Fakta Unik Labuan Bajo – Keindahan alam yang sangat memukau mata para pengunjungnya membuat Labuan Bajo menjadi objek wisata yang sangat diminati oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Dulunya Labuan Bajo merupakan sebuah kelurahan dan juga ibukota kecamatan Pulau Komodo sekaligus merupakan Ibukota Kabupaten Manggarai Barat. Tetapi seiring berjalannya waktu Labuan Bajo sudah dikembangkan menjadi kota Labuan Bajo.

Labuan Bajo memiliki daya tarik utama yaitu kehidupan laut yang luar biasa. Banyak wisatawan yang terpukau melihat keindahan lautnya. Memiliki keindahan laut yang luar biasa, tempat ini juga menjadi surga bagi para penyelam.

Wisata Labuan Bajo

Solo Traveler di Labuan Bajo, sumber ig sailingkomodo.id
Solo Traveler di Labuan Bajo, sumber ig sailingkomodo.id

Labuan Bajo seolah telah menjadi destinasi wisata wajib, yang harus dan wajib untuk dikunjungi di Kota Flores. Kini ketika mengunjungi sudah menjadi keharusan, untuk menikmati berbagai fasilitas wisata Labuan Bajo.

Tidak mengherankan ketika demikian, karena banyaknya spot wisata yang enak untuk dikunjungi sehingga, bagi para pengunjung yang ingin menikmati bersantai, belanja, ataupun menikmati kuliner tradisional. Destinasi wisata yang ada ini juga didukung dengan berbagai fasilitas paket wisata Labuan Bajo, sehingga sangat membantu dan memanjakan para wisatawan yang datang.

Untuk dapat sampai di pulau bersejarah ini, pengunjung akan menemui sejumlah kawasan eksotis lain. Lokasi detail wisata ini terletak di Kabupaten Manggarai Barat tepatnya di Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo. Apabila Anda berangkat menggunakan pesawat, dapat turun di bandara terdekat atau disarankan turun di Denpasar (sekaligus mampir ke Pantai Sanur dan Kuta).

Dari Bali baru kemudian naik kapal Feri jarak jauh selama kurang lebih 4 sampai 5 jam ke Nusa Tenggara Timur. Sesampai di sana, naik bus umum menuju kabupaten Labuan Bajo dimana Anda dapat bertemu dan berkeliling dengan guide yang terdapat dalam paket liburan Anda. Dari Labuan Bajo, Anda dapat memilih untuk singgah di kepulauan Komodo, perkampungan warga atau di manta point.

Fakta Unik Labuan Bajo

Di balik keindahanya, Labuan Bajo memiliki beberapa fakta unik yang harus Anda ketahui. Dijamin, setelah mengetahuinya akan membuat Anda lebih terpukau lagi dengan tempat wisata yang lagi nge-trend satu ini.

1. Kota Seribu Sunset

Sunset di Labuan Bajo, sumber ig throughekalens
Sunset di Labuan Bajo, sumber ig @throughekalens

Labuan bajo merupakan kota seribu sunset. Dimana labuan bajo mengahadap langsung ke arah terbenamnya matahari. Ada trik agar Anda bisa menikmati sunset yang indah ini yaitu Anda bisa lihat dari ketinggian bukit cinta dan apabila Anda lebih suka menikmati sunset di pantai, Anda bisa mengunjungi Pantai Gorontalo dan Pantai Pede.

2. Tidak Memiliki Makanan Khas

Berbeda dari tempat wisata lainnya, Labuan Bajo tidak memiliki makanan khas. Tetapi jangan khawatir walaupun makanan khas tidak ada di sana, Labuan Bajo memiliki minuman khas yaitu sopi yang merupakan arak lokal Flores yang sangat gampang Anda temukan di saat sedang berlibur ke Labuan Bajo.

3. Tidak Menerima Uang Receh

Terdengar aneh tapi memang begitu kebenarannya, Labuan Bajo tidak menerima uang receh. Anda jangan kaget kalau pedagang tiba-tiba menolak uang receh yang kamu pakai untuk membayar. Tidak hanya di pedagang pinggiran ini pun juga berlaku di warung dan mini market. Jadi, simpan saja uang receh kalau Anda sedang berlibur ke Labuan Bajo.

4. Banyak Rumah Makan Padang

Fakta unik selanjutnya dari Labuan Baju ini buat Anda pecinta Makanan Padang mungkin berwisata ke Labuan Bajo adalah tempat yang tepat buat Anda.

Bagaimana tidak, dari satu kilometer perjalanan Anda bisa menemukan belasan warung nasi padang. Warung-warung ini terbanyak ditemukan di Kampung Air dan Air Kemiri. Jika Anda penggemar makanan Padang, mungkin Labuan Bajo sekaligus jadi surganya makanan buat Anda.

5. Tarif Ojek Siang dan Malam Berbeda

Fakta unik Labuan Bajo berikutnya yakni tarif ojek yang berbeda untuk siang hari dan malam.Tarif ojek dari pagi hingga maghrib adalah Rp 5 ribu.Sedangkan setelah adzan maghrib berkumandang, tarif ojek naik menjadi dua kali lipat untuk jarak yang sama.

6. Dijuluki Morning City

Labuan Bajo juga mendapat julukan sebagai Morning City, hal ini dikarenakan sejak pagi sudah banyak orang yang berkendara dan berlalu lalang meski baru pukul 05.00.Kegiatan wisatawan pun dimulai sejak pagi seperti diving yang dimulai pukul 07.00 hingga 10.00.

7. Tempat Trecking

Fakta unik Labuan Bajo berikutnya yakni menjadi tempat trekking terbaik di Indonesia. Di sini Anda bisa trekking sambil melihat keberadaan Komodo di habitat aslinya. Bahkan Anda juga bisa melihat sunrise dengan trekking Gili sebelum fajar menyingsing dari ufuk timur.

8. Pesona Bawah Laut Memukau

Manta Point Labuan Bajo, sumber ig liburanhemat.id
Manta Point Labuan Bajo, sumber ig @liburanhemat.id

Tidak hanya keindahan Pantai Pink-nya yang dikenal dunia, Labuan Bajo juga dikenal dengan biota lautnya yang beragam.Beberapa pulau yang bisa dikunjungi untuk menikmati pesona bawah laut yakni Pulau Sebayur.

Pulau ini memiliki beberapa titik diving dengan keindahan dan karakteristik yang berbeda-beda.Beberapa spot diving terbaik di pulau ini di antaranya Castle Rock, Batu Bolong, Crystal Rock yang tentunya hanya bisa dijelajahi dengan menggunakan kapal.

9. Tempat Bersandar Kapal Sedunia

Selain menjadi pusat festival budaya, ‘The Gate to Komodo’ ini juga memang menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal yang menjadi kendaraan untuk menjelajahi beberapa pulau indah di sekitarnya.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa fakta unik Labuan Bajo yang penting untuk Anda ketahui. Selamat berwisata di pulau yang unik sekaligus menarik ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Simak artikel lainnya di sini.