Select Page

Destinasi wisata khususnya di Nusa Tenggara Timur, memang memiliki banyak sekali tempat yang nyaman untuk dikunjungi. Selain memang ada banyak tempat yang masih terjaga ke alamian dan kemurnian dari lokasi wisata tersebut, lokasi ini juga terbilang baru mendunia sejak beberapa tahun belakangan ini. Di sini terdapat taman nasional Komodo yang menjadi hewan hampir punah namun masih berusaha dijaga kelestariannya. Taman Nasional Komodo juga ditetapakan sebagai situs warisan dunia oleh Badan Internasional UNESCO. Tidak heran, di sini banyak sekali pantai eksotis yang masih alami yang bisa ditemui. Pulau-pulau karangnya begitu memikat dan sangat menggoda untuk dikunjungi. Selain itu terdapat pula bukit-bukit dengan pemandangan yang luar biasa serta air terjun yang sejuk. Seluruh tempat-tempat menarik ini dapat ditemui di Labuan Bajo.

Labuan Bajo selalu memberikan daya tarik tersendiri untuk membuat para pengunjungnya selalu singgah ke Labuan Bajo, karena memang banyaknya spot untuk wisata. Namuan rute untuk menempuh destinasi wisata tersebut haruslah menggunakan serangkaian alat transportasi, guna mampu sampai tepat tujuan. Karena memang tempat ini terbilang sangat baru dan belum ada upaya pembangunan yang signifikan dari pihak setempat. Namun hal ini bukan menjadi masalah yang besar karena memang tempat ini memiliki daya tarik berdasarkan ke alamiannya.

Transportasi Menuju Labuan Bajo

Transportasi sangat dibutuhkan untuk melakukan kunjungan kemana-pun. Meski Labuan Bajo terhitung baru sebagai obyek wisata, namun sudah ada serangkaian alat transportasi bagi siapapun yang tergoda untuk berkunjung menyaksikan alam yang belum terjamah nan eksotis yang terdapat di sini. Berikut ini beberapa sarana/pilihan transportasi yang bisa dipakai untuk menuju Labuan Bajo.

1. Via Darat

Perjalanan menuju Labuan Bajo melalau jalur darat nampaknya akan lebih rumit. Dikarenakan harus mengetahui terlebih dahulu tentang jenis bus, karena tidak semua bus bisa ditumpangi ataupun menuju ke Labuan Bajo. Tetapi bagi orang yang gemar bepergian maka akan sangat menyenangkan sekali.

Ketika anda ingin melakukan menuju Labuan Bajo melalui darat, anda bisa menggunakan bus jurusan sumbawa dan transit di bima. Biaya yang dikeluarkan pun cukup murah sekitar 170 ribuan. Ada beberapa bus tetapi untuk pemberhentian nya memang yang kadang membuat penumpang kebingungan. Ada baiknya sebelum anda melakukan perjalanan darat ini didampingi oleh orang yang paham akan lokasi tersebut. Karena akan melewati beberapa perjalanan transit, sehingga ketika salah maka akan mengakibatkan sampai tujuan pun akan semakin lama.

2. Via Udara

Salah satu cara yang paling banyak ditempuh oleh para wisatawan untuk sampai ke Labuan Bajo, yakni menggunakan perjalanan udara yaitu pesawat. Dalam perjalanan melalui udara dari seluruh keseluruhan akan transit di Bali terlebih dahulu. Karena memang standar dari bandara yang ada di Labuan Bajo masih standar pesawat sedang, sehingga akan beresiko ketika pesawat besar untuk mendarat, sehingga melakukan transit di Bali.

Pulau Kecil di Labuan Bajo, sumber ig iamrakat

Pulau Kecil di Labuan Bajo, sumber ig @iamrakat

Biaya yang dibutuhkan atau dikeluarkan ketika anda ingin melakukan perjalanan dari Bali menuju Labuan Bajo, berkisar antara 700 ribu hingga 1 juta rupiah. Biaya ini tergantung dari maskapai penerbangan yang ada pada waktu itu. Adapun perjalanan akan ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. Dari manapun perjalanan anda maka haruslah transit di Bali terlebih dahulu.

3. Via Laut

Perjalanan menuju Labuan Bajo bisa pula dilakukan melalui jalur laut. Tidak berbeda dengan jalur udara. Untuk melakukan perjalanan menuju Labuan Bajo pun haruslah dari Bali terlebih dahulu. Sehingga perjalanan jalur laut untuk menuju ke Labuan Bajo hanya ada 2 kapal saja dengan waktu tertentu. KM Tilongkabila dan KM Wilis, dimana perjalanan menggunakan KM Tilongkabila melakukan perjalanan pada pagi hari. Sedangkan KM Wilis melakukan perjalanan pada sore hari.

Biaya yang diperlukan bagi anda ketika menginginkan melewati perjalanan laut, maka cukup mengeluarkan biaya sebesar 240 ribu. Dan dengan biaya demikian anda akan difasilitasi berupa 3 kali makan besar. Sehingga perjalanan anda pun akan lebih menyenangkan tentunya.

Demikian ulasan singkat mengenai pilihan transportasi menuju obyek wisata Labuan Bajo yang berhasil kami himpun. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk perjalanan wisata Anda. Jangan lupa untuk terus menyimak informasi-informasi mengenai wisata Labuan Bajo di halaman kami. Selamat berwisata!