Di masa pademi Covid-19 ini, perasaan stress, bosan, maupun kesepian rasanya bukan lagi sesuatu yang asing. Jadi, wajar saja jika berlibur menjadi suatu kebutuhan. Namun, sebelum melakukannya, ada baiknya Anda baca terlebih dahulu informasi tentang tips aman berlibur saat pandemi berikut ini.

Sejak pemerintah menerapkan peraturan adaptasi kebiasaan baru, sebagian tempat wisata sudah boleh dikunjungi. Namun, sampai saat ini, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Vaksin virus Corona pun masih membutuhkan waktu untuk diuji kelayakannya sebelum diedarkan.

Di tengah kondisi seperti ini, Anda tidak dipaksa untuk berdiam di rumah tanpa melakukan aktivitas apa pun. Berlibur boleh saja, tapi Anda harus yakin bisa menjalani protokol kesehatan sebaik mungkin. Ini tidak hanya untuk melindungi Anda, tapi juga masyarakat lain di sekitar Anda.

Tips Berlibur Saat Pandemi

Ilustrasi Berlibur Saat Pandemi
Ilustrasi Berlibur Saat Pandemi, Sumber : tirto.id

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melindungi diri dan keluarga agar tetap bisa menikmati liburan di masa pandemi:

1. Memastikan dalam Keadaan Sehat

Sebelum memutuskan untuk berlibur, pastikan Anda dan anggota keluarga dalam keadaan sehat. Saat sakit atau tidak dalam kondisi prima, daya tahan tubuh cenderung menurun. Hal ini bisa memudahkan berbagai penyebab penyakit, termasuk virus Corona, masuk ke tubuh selama liburan.

Beberapa tujuan wisata, terutama yang berada di wilayah berbeda, mewajibkan Anda untuk melakukan rapid test sebelum berangkat. Bila perlu, Anda juga bisa melakukan tes PCR yang hasilnya lebih akurat. Selain untuk memastikan kesehatan diri sendiri, Anda bisa melindungi orang lain yang akan bertemu dengan Anda di tempat wisata nanti.

2. Memilih Tempat yang Tidak Ramai

Virus Corona lebih mudah menular di tempat yang tertutup dan padat orang. Oleh karena itu, pilihlah tempat berlibur yang luas, terbuka, dan tidak terlalu ramai, misalnya pantai atau kebun teh, supaya Anda bisa menerapkan physical distancing dengan mudah.

Bila ingin ke luar kota, sangat penting pula untuk memastikan tinggi atau rendahnya kasus penyebaran virus Corona di tempat yang akan Anda kunjungi. Info mengenai ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dari internet.

Selain itu, jika menginap di hotel, pastikan hotel tempat Anda menginap sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Anda bisa memastikan ini dengan melihat website mereka maupun dengan menelepon mereka langsung.

3. Membawa Peralatan Pribadi

Jangan lupa untuk membawa peralatan pribadi, seperti handuk, sikat gigi, tempat minum, dan alat makan. Hal ini adalah untuk mencegah kemungkinan penularan virus Corona dari barang-barang. Pastikan setiap anggota keluarga juga membawanya.

4. Menggunakan Masker dan Hand Sanitizer

Ilustrasi Menggunakan Masker Saat Berlibur
Ilustrasi Menggunakan Masker Saat Berlibur, Sumber : klikdokter.com

Di mana pun kalian berada, pastikan untuk tetap mengenakan masker, meskipun Anda dan orang-orang di sekitar Anda terlihat sehat. Bawalah lebih dari 1 masker sebagai cadangan. Selain itu, penting juga untuk selalu membawa hand sanitizer, karena tidak semua tempat menyediakan wadah untuk mencuci tangan.

Cara Mengurangi Risiko Penularan

Liburan menjadi hal yang selalu dinanti, biasanya masyarakat sudah berencana untuk menghabiskan liburan dengan bepergian ke luar kota. Meski menghabiskan waktu di rumah merupakan salah satu pilihan terbaik saat ini, bukan berarti liburan ke luar kota atau luar rumah tidak bisa dilakukan dengan aman selama pandemi Covid-19.

Baca juga : Fasilitas Wisata Menarik Labuan Bajo

Dilansir dari satgascovid19.id, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) membagikan 6 cara mengurangi risiko penularan saat liburan.

1. Memastikan Kesehatan dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sebelum memastikan untuk bepergian, pastikan Anda dalam keadaan sehat. Apabila tubuh sedang dalam keadaan tidak sehat, maka tubuh Anda akan rentang terserang penyakit. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh dalam keadaan baik.

2. Menerapkan Protokol Kesehatan

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan selama masa pandemi diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Namun, apabila hendak melakukan aktivitas di luar rumah, maka wajib melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan.

3. Memastikan Destinasi Wisata Menerapkan Protokol Kesehatan

Ilustrasi Wisata Menerapkan Protokol Kesehatan
Ilustrasi Wisata Menerapkan Protokol Kesehatan, Sumber : republika.id

Pengelola atau manajemen tempat wisata juga harus menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung, seperti mengadakan registrasi online, menyiapkan tempat cuci tangan, menyediakan hand sanitizer, dan jaga jarak.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan liburan, disarankan untuk memilih tempat berlibur yang ada di luar ruangan serta lebih baik menggunakan transportasi pribadi.

4. Mencari Tempat Liburan yang Tidak Ramai dan Tidak Berada pada Zona Berisiko Tinggi

Disarankan agar masyarakat mencari tempat liburan yang tidak ramai serta tidak berada di lokasi yang berisiko tinggi. Selain itu, masyarakat juga harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

5. Memastikan Pergi Hanya dengan Orang yang Serumah

Bila harus pergi, pastikan Anda bepergian bersama dengan orang yang serumah supaya lebih aman. Untuk meminimalisir penularan, lansia, wanita hamil, dan anak-anak disarankan untuk tetap tinggal di rumah.

6. Mengisolasi Mandiri sampai Ada Kepastian Tidak menjadi Carrier

Lakukan isolasi mandiri selama 14 hari setelah bepergian dari tempat baru untuk memastikan Anda tidak menjadi carrier.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips aman berlibur saat pandemi yang perlu Anda terapkan. Kendati Anda dan keluarga sudah diperbolehkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, tetap utamakan kesehatan diri kalian selama berlibur di saat pandemi.

Bila ada anggota keluarga yang mengalami gejala infeksi virus Corona sewaktu berlibur, seperti demam di atas 38 derajat Celsius, batuk kering, hingga sesak napas, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter terdekat guna mendapatkan penanganan yang tepat.