Labuan Bajo merupakan ibu kota dari Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Labuan bajo terletak tepatnya di ujung barat Pulau Flores. Pemandangan indah di ibu kota Manggarai Barat ini sangat menakjubkan. Saat ini Labuan Bajo sudah banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Berikut ini rekomendasi beberapa tempat pulau wisata di Labuan Bajo yang dapat dikunjungi saat tour Labuan Bajo.

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah pulau tempat hidupnya hewan komodo, jumlah Komodo yang hidup pada saat ini mencapai 2500 ekor. Pulau Komodo merupakan pulau yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan Labuan Bajo terletak berada di dalam Pulau Komodo. Selain terdapatnya hewan Komodo, Pulau Komodo ini menawarkan eksotisme keindahan alam disekitar pulau Komodo.

Pulau Wisata Komodo, sumber ig wisatabook
Pulau Komodo, sumber ig @wisatabook

Beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan saat berlibur ke Pulau Komodo diantaranya yaitu melihat komodo secara langsung, bermain air di laut, snorkeling dan diving. Selain itu kita juga dapat mengelilingi pulau komodo dan mengunjungi pulau-pulau kecil lainnya.

2. Pulau Rinca

Pulau Rinca merupakan salah satu gugusan pulau yang terletak di kepulauan komodo. Selain di pulau komodo rupanya hewan komodo juga hidup di pulau yang satu ini, meskipun luas pulau rinca tidak seluas pulau komodo akan tetapi komodo yang hidup di pulau rinca berkisar 1500 ekor. Pulau rinca memiliki jarak lebih dekat dari Labuan Bajo.

Pulau ini memiliki Gunung Ora dengan ketinggian 670 mdpl, Ketika anda berkunjung ke sini, Anda akan bisa melihat panorama sekeliling Pulau Flores dengan sangat indah. Selain komodo terdapat hewan lainnya yang hidup di pulau wisata di Labuan Bajo ini seperti kerbau, burung dan babi liar.

Pulau Wisata Rinca, sumber ig traveloka
Pulau Rinca, sumber ig @traveloka

Akses untuk menuju Pulau Rinca yaitu jika dari Labuan Bajo maka Anda dapat menyewa kapal yang telah disediakan. Perjalanan menuju Pulau Rinca membutuhkan waktu 2 jam dari Labuan Bajo. Harga tiket masuk Pulau Rinca adalah Rp.25.000/orang. Beberapa fasilitas yang telah tersedia di Pulau Rinca adalah homestay yang berada di sekitar lokasi penjagaan, warung makan dan toilet.

3. Pulau Padar

Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di Kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Berbeda halnya dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca, di Pulau Padar ini kita tidak dapat menemukan binatang komodo. Pulau dengan pemandangan yang sangat menakjubkan ini terletak tidak jauh dari Pulau Rinca.

Pulau Padar dan Pulau Rinca hanya dipisahkan dengan Selat Lintah. Selat Lintah sendiri memiliki arus yang sangat kencang. Oleh karena itu, Anda harus pergi menggunakan sewa kapal atau speedboat untuk bisa mencapai Pulau Padar dari Labuan Bajo. Perjalanan menuju Pulau Rinca membutuhkan waktu 3 jam dari Labuan Bajo menuju tempat ini.

Pulau Wisata Padar, sumber ig baraqbah22
Pulau Padar, sumber ig @baraqbah22

Untuk melakukan kunjungan wisata ke Pulau wisata Labuan Bajo ini, Anda harus mempersiapkan tenaga dan persiapan fisik yang ekstra. Selain itu, Anda yang akan berkunjung ke Pulau Padar disarankan untuk menggunakan sepatu karena medan yang akan dilewati adalah jalan yang menanjak dan licin untuk bisa sampai ke Puncak.

4. Gili Laba

Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur memiliki tiga pulau besar seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Disamping itu juga terdapat pulau-pulau kecil yang tak kalah indah. Gili Laba salah satunya. Jika anda mengunjungi labuan bajo jangan lewatkan untuk mengunjungi Gili Laba karena keindahan alam yang sangat mempesona.

Gili Laba menawarkan pemandangan hamparan laut yang sangat cantik dari atas bukit, air laut warna biru jernih dengan pasir-pasir putih yang membentang sejauh mata memandang. Saat musim penghujan warna-warna pepohonan di sekitar bukit berwarna hijau dan saat kemarau warna pepohonan berwarna kuning.

Pulau Wisata Gili Laba, sumber : Go Trip Indonesia
Gili Laba, sumber : Go Trip Indonesia

Untuk sampai menuju bukit yang ada di Gili Laba anda harus menyiapkan tenaga yang ekstra untuk mendaki karena medan yang akan dilalui adalah tanjakan. Jalur pendakian untuk menuju puncak bisa diakses melalui jalur manapun karena tidak ada titik point khusus pendaki. Meskipun membutuhkan tenaga ekstra tapi ketika sampai ke puncak Gili Laba semua akan terbayar oleh pemandangan keindahan alam kepulauan komodo yang mempesona.

Jika tidak ingin mendaki ke puncak anda juga dapat bermain air, berjemur dan snorkeling. Rute perjalanan menuju gili laba jika dari pulau komodo dibutuhkan waktu sekitar 1 jam, namun jika kamu dari labuan bajo maka membutuhkan waktu cukup lama yaitu sekitar 4 jam.

5. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa, pulau kecil dengan alam yang eksotis merupakan salah satu destinasi pariwisata favorit di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau Kanawa berjarak kurang lebih 15 Kilometer dari Labuan Bajo, Ibu Kota Manggarai Barat. Pulau ini juga juga sering disebut sebagai pintu gerbang pulau komodo, karena semua kapal yang menuju ke pulau Komodo pasti melewati pulau ini.

Pulau Kanawa memiliki luas 32 hektar menyajikan pemandangan alam dan kehidupan bawah laut yang sangat mempesona sehingga terlihat seperti pulau pribadi. Pantai dengan pasir putih dan halus, air laut biru yang jernih memungkinkan Anda untuk menikmati ekosistem laut yang beragam seperti terumbu karang dan aneka jenis ikan, dan bukit kecil dengan rerumputan berwarna coklat membuat siapapun yang melihatnya akan sangat jatuh cinta.

Pulau Wisata Kanawa, sumber ig @janganlupajalan
Pulau Kanawa, sumber ig @janganlupajalan

Pulau wisata di Labuan Bajo ini sangat cocok untuk bersantai , berjemur, dan berenang di Pantai. Jika Anda ingin menenangkan diri dari rutinitas yang padat tempat ini sangat direkomendasikan. Selain itu, pulau ini menawarkan spot yang bagus untuk snorkeling dan diving. Karena pemandangan bawah laut di Flores ini sungguh sangat memikat. Ikan yang berwarna-warni dan terumbu karang yang menjadi rumah bagi para ikan juga indah dipandang.

Tidak hanya bermain dengan air, di tempat ini juga anda bisa melakukan aktivitas trekking ke bukit kecil sambil menikmati sunrise atau sunset . Dari atas bukit sanalah anda akan mampu melihat dengan jelas Pulau Kanawa yang begitu indah nan mempesona. Selain itu akan ada banyak spot photo yang ditemukan di atas bukit tersebut. Puncak bukit ini juga menjadi tempat favorit wisatawan yang datang untuk menikmati sunset.