Bagi penggemar olahraga renang, berenang di laut bisa jadi memiliki sensasi tersendiri. Bagaimana jika berenang hingga mengelilingi pulau? Anda bisa melakukannya ketika berkunjung ke Pulau Kanawa. Pulau ini terbilang cukup kecil sehingga perenang bisa mengelilingnya tanpa merasa kelelahan. Pulau yang juga disebut surga menyejukkan ini terletak di Flores, Indonesia.

Hal yang Harus Dilakukan di Pulau Kanawa

Bagi anda yang memilih pulau ini untuk berlibur, maka pilihan anda sangatlah tepat. Selain hanya 1.5 jam saja dari Labuan Bajo, ada banyak hal yang bisa dilakukan di pulau ini. Apa saja?

Menyelam dan Fotografi Bawah Air

Air laut di Pulau Kanawa memiliki warna yang jernih dan juga tenang, sehingga para pengunjung pulau dapat menyelam dan melakukan fotografi tanpa harus takut arus atau terganggu dengan gelombang. Siapapun akan menyenangi aktivitas ini karena pemandangan bawah lautnya sangat menakjubkan. Ada bermacam-macam bintang laut berbagai warna dan bayi-bayi hiu.

Pulau Kanawa, sumber ig sigit_sugiyono

Pulau Kanawa, sumber ig @sigit_sugiyono

Selain menikmati pemandangan dengan menyelam, sebaiknya tidak lupa untuk mengabadikan keindahan tersebut dengan mengambil foto. Meski di internet cukup banyak foto yang sudah diunggah, bukan tidak mungkin bahwa anda bisa menemukan spesies bawah laut lainnya seperti ikan berwarna-warni atau terumbu karang yang unik.

Relaksasi

Tidak perlu khawatir dengan kondisi di pulau ini, karena letaknya yang cukup jauh kemana-mana, maka pengunjung dapat relaksasi. Tidak ada kebisingan, sepi dan atmosfernya yang menenangkan dapat membuat anda lupa segala macam kesibukan di hari-hari selain liburan. Pulau ini menjadi pulau favorit di antara pulau lain di Taman Nasional Komodo.

Pulau Kanawa, sumber ig ariefpsi

Pulau Kanawa, sumber ig @ariefpsi

Pasir pantai di pulau ini diibaratkan seperti kristal. Anda bisa bersantai dengan merebahkan diri di pasir sambil menikmati terpaan angin dan sinar matahari yang hangat. Atau bagi yang suka dengan buih air, anda bisa ke bibir pantai dan menikmati sapaan riak-riak di kaki anda. Pulau ini hanya seluas 28 hektar saja dan pemandangan yang ditawarkan akan membuat anda merasa senang.

Menikmati Matahari Terbit dan Terbenam

Menikmati matahari terbit atau terbenam bisa menjadi hal yang langka jika anda hidup di perkotaan yang penuh dengan gedung tinggi. Saat anda berkunjung ke pulau ini, anda bisa menikmati dua momen ini. Mulau pukul 5 pagi, anda bisa melihat matahari terbit dan menghangatkan tubuh. Sementara di sore hari, matahari yang terbenam di sini sering disebut “golden sunset”.

Setelah matahari terbenam, para pengunjung akan disediakan musik yang membuat suasana pulau semakin hidup meski agak gelap dan sepi.

Tinggal di bale-bale

Berlibur di pantai namun tinggal di resort yang bagus menjadi hal yang lumrah. Berbeda dengan di pulau mini ini karena ada banyak bale-bale yang tersedia di dekat pantai. Bale-bale mirip seperti gazebo terbuat dari kayu dan bambu, sifatnya terbuka dan diberi tirai. Di sini, anda bisa beristirahat namun tetap bisa memandang laut dan menyatu dengan alam.

Meski terbuat dari bambu, anda tidak perlu khawatir kedinginan atau kepanasan, bahkan serangan nyamuk. Tirai akan menutupi anda sebagai dukungan privasi pengunjung. Di masing-masing bale-bale juga disediakan toilet. Baik bale-bale maupun toiletnya sangat bersih dan aman.

Pulau Kanawa, sumber ig tukang_jalan

Pulau Kanawa, sumber ig @tukang_jalan

Naik bukit

Di bagian tengah pulau, ada bukit yang tidak terlalu tinggi. Anda bisa mendakinya karena di sana banyak sekali burung-burung cantik untuk menjadi sasaran fotografi. Di bukit, tidak ada pohon yang tinggi maupun rimbun melainkan rerumputan yang hanya setinggi 15 cm saja. Anda tetap bisa melihat laut dan sekeliling Pulau Kanawa dari ketinggian dan bersantai di atasnya.

Demikian tips mengenai hal-hal yang harus di lakukan di Pulau Kanawa. Semoga tipsnya bermanfaat dan menjadi inspirasi para penikmat wisata pulau di Labuan Bajo. Selamat menikmati keindahan pulau-pulau di Labuan Bajo!