Tips packing barang saat traveling menjadi salah satu informasi yang dicari bagi orang yang merencanakan untuk traveling ke luar daerah. Berwisata keluar daerah apalagi keluar negeri, tidak mungkin hanya membawa barang alakadarnya. Traveling ke luar negeri minimal membutuhkan berbagai dokumen administrasi serta perlengkapan seperti pakaian.

Barang bawaan bisa membutuhkan alokasi tempat dan biaya tersendiri. Apalagi jika ingin membawa oleh-oleh dari tempat wisata. Nah, bagaimana tips packing barang saat traveling untuk memudahkan perjalanan wisata? Simak tips wisata Pulau Komodo terkait packing barang berikut ini.

Tips Packing Barang Saat Traveling

Membahas terkait packing barang, saat packing pasti menjadi salah satu kendala bagi setiap traveler untuk menyusun barang yang akan dibawa. Apalagi, kalau liburannya berlangsung lama, sehingga barang yang dibawa mesti banyak juga.

Cara yang salah saat packing, bisa menimbulkan berbagai macam masalah, diantaranya akan mengalami kerepotan saat membawa banyak barang dan bisa saja harus merogoh kocek lebih karena kelebihan bagasi. Lantas harus bagaimana? Jangan khawatir, karena masalah tersebut bisa diatas. Simak ulasan yang kami tentang cara packing barang traveling berikut ini :

1. Memilih Tas yang Tepat

Menentukan tas yang akan Anda gunakan saat traveling adalah hal yang penting karena tas yang akan anda gunakan akan mempengaruhi kenyamanan selama perjalanan sampai ke tujuan destinasi wisata. Sebagai contoh, misalkan Anda mengunjungi berbagai tempat atau berpindah-pindah lokasi wisata, maka ada baiknya Anda menggunakan tas carrier karena mudah dibawa.

Selain itu, tas carrier memiliki kapasitas yang besar sehingga memungkinkan untuk membawa barang yang banyak. Namun, jika Anda hanya menetap di satu tempat saja dan hanya mengexplore destinasi wisata di sekitar penginapan, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan tas koper atau jenis lainnya.

Setelah memilih jenis tas yang cocok dengan tujuan destinasi wisata, Anda juga harus memahami bahan material tas yang akan Anda gunakan saat berpergian. Pastikan memilih bahan tas yang memiliki kualitas baik, kuat saat menyimpan barang bawaan, tahan air tentunya agar tidak terjadi rasa was-was atau khawatir saat berpergian karena barang basah terkena hujan.

2. Pilih Barang Bawaan yang Dibutuhkan

Jumlah barang bawaan tentu Akan mempengaruhi tingkat kesulitan Anda dalam melakukan proses packing. Semakin sedikit barang bawaan akan lebih mudah menatanya dan begitu sebaliknya. Pastikan dulu apakah Anda akan bepergian dalam waktu yang relatif sebentar atau lama.

Jika Anda bepergian dalam jangka waktu yang sebentar tentu proses packing tidak akan rumit. Namun sebaliknya, jika Anda bepergian dalam waktu yang lama tentu Anda akan membutuhkan barang bawaan yang banyak. Jika hal tersebut terjadi, maka anda akan membutuhkan ekstra waktu dan tenaga untuk melakukan packing. Bawalah barang betul-betul diperlukan saat bepergian.

Dokumen Administrasi Saat Traveling, sumber ig mycoffeewithmel
Dokumen Administrasi Saat Traveling, sumber ig @mycoffeewithmel

3. Membawa Barang dengan ukuran Kecil

Untuk membuat ruang penyimpanan efisien selam perjalanan, Anda hanya perlu membawa barang-barang yang berukuran kecil. Seperti shampo, cukup membawa versi botol kecil atau sachet. Begitu juga dengan barang lainya, usahakan membawa barang-barang dengan ukuran yang kecil.

4. Menggulung Pakaian Agar Hemat Tempat

Menggulung baju merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan ruang penyimpanan pada tas Anda. Menempatkan pakaian dengan cara menumpuk akan membuat barang lainnya tidak bisa masuk ke dalam tas. Ketika anda hendak menggulung baju, pastikan baju yang akan Anda gulung pakaian yang tidak mudah kusut.

5. Gunakan Travel Bag Organizer

Apabila Anda menginginkan ruang penyimpanan dalam tas Anda lebih rapi dan tertata tidak ada salahnya menggunakan Travel Bag Organizer atau yang disebut sebagai packing cube. Selain rapi dan tertata, menggunakan packing cube juga memudahkan Anda dalam mencari dan mengambil barang.

Biasanya, travel bag organizer dijual dalam beberapa bagian, sesuai dengan kelompok barangnya. Packing setiap barang sesuai dengan kelompoknya supaya barang tidak tercampur dan mudah untuk mengambilnya saat ingin dipakai.

6. Menyusun Barang sesuai Prioritas

Agar perjalan traveling nyaman, susunlah barang bawaan Anda sesuai dengan prioritas seberapa sering barang tersebut dibutuhkan. Misalkan seperti peralatan mandi tentu saja baru kita butuhkan saat sudah masuk ke dalam kamar penginapan. Berbeda dengan kamera,tisu yang akan lebih sering Anda butuhkan ketika sedang dalam perjalanan, atau bahkan barang-barang yang dibutuhkan secara mendadak seperti obat-obatan.

Ilustrasi Traveling, sumber ig hack.packing
Ilustrasi Traveling, sumber ig @hack.packing

7. Taruh Barang yang Mudah Pecah di Bagian Tengah Koper

JIka Anda membawa barang-barang yang mudah pecah, maka simpanlah barang-barang tersebut di bagian tengah koper. Namun jika hal tersebut dirasa belum cukup, tambahlah perlindungan dengan menyimpan terlebih dahulu barang-barang tersebut ke dalam tas kecil atau tempat khusus yang cukup tebal. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan tas yang tipis dengan terlebih dahulu dilapisi dengan koran.

8. Memanfaatkan Ruang Kosong

Carilah ruang kosong dalam ruang penyimpanan dalam tas Anda seperti sela-sela tumpukan Pakaian untuk menyelipkan barang-barang kecil. Manfaatkanlah ruang-ruang kosong dalam penyimpanan barang anda dengan sebaik-baiknya.

9. Berbagi Barang Bawaan

Cara ini hanya berlaku jika Anda bepergian dengan orang lain. Jika Anda merencanakan untuk bepergian dengan orang lain, luangkanlah waktu sebelum bepergian untuk mendiskusikan barang-barang apa saja yang bisa digunakan bersama-sama. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk mengefisienkan barang bawaan Anda.

Itu dia beberapa tips packing barang saat traveling untuk Anda. Semoga informasi ini bisa berguna dan memudahkan Anda. Simak ulasan wisata Labuan Bajo, tips liburan dan informasi menarik lainnya di halaman ini.

Chat WhatsApp whatsapp