Selain menikmati indahnya panorama Labuan Bajo yang tak terbantahkan, pergi wisata tentunya belum lengkap tanpa membeli oleh-oleh. Selain foto-foto pemandangan alam, Labuan Bajo juga punya aneka oleh-oleh makanan khas yang bisa dijadikan buah tangan.

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang hits beberapa tahun terakhir. Labuan Bajo merupakan sebuah pelabuhan kecil yang cantik di ujung paling barat pulau Flores dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo dan pulau Flores lainnya.

Oleh-oleh Makanan Khas Labuan Bajo

Nah, bagi Anda yang sedang berkunjung ke Labuan Bajo atau punya rencana untuk wisata ke sana, tidak ada salahnya mengetahui oleh-oleh makanan apa saja yang patut dibawa pulang. Berikut ini kami berikan ulasan terkait 5 Oleh-oleh makanan khas Labuan Bajo yang wajib kamu beli, diantaranya adalah :

Roti Kompiang, sumber ig koh_aming
Roti Kompiang, sumber ig @koh_aming

1. Roti Kompiang

Kompiang sendiri merupakan roti olahan dari tepung terigu dan memiliki tekstur yang cenderung keras. Di bagian atas roti ini diberi taburan wijen yang menambah ciri khas aromanya. Warna coklat dari roti kompiang diperoleh dari proses pembakaran di atas bara atau di oven. Makanan ini paling pas disantap bersama secangkir kopi hitam khas flores dari daerah Labuan Bajo . Anda bisa menikmati kompiang sembari memandang keindahan alam Labuan Bajo.

Roti kompiang sendiri memang bukan makanan khas dari Manggarai, namun roti berbentuk oval ini sendiri seperti sudah menjadi ciri khas tersendiri sebagai buah tangan dari daerah Manggarai khusuusnya Labuan Bajo.

Untuk membeli Kompiang tidaklah sulit karena bisa ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh atau pasar tradisional dan salah satunya yaitu Toko Roti & Kue Theresa di pertigaaan Pede-Labuan Bajo. Di sana, pengunjung dapat memilih berbagai kompiang sesuai selera. Harganya tergolong murah hanya Rp. 1.000/biji. Daerah lainnya yang bisa dikunjungi untuk membeli Roti Kompiang adalah jalan Wae Mata.

2. Jintan

Kue Jintan Kering, sumber : Resep Kue
Kue Jintan Kering, sumber : Resep Kue

Kalau melihat namanya, anda pasti teringat bumbu dapur bukan? Jintan disini bukan merujuk pada bumbu dapur, melainkan makanan ringan berupa roti kering khas Labuan Bajo. Kue Jintan terbuat dari bahan-bahan berupa adonan tepung, mentega, gula pasir, jintan, dan telur. Masyarakat Labuan Bajo biasanya menyantap makanan ringan ini di waktu santai.

Anda bisa menemukan kue jintan secara mudah di Labuan Bajo. Alasannya karena tidak lain kue ini banyak dijual di banyak toko oleh-oleh setempat. Kue Jintan ini biasanya dibanderol dengan harga Rp. 10.000/bungkus.

Jajanan ini sebenarnya berasal dari penduduk suku Bugis. Kemudian, seiring berjalannya waktu, kue jintan kian populer hingga akhirnya diminati masyarakat Labuan Bajo. Daya tarik jajanan ini terletak pada teksturnya yang renyah serta rasanya yang manis.

3. Banana Cake

Banana Cake Khas Labuan Bajo, sumber : Gramho.com
Banana Cake Khas Labuan Bajo, sumber : Gramho.com

Banana Cake adalah Kue Pisang jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia. Banana Cake sendiri terbuat dari bahan dasar pisang, kayu manis, gula merah serta kenari. Banana Cake memang bisa ditemui dimanapun tetapi khas Labuan Bajo ini memiliki cita rasa yang berbeda itu dikarenakan seluruh bahan yang digunakan untuk pembuatan kue berasal dari Manggarai.

4. Camilan Rebok

Camilan Rebok adalah salah satu makanan khas tradisional orang Manggarai yang mendiami wilayah bagian barat dari pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Camilan Rebok sendiri berbentuk bubuk yang terbuat dari olahan tepung beras dan kelapa parut. Camilan dari tepung, memang agak aneh kedengarannya. Tapi camilan ini buat masyarakat Flores, Nusa Tenggara Timur adalah hal yang biasa.

Rebok merupakan salah satu kuliner khas Labuan Bajo yang diperuntukan sebagai camilan. Makanan tradisional ini disuguhkan kepada tamu jika ada acara adat atau penyambutan tamu yang berkunjung ke rumah-rumah mereka.

Camilan Rebok, sumber : Nirmala Media
Camilan Rebok, sumber : Nirmala Media

Camilan Rebok ini sudah enak jika langsung dimakan dalam bentuk bubuk. Kurang lebih rasanya seperti kue sagon dari Jawa Tengah atau Jawa Timur, meskipun tidak mirip-mirip banget. Di beberapa toko oleh-oleh makanan khas di Labuan Bajo sudah banyak juga yang menjual rebok ini dalam bentuk kemasan.

5. Ikan Cara dan Ikan Kering

Dikarenakan Labuan Bajo merupakan kota pesisir, maka tidak heran jika kebanyakan masyarakat sana memfokuskan untuk menjadi nelayan. Keseharian mereka menangkap ikan dan menjualnya ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Di Tempat tersebut kita bisa menemukan beragam macam dan jenis ikan, tetapi yang paling khas adalah Ikan Cara. Ikan Cara yang di jual di TPI Labuan Bajo kebanyakan diolah dengan dijadikan ikan asin.

Ikan Cara memiliki bentuk yang kecil dan pipih. Pedagang ada yang menjualnya secara ditimbang dan ada juga dengan cara diikat. Paling mantap, kalau makan Ikan Cara ini dengan cara digoreng kering dan dicolek dengan sambal terasi. Penyajian tersebut memang merupakan ciri khas dari orang Labuan Bajo saat menyantap ikan. Selain Ikan Cara, banyak juga olahan ikan kering atau bahkan ikan segar yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh khas Labuan Bajo.

Ikan Cara, sumber ig mommymahira
Ikan Cara, sumber ig @mommymahira

Informasi Tambahan

Itu dia beberapa oleh-oleh khas Labuan Bajo yang populer. Berwisata mengunjungi Labuan Bajo memang tidak lengkap sensasinya sebelum ikut mencicipi kuliner khas Labuan Bajo yang menjadi buah tangan untuk dibawa pulang.

Karena merupakan daerah wisata bahari, beberapa oleh-oleh ini memang merupakan hasil laut yang relatif tidak tahan begitu lama. Jadi perhatikanlah waktu kedaluwarsa makanan yang Anda bawa pulang. Jika tidak mengetahui, jangan ragu untuk bertanya terlebih dahulu sebelum membeli kepada para penjual. Semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Chat WhatsApp whatsapp