga mengetahui peralatan snorkeling meskipun Anda seorang pemula. Simak informasi berikut.

Peralatan Snorkeling

Kegiatan snorkeling bisa dilakukan oleh semua orang karena modal dasar yang dibutuhkan adalah menguasai teknik dasar berenang. Akan tetapi, untuk membantu Anda dalam menikmati setiap aktivitas dalam air, Anda membutuhkan peralatan dan informasi terkait tips snorkeling. Untuk itu, Kali ini kami akan memberikan ulasan terkait peralatan snorkeling bagi pemula yang harus dimiliki ketika hendak melakukan aktivitas Snorkeling, diantaranya:

1. Mask

Diantara banyaknya peralatan Snorkeling, Mungkin Masalah yang paling familiar diketahui oleh sebagian banyak orang. Karena kalau dilihat dari bentuknya saja sudah menggambarkan bahwa alat ini digunakan untuk keperluan aktivitas dalam air. Mask berfungsi sebagai alat untuk menutup sebagian wajah, khususnya daerah sekitar mata dan hidung.

Dengan menggunakan Mask, pandangan ke dalam laut akan terlihat lebih jelas. Anda dapat melihat dengan jelas keindahan bawah laut terdapat berbagai ikan-ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya.

Ketika anda memilih Mask, Pastikan Mask yang nyaman dan muat di wajah Anda. Mask kekecilan tentu akan membuat Anda tidak nyaman untuk menggunakannya. Sedangkan, Mask yang kebesaran membuat air dengan mudah untuk masuk melalui celah yang ada.

Ikan Pari Manta, sumber ig ramadianbachtiar
Ikan Pari Manta, sumber ig @ramadianbachtiar

Cara untuk memastikan Mask yang Anda pilih nyaman dan sesuai dengan wajah adalah menempelkan ke wajah tanpa mengaitkan strap pada kepala. Kemudian, sambil memegang Mask hiruplah udara melalui hidung lalu lepaskan tangan Anda. Jika Mask masih menempel pada wajah Anda tanpa dipegang, itu menandakan Mask tersebut pas untuk Anda.

2. Snorkel

Setelah Masuk, peralatan snorkeling selanjutnya yang tidak kalah penting adalah Snorkel. Snorkel biasanya menjadi satu paket dengan Mask. Alat ini sangat penting karena membantu penyelam agar tetap bisa bernafas dalam air tanpa harus mengangkat kepala sehingga dengan nyaman menikmati keindahan bawah laut. Snorkel berupa selang dan pelindung mulut. Snorkel terbuat dari silikon yang panjangnya sekitar 30 cm.

Agar nyaman dalam bernafas, Anda perlu memperhatikan beberapa bagian seperti diameter pipa serta ukuran tempat mulutnya. Pilihlah snorkel yang nyaman dan pas sesuai dengan Anda. Biasanya snorkel dengan diameter pipa berukuran 16 mm diperuntukan untuk anak-anak dan diameter pipa dengan ukuran 18 mm diperuntukan untuk dewasa.

Setelah mengecek diameter pipa, selanjutnya mengecek mouthpiece ( tempat mulutnya ). Pilihlah mouthpiece yang pas dengan ukuran mulut Anda agar nyaman saat digunakan. Mouthpiece dengan Ukuran kecil direkomendasikan untuk anak-anak dan wanita. Biasanya ukuran mouthpiece adalah sekitar 50 mm. Namun, untuk anak-anak dan wanita bisa menggunakan ukuran yang lebih kecil dari itu.

Snorkling dan Diving di Manta Point, sumber ig @saikyuu54
Snorkling dan Diving di Manta Point, sumber ig @saikyuu54

Jika mouthpiece ( tempat mulut ) terlalu besar untuk mulut, Anda akan cepat meleleh tentunya ketika menggunakan dalam jangka waktu yang lama. Sebaliknya, jika mouthpiece terlalu kecil, air akan mudah masuk melalui celah mulut.

3. Fin

Fin disebut juga kaki katak. Sebenarnya alat ini tidak wajib dikenakan saat snorkeling. Tapi bagai anda yang pemula, alat ini direkomendasikan untuk digunakan karena dengan memakai fin akan memberi kekuatan pada kaki penyelam sehingga ada daya dorong yang lebih kuat saat kamu berenang di laut.

Dengan alat ini penyelam bisa meningkatkan kemampuan mengayuh sampai 10 kali lebih besar jika dibandingkan dengan tidak menggunakannya. Terdapat dua jenis kaki katak, yaitu model kaki tertutup (full foot) dan tumit terbuka (open heels).

Tips memilih Fin

  • Bagi anda yang memilih tipe Full Foot, ada baiknya langsung menjajal langsung di toko dengan beberapa Fin agar mendapatkan ukuran yang sesuai dengan kaki anda
  • Pilih Fin yang tidak kendor dengan mempertimbangakan karet neoprene dari footpocket. Karet neoprene semakin lama digunakan akan mengalami kendur. Akan tetapi, jangan juga membeli yang terlalu ketat karena akan mengakibatkan kaki kram ketika digunakan waktu yang lama.
  • Apabila Anda menyelam di perairan yang hangat atau tropis pilihlah tipe Full Foot, sementara untuk perairan yang dingin gunakanlah Fin dengan tipe Open Heels karena memiliki booties yang berperan sebagai penghangat.
  • Apabila Anda menyelam di pinggir pantai pilihan terbaik jatuh ke tipe Open Heels karena dari tepi pantai kaki Anda membutuhkan perlindungan dari bebatuan. Kemudian Fin dapat Anda pasang saat memasuki permukaan air laut.

4. Pelampung

Sama dengan alat sebelumnya, pelampung bukanlah peralatan yang harus digunakan. Tetapi bagi pemula, pelampung bisa jadi alat yang harus digunakan. Pelampung berfungsi sebagai alat yang memberi daya apung selama dalam permukaan air.

5. Baju Renang

Selanjutnya adalah Baju Renang. Baju renang tidak kalah pentingnya dengan peralatan lainnya. Pada dasarnya menggunakan kaos biasa untuk snorkeling bisa saja. Akan tetapi, menggunakan baju renang akan memudahkan anda dalam bergerak di dalam permukaan air. Selain memudahkan Anda dalam bergerak di dalam air, menggunakan baju renang bisa berfungsi untuk mengurangi dinginnya atmosfer air laut yang mengenai tubuh.

Sebagai destinasi wisata bahari di Indonesia, Labuan Bajo memiliki spot snorkeling juga yaitu manta point. Di sini para wisatawan bisa melihat pemandangan bawah laut dan keindahan pari manta dengan bersnorkeling. Semoga informasi ini bermanfaat.

WhatsApp chat