Select Page

Taman Nasional Loh Liang atau yang sering disebut dengan Pulau Komodo adalah pulau yang memiliki ukuran terbesar di kawasan ini. Taman nasional telah menjadi rumah bagi ribuan komodo, hewan yang dikategorikan sebagai cicak terbesar yang pernah ada di bumi. Komodo hanya ada di pulau ini sehingga wisatawan yang datang biasanya penasaran dengan hewan satu ini.

Info Seputar Taman Nasional Loh Liang

Loh Liang Island, sumber ig yosua.michael

Loh Liang Island, sumber ig @yosua.michael

Pemandangan di Pulau Komodo

Karena rumah bagi Komodo, pulau ini masih memiliki banyak pepohonan, namun cuacanya tetap panas terutama saat musim kemarau. Wisatawan yang berkunjung ke sini umumnya berjalan berkeliling untuk masuk ke dalam hutan-hutannya untuk melihat komodo dari kejauhan. Selain komodo, ada juga hewan lain seperti rusa, kakak tua, dan burung-burung lainnya.
Di pulau ini, warna pasir pantainya adalah kemerahan. Hal tersebut disebabkan adanya pengaruh Foraminifera yang mewarnai koral, kemudian koral tersebut hancur di pesisir. Karena pasir pantai berwarna putih, pencampuran tersebut menyebabkan warna pasir menjadi pink. Anda bisa memanfaatkannya sebagai objek fotografi karena pantai pink termasuk yang langka di dunia.

Aktivitas di Taman Nasional

Kegiatan paling umum yang dilakukan di Taman Nasional Loh Liang adalah trekking Komodo. Seorang pemandu akan menemani para wisatawan untuk berkeliling. Ada berbagai macam jalur trek yang terdiri dari trek pendek, sedang dan panjang. Meski begitu, trekking komodo tidak menjamin turis untuk bisa melihat hewan tersebut karena mereka hidup liar dan bebas.

Selama trekking, turis dilarang banyak hal diantaranya untuk tidak berisik saat perjalanan karena bisa saja komodo menyerang karena merasa terancam dan memberi makan komodo. Turis juga dilarang untuk berpisah dari rombongan karena pulau lumayan luas dan bisa tersesat. Saat bertemu dengan komodo, turis bebas untuk berfoto.

Namun jika anda menyasar pantai ink, anda bisa menikmati pemandangan sekeliling sekaligus snorkeling. Pulau Komodo memiliki koral dan biota laut yang indah sehingga sayang untuk dilewatkan.

Cara Menuju Taman Nasional

Dari pusat Labuan Bajo yang merupakan gerbang utama menuju taman nasional, transporrtasi yang bisa digunakan menuju Loh Liang adalah kapal. Perjelanan cukup jauh dan memakan waktu hingga 4 jam. Namun jika anda merasa akan bosan, keluarlah dari kapal dan lihat pemandangan yang indah. Pastikan anda membawa obat-obatan jika anda adalah orang yang mabuk perjalanan laut.

Komodo, sumber ig indonesiaflorestour

Komodo, sumber ig @indonesiaflorestour

Fasilitas di Taman Nasional

Berbeda dengan pulau-pulau lainnya, fasilitas di Loh Liang lebih lengkap. Di sini ada akomodasi yaitu KPN Komodo jika anda tidak tinggal di pusat Labuan Bajo. Ada juga pusat turis yang terdiri dari restoram, toilet, lobi untuk beristirahat dan penjualan souvenir. Meski begitu, pulau ini termasuk sepi dari penghuni kecuali mereka yang menjadi pemandu wisata.

Tips Saat Berkunjung

Jangan berharap bahwa di tempat ini anda bisa menggunakan gawai karena sama sekali tidak ada sinyal di tempat ini. Jika anda ingin bertemu komodo, usahakan datang saat pagi hari karena umumnya mereka berkeliaran di daerah trek pendek. Pastikan membawa uang tunai, makanan, minuman, kamera, alas kaki yang nyaman dan stamina yang fit untuk berkeliling.

Destinasi di Taman Nasional

Tidak hanya berkunjung untuk melihat komodo, di taman nasional Loh Liang bisa dimanfaatkan untuk trekking ke atas bukit, snorkeling di pantai, dan beach-walking. Di dekat Pulau Komodo, ada pulau-pulau yang bisa dikunjungi seperti Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Gili Lawa.

Demikian info dan ulasan tentang destinasi wisata Taman Nasional Loh Liang. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang rencana destinasi wisata anda selanjutnya. Silahkan kunjungi Labuan Bajo Tour untuk informasi wisata lainnya. Selamat berpetualang sambil menikmati wisata!