Apa yang paling Anda nantikan jika berkunjung ke Labuan Bajo? Biasanya para wisatawan menantikan Pulau Padar, Pantai-pantai, manta point dan Pulau Komodo. Namun kali ini agak berbeda. Terdapat spot wisata yang dinamakan bukit Amelia. Nah, apa kira-kira yang dapat dinikmati di tempat ini?

Bukit Amelia ini letaknya tidak jauh dari Bukit Cinta, namun rutenya yang harus memutar terlebih dahulu membuat jarak Bukit ini menjadi jauh. Dinamakan Amelia karena tempatnya dekat dengan Villa Amelia, yang awalnya merupakan milik pribadi dan kini dijadikan sebagai tempat wisata umum. Kemiringan Bukit Amelia Labuan Bajo terbilang curam, sehingga harus berhati-hati saat mendakinya.

Meskipun perlu mengeluarkan tenaga lebih ketika mendaki, tenaga Anda akan terbayarkan oleh pemandangan eksotis, yang dapat dinikmati dari atas bukit. Ukurannya lebih tinggi daripada Bukit Cinta, sehingga Anda dapat melihat sisi timur dan barat wilayah Labuan Bajo Utara. Posisi bukitnya yang berada di tengah, menjadikannya lokasi yang strategis untuk menyaksikan sunset.

Objek Wisata Bukit Amelia Labuan Bajo

Pemandangan di Bukit Amelia, sumber ig dewiputrihst
Pemandangan di Bukit Amelia, sumber ig dewiputrihst

Bagi Anda yang ingin melihat pemandangan laut luas yang eksotis, Anda dapat mendaki hingga puncak Bukit Amelia. Disana, dapat terlihat gundukan bukit-bukit kecil serta gradasi laut biru dan pasir putih. Namun jika Anda tidak kuat mendaki, jangan khawatir karena masih banyak bukit kecil lainnya yang bisa Anda daki.

Anda juga bisa mengunjungi Bukit Cinta dan Pantai Waecicu, di hari yang sama karena jaraknya yang berdekatan dengan Amelia. Dikenal juga dengan sebutan Amelia Sea View, karena keunggulan yang ditawarkan bukit tersebut adalah pemandangan laut yang eksotis. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera, karena banyak yang harus Anda abadikan ketika sampai di puncak bukit.

Anda dikenakan biaya 30 ribu rupiah untuk memasuki kawasan tersebut, cukup menyiapkan diri dengan perbekalan yang memadai untuk sampai di puncak. Jika musim sedang bagus, kawasan bukit akan ditumbuhi rumput hijau yang segar. Sehingga akan memudahkan Anda untuk beristirahat, saat sudah lelah mendaki.

Bukit dengan Sunset Point Sempurna

Bukit Amelia memang terkenal sebagai tempat yang cocok untuk menikmati sunset, karena puncaknya yang termasuk paling tinggi diantara bukit lain, jadi sangatlah wajar jika Amelia menjadi sunset point terbaik. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Labuan Bajo, Anda tinggal menelusuri jalan menuju Waecicu Beach ke Utara.

Biasanya dari bawah bukit sudah ramai orang yang ingin mendaki, maka dari itu Anda jangan sampai ketinggalan, karena lahan puncak bukit saat ini sudah semakin menyempit. Pemerintah setempat sudah berencana untuk memperbaiki fasilitas wisata tersebut, agar para turis yang datang semakin nyaman dan potensi pariwisata Indonesia semakin mendunia.

Jadi untuk menikmati wisata di Bukit Amelia Anda bisa menikmati beberapa aktivitas diantaranya :

Perbukitan di Amelia, sumber ig dewiputrihst
Perbukitan di Amelia, sumber ig dewiputrihst

1. Wahana Trekking

Aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Bukit Amelia ialah trekking. Aktivitas ini menjadi hal yang utama karena hanya dari atas bukit lah, pemandangan dari sekitar pulau akan terlihat. Selain pulau-pulau sekitar, air laut yang biru dan bersih, pantai yang bagaikan kristal, sabana kering dan hutan yang menyelimuti pulau menjadi pemandangan yang menakjubkan.

2. Pesona Sunset

Tidak hanya djadikan objek untuk melihat keindahan Taman Nasional Komodo dari ketinggian, di lokasi wisata ini pengunjung dapat menghabiskan waktu sambil menunggu matahari terbenam. Dengan melakukan trekking pada sore hari, setelahnya wisatawan dapat hanya sekedar duduk-duduk menunggu sekitar pukul 5 sore hingga petang menjelang.

Meskipun di bukit ini sama sekali tak berpenghuni, keadaannya gelap karena tidak ada sama sekali penerangan, namun menjelang petang tempat ini malah ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Romantisme akan sangat terasa di tempat ini, terlebih untuk melihat bintang di langit dari ketinggian bukit. Hal tersebut disebabkan, obyek wisata ini tidak memiliki pohon tinggi melainkan rerumputan saja.

3. Menikmati Pemandangan

Para pengunjung dapat mencapai lokasi ini hanya dengan melakukan perjalanan menuju bagian Utara, dari pusat Labuan Bajo. Tidak perlu menyebrang lautan, karena pengunjung hanya perlu melakukan perjalanan darat saja. Perjalanan darat hanya ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Setelah tiba, pengunjung harus naik ke bukit yang memakan waktu sekitar 10 menit saja.

Pemandangan di Amelia Sea, sumber ig dewiputrihst
Pemandangan di Amelia Sea, sumber ig dewiputrihst

Akomodasi Amelia Sea View

Letak Bukit ini tidak jauh dari Pulau Komodo, maka dari itu Anda dapat menyewa hotel di tempat yang strategis. Sebelum mendaki bukit, jangan lupa untuk membawa topi, kamera, makanan ringan, dan minum. Karena perjalanannya akan cukup melelahkan, serta Anda harus membawa kembali sampah yang dibawah ke bukit.

Disarankan untuk tidak mendaki bukit sendirian, Anda harus menyewa guide demi keselamatan. Apalagi jika Anda hendak turun bukit setelah sunset, akan lebih sulit untuk menuruni bukit saat gelap. Tentunya biaya untuk membayar guide juga terpisah, maka dari itu Anda harus menyiapkan budget lebih.

Berlibur di Labuan Bajo, sebenarnya tidak memerlukan budget besar untuk masuk ke kawasan wisata. Hanya saja, jika Anda berasal dari luar pulau atau luar negeri maka budgetnya akan semakin besar, untuk biaya transportasi dan akomodasi lain. Selain itu, siapkan juga kesehatan dan energi karena liburan disana membutuhkan tenaga yang kuat dan sehat.

Nah, itu dia berbagai informasi seputar bukit Amelia. Semoga Anda dapat segera menikmat pemandangan indah serta keseruan beraktivitas di spot wisata romantis yang satu ini. Simak berbagai informasi lainnya seputar labuan bajo di website labuanbajotour.com.