Banyak wisatawan yang penasaran dengan biaya wisata di Labuan Bajo. Karena baru-baru ini daerah wisata bahari ini terkenal dikunjungi oleh public figure dan para artis. Sehingga banyak yang melirik dan ingin mengunjungi lokasi yang berada di Indonesia bagian timur ini. Tempat ini paling dikenal dari Pulau Komodonya yang menjadi salah satu tempat yang melegenda di Dunia sebagai situs warisan versi UNESCO. Namun ternyata daerah ini bukan hanya dikenal dengan Pulau Komodonya saja, banyak tempat-tempat yang bisa di eksplor yang menarik bahkan hanya terdapat satu-satunya di lokasi ini.

Untuk mengunjungi tempat ini, tentu saja diperlukan informasi terkait pembiayaan untuk wisata di Labuan Bajo. Meskipun terkenal baru-baru ini, lokasinya masih belum ramai untuk menjadi tujuan. Tidak sebagaimana tujuan wisata lainnya di Indonesia lainnya seperti Jakarta, Yogyakarta, Bali dan Lombok. Karena itu informasi terkait biaya wisata di Labuan Bajo masih jarang diketahui termasuk tips wisata murah di Labuan Bajo.

Tips Wisata Murah di Labuan Bajo

Berwisata bisa menjadi mahal, namun apabila di manage dengan baik juga bisa menjadi terjangkau. Apalagi di Labuan Bajo. Daerah ini sebenarnya digadang-gadang menjadi destinasi wisata berkelas internasional yang terkadang pembiayaannya tidak ramah di kantong. Nah, coba deh simak tips wisata murah di Labuan Bajo berikut ini sebelum melihat berapa biaya wisata di Labuan Bajo.

1. Pilih Waktu Low Season

Liburan saat Low Season maksudnya adalah liburan saat musim tidak liburan. Biasanya saat musim liburan seperti liburan akhir tahun dan hari-hari besar biaya akan melonjak naik. Hal tersebut terjadi dikarenakan banyak orang yang memanfaatkan momen tersebut untuk berlibur atau traveling bersama keluarganya. Otomatis menurut hukum ekonomi, pembiayaan akan meningkat karena ramai peminatnya.

2. Berburu Promo dan Diskon

Tips yang tidak kalah penting untuk bisa traveling dengan budget minim adalah rutin mencari promo-promo. Tujuan dari mencari promo adalah untuk mendapatkan penawaran lebih murah sehingga bisa lebih menghemat dana. Untuk mencari promo Anda bisa mencarinya di internet, website resmi, dan sosial media.

Solo Traveler, sumber ig manggarai.people
Solo Traveler, sumber ig @manggarai.people

3. Coba Share Cost Trip

Tips ini akan berjalan jika Anda bepergian dengan beramai-ramai. Cari dan kumpulkan keluarga, teman-teman atau kerabat di sekitar Anda yang ingin berpergian bersama. Ini merupakan solusi liburan hemat dengan menggunakan sistem sharing alias berbagi.

Kumpulkan team traveling Anda sebelum bepergian untuk melakukan pembahasan terkait sistem sharing tersebut. Misalnya ingin liburan ke Pulau Komodo, maka bagilah biayanya. Sebagian membayar biaya penginapan dan sebagian yang lain membayar biaya konsumsi selama liburan.

4. Tidak Perlu Bawa Oleh-oleh

Membawa oleh-oleh seakan-akan sudah menjadi budaya ketika seseorang bepergian. Karena saat berkunjung ke suatu destinasi wisata memang ditemukan berbagai hal termasuk barang atau aksesoris khas yang tidak ditemukan di tempat lainnya. Sehingga kita bisa terdorong untuk membeli dan membawa pulang oleh-oleh.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki budget minim, lupakanlah untuk niatan membawa oleh-oleh ketika hendak pulang dari bepergian. Mengapa? Karena fokusnya adalah menghilangkan stress, kembali ke alam menikmati panorama dan kembali dalam keadaan fresh untuk melanjutkan rutinitas kita.

Biaya Wisata di Labuan Bajo

Tim redaksi Labuan Bajo Tour mencoba mencari data-data pembiayaan selama wisata di Pulau ini berdasarkan kebutuhan wisatawan pada umumnya. Sehingga tidak semua biaya dimuat apabila terdapat kebutuhan tersendiri. Berikut beberapa informasinya.

1. Biaya Penginapan

Harga penginapan hostel di Labuan berkisar di antara Rp 150.000,-.  Ketika Anda liburan ke sana dan mendapati tidak banyak wisatawan yang datang bahkan sepi, Ada yang bersama teman atau rombongan dapat melakukan nego atau tawar menawar harga yang diberikan dengan pemilik tempat anda menginap untuk mendapatkan harga yang lebih murah lagi atau menawar untuk diskon.

Namun ini hanya biaya hostel. Biasanya terdapat alternatif seperti penginapan murah atau resort di Labuan Bajo yang mewah. Semua tergantung kebutuhan Anda saat mengunjungi tempat ini berdasarkan persiapan biaya yang Anda miliki.

Pelabuhan di Labuan Bajo, sumber ig vix_photoview
Transportasi Kapal di Labuan Bajo, sumber ig @vix_photoview

2. Transportasi

Motor yang Anda sewa akan sangat berguna untuk akomodasi perjalanan anda ketika liburan ke Labuan Bajo. Anda tidak akan sering menjumpai transportasi umum, karena jumlahnya belum banyak. Anda dapat memanfaatkan motor tadi untuk berkeliling di sekitar Labuan Bajo. Harga sewa untuk satu motor  sekitar Rp 50.000,-  tiap harinya. Harganya akan lebih mahal saat musim libur.

Sebenarnya akan ada pilihan biaya lain seperti biaya sewa kapal bagi yang menginginkan untuk memilih alternative tersebut. Karena terdapat beberapa spot wisata yang hanya bisa dikunjungi menggunakan kapal. Karena lokasinya berada di perairan. Untuk biaya sewa kapal, Biaya menyewa kapal klotok atau kapal bemo ini adalah biaya tertinggi yang dikeluarkan, semakin ramai Anda datang ke Labuan Bajo, hitungan biaya menyewa kapal klotok ini tentunya akan lebih murah.

Harga paling murah dapat Anda dapatkan dengan berkunjung secara langsung pelabuhan kapal wisata yang ada di sana. Anda dapat menawar harganya. Sewa tiap harinya adalah Rp 2 juta. Tarif tiap harinya sebesar 2 juta rupiah akan terasa ringan jika Anda menyewa dengan jumlah 8 orang termasuk Anda misalnya. Maka tiap orang akan membayar sebesar Rp 250.000,-. Harganya memang akan lebih hemat jika Anda bersama rombongan dibandingkan jika Anda sendirian. Ajaklah kawan untuk menekan harga sewa, semakin banyak jumlahnya akan semakin baik.

3. Biaya makan

Jumlah biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan makan, jumlahnya akan berbeda sesuai dengan tempat yang Anda singgahi. Untuk menghemat biaya pengeluaran, Anda disarankan untuk makan di warung makan milik masyarakat lokal daripada di restoran. Harga makanan rata-rata sekitar Rp 15.000,- hingga Rp 35.000,- untuk satu kali makan.

Itu dia beberapa biaya yang dibutuhkan saat berwisata di Labuan Bajo. Karena setiap berwisata, kisaran kebutuhannya selalu seputar penginapan, transportasi dan makan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

WhatsApp chat