Pernahkah Anda mengalami terjadinya perdebatan panjang saat menentukan destinasi wisata bersama teman traveling? Pernahkah saat berwisata Anda merasa tidak nyaman saat diatur-atur oleh teman Anda? Hal-hal tersebut tidak akan anda rasakan ketika melakukan perjalanan dan merasakan manfaat solo traveling.

Apabila Anda menginginkan kebebasan dalam menentukan destinasi wisata yang akan didatangi sudah seharusnya anda melakukan perjalanan solo atau solo traveling. Dengan melakukan Solo Traveling tentu perjalanan Anda akan lebih bebas dan fleksibel.

Selain perjalanan yang bebas dan fleksibel, Anda juga tidak perlu berdebat panjang dengan teman traveling untuk menentukan destinasi wisata mana yang akan dituju dan plusnya lagi Anda bisa mengunjungi banyak destinasi wisata.

Anda juga tidak perlu terpaku pada jadwal yang terkadang terlalu kaku. Secara Anda sendirian, Anda bisa pergi dan melakukan apa pun yang Anda mau tanpa harus memikirkan orang lain. Tidak ada perasaan tidak enak seperti melakukan traveling bersama group atau teman.

Manfaat Solo Traveling

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi terkait keuntungan yang akan Anda dapatkan saat solo traveling, simak ulasan berikut ini.

1. Bebas dalam Banyak Hal 

Solo Traveler, sumber ig detojan
Solo Traveler, sumber ig @detojan

Yups, Keuntungan yang pertama saat Anda Solo Traveling adalah Kebebasan dalam banyak Hal. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Anda bebas dalam menentukan destinasi wisata mana yang akan dikunjungi, berapa lama Anda akan mengunjungi destinasi wisata tersebut, dimana tempat Anda akan menginap, kendaraan apa yang akan digunakan, makanan apa, dan masih banyak hal yang bebas Anda atur sendiri.

Dalam perjalanan ini, Andalah yang menjadi boss. Bebas dalam menentukan kebijakan tanpa harus mempertimbangan kepentingan dan keperluan orang lain.

2. Berani 

Keuntungan yang akan Anda dapati selanjutnya adalah Keberanian. Bagaimana tidak, seorang yang melakukan perjalanan solo harus memberanikan dirinya untuk mengunjungi suatu daerah yang mana tidak diketahui kondisinya, survive dengan tempat baru dan orang-orang yang baru.

Selain itu, harus siap menanggung setiap konsekuensi yang diputuskannya. Jika Anda tidak memiliki keberanian yang cukup tentu sudah pasti perjalanan Anda tidak akan terwujud. Untuk itu, pantaslah orang-orang yang melakukan perjalanan solo  memiliki sifat yang pemberani.

3. Mandiri

Menjadi mandiri adalah hal yang otomatis Anda dapatkan saat menjadi seorang solo traveler. Anda pasti akan belajar untuk tidak bergantung dengan orang lain, melawan rasa malas, rasa takut, zona nyaman, dan lain sebagainya.

Coba bayangkan saja, mulai dari perencanaan destinasi wisata yang akan dituju, mencari kendaraan, mencari makan, mempersiapkan peralatan, dan mempersiapkan semua hal lain yang membantu perjalanan Anda. Maka tentulah dengan melewati proses tadi, Anda akan menjadi seorang yang mandiri.

4. Lebih Percaya Diri

Dengan melakukan perjalanan solo maka akan menumbuhkan rasa percaya diri padahal sebelumnya yang mungkin Anda adalah seorang yang kurang percaya diri. Bergantung pada setiap keputusan yang Anda miliki karena tidak ada orang yang Anda kenali bersama Anda.

Gili Laba, sumber : Go Trip Indonesia
Gili Laba, sumber : Go Trip Indonesia

Sehingga mau tidak mau, Anda akan dipaksa untuk percaya diri atas segala hal yang Anda lakukan. Seorang solo traveler akan mendapatkan banyak hal menarik yang bisa menjadikan pengalamannya bertambah.

5. Biaya yang Lebih Murah

Bagi Anda yang merasa kekurangan budget bisa mencoba untuk solo traveling di Labuan Bajo. Karena Ketika menjadi seorang solo traveler Anda akan sangat flexible dalam mencari jalan alternatif seperti transportasi, penginapan, dan makanan tanpa harus memperhatikan orang lain.

Sebagai contoh masalah penginapan, ketika bepergian Anda bisa menggunakan hostel sebagai alternatif tempat Anda menginap. Tentu fasilitas yang akan Akan dapatkan sesuai dengan budget yang Anda keluarkan.

Tetapi dengan menggunakan jalan alternatif tadi, Anda bisa menekan biaya yang dikeluarkan untuk menghemat budget perjalanan traveling.

6. Mendapatkan Teman Baru

Ketiak anda melakukan perjalanan solo, kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan banyak orang. Tak jarang pertemuan ini membuat sebagian orang akan mendapat teman baru selama perjalanannya. 

Solo Traveler, sumber ig manggarai.people
Solo Traveler, sumber ig @manggarai.people

Sebagai gambaran saja, banyak orang yang awalnya melakukan perjalanan seorang diri, kemudian bertemu dengan seseorang dan mengajaknya untuk ngobrol sehingga mendapatkan teman baru. Melakukan perjalanan sendirian belum tentu Anda akan kesepian karena biasanya solidaritas sesama traveler cukup kuat.

7. Pengalaman Banyak Pengalaman

Melakukan suatu perjalanan seperti mengunjungi suatu destinasi wisata. Tentu tidak hanya untuk menikmati pesona alam wisata tersebut saja tetapi untuk mendapatkan banyak pengalaman yang seru dan tak terlupakan. 

Pengalaman yang didapatkan tentu tidak selalu hal yang baik-baik saja, bahkan hal yang buruk sekalipun bisa menjadi sebuah pengalaman. Tentu terlepas dari baik dan buruknya, pengalaman akan  membuat Anda belajar banyak hal jika mau mengambil hikmah dari setiap kejadian.  

Dalam solo traveling Anda akan belajar banyak hal seperti keluar dari zona nyaman. Misalkan saja, Anda adalah orang yang tertutup, susah untuk membuka diri terhadap orang baru, tetapi suatu ketika anda tersesat dalam perjalan, Anda memberanikan diri untuk bertanya ke orang yang belum dikenal. Hal seperti inilah yang tidak Anda dapatkan ketika traveling bersama group.

Itu dia beberapa poin yang bisa dikatakan sebagai hal-hal positif yang didapatkan jika melakukan perjalanan solo traveling. hal-hal ini bisa membantu untuk menjadi pertimbangan Anda. tetapi tentu saja ada hal-hal yang bisa jadi lebih khusus sehingga melakukan traveling sendirian rasanya kurang cocok. Semuanya kembali kepada pribadi masing-masing.

Simak berbagai informasi terkait traveling, tips wisata Labuan Bajo dan review berbagai obyek wisata di Labuan Bajo bersama labuanbajotour.com. Jika terdapat saran, kritik dan pertanyaan, hubungi kami melalui halaman kontak.

WhatsApp chat