Select Page

Nusa Tenggara Timur merupakan surga bagi para pecinta alam, keanekargaman hayati dan kedamaian dengan suguhan surga dunia yang membentang dari udara, darat hingga dasar lautnya yang merupakan impian semua orang hingga mampu menarik perhatian turis mancanegara karena pesona alam dan sejuta keanekaragaman hayati yang ditawarkan salah satu propinsi paling eksotis di Indonesia Timur ini.

Salah satu obyek wisata yang sangat direkomendasikan dan berlokasi tidak jauh dari Taman Nasional Komodo yang masuk dalam 7 keajaiban dunia adalah Taka Makassar di Labuan Bajo yang merupakan satu kesatuan dari banyak pulau timbul kecil di antaranya Giri Padar, Gili Laba dan lain-lain dengan keunikan yaitu hanya akan terlihat dikala pasang surut dengan pasir putih yang mempesona.

Rute Menuju Lokasi

Untuk sampai di danau vulkanik terbesar ini, pengunjung akan menemui sejumlah jalur terjal. Lokasi detail wisata ini terletak di Kabupaten Manggarai tepatnya di kawasan hutan lindung Mbeliling di Labuan Bajo. Apabila anda berangkat menggunakan pesawat, dapat turun di bandara terdekat atau disarankan turun di Denpasar (sekaligus mampir ke Pantai Sanur dan Kuta).

Perjalanan Ke Pulau Komodo, sumber ig komodocountrytours

Perjalanan Ke Pulau Komodo, sumber ig @komodocountrytours

Dari Bali baru kemudian naik kapal Feri jarak jauh selama kurang lebih 4 sampai 5 jam ke Nusa Tenggara Timur. Sesampai di sana, naik speed boat sekitar kurang lebih 3 jam menuju ke kepulauan Komodo untuk kemudian dilanjut menggunakan kano ke Taka Makassar atau gugusan pulau-pulau timbul kecil tersebut.

Harga Tiket Masuk

Untuk menginjakan kaki di atas Taka Makassar, Labuan Bajo yang terdiri dari pulau-pulau timbul kecil ini tentu tidak dihitung biaya namun masuk area kawasan dilindungi kepulauan Komodo, pulau Mangiatan hingga tariff guide dan transportasi setidaknya anda menyiapkan minimal Rp 1.5 juta apabila anda berangkat dari Bali.

Fasilitas dan Obyek Wisata

1. Gugusan terumbu karang

Selain bentuknya yang unik menyerupai angka 9 dan dikelilingi oleh pepohonan khatulistiwa serta biru air laut yang bening, di dasar laut dari pulau yang terbentuk dari karang mati ini juga menyimpan surga bagi para anemone, mikroba, kepiting dan hewan laut kecil yaitu terumbu karang yang masih terjaga kelangsungannya.

2. Taman Nasional Komodo

Dua pulau terbesarnya yang lebih dekat dengan Taman Nasional Komodo ini merupakan rumah bagi kadal raksasa yang statusnya dilindungi secara internasional dan masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia. Melestarikan dengan berkunjung dan berperilaku baik merupakan salah satu cara untuk menjauhkan kadal dengan air liur mematikan ini dari ambang kepunahan serta mempromosikan wisata Indonesia.

3. Pulau timbul

Keunikan lain dari wisata ini adalah bentuk pulau nya yang seakan-akan timbul karena berada di titik rendah sehingga hanya akan terlihat apabila air laut mengalami pasang surut. Pulau timbul ini juga diselimuti oleh pasir putih halus yang tentunya menjadi daya tarik terutama kaum hawa yang suka memijat-mijat kaki cantik mereka.

4. Spot diving dan snorkeling

Scuba Diving Taka Makasar, sumber ig fredyadi

Scuba Diving Taka Makasar, sumber ig @fredyadi

Water sport ekstrim ini memang yang paling dicari oleh para pecinta adrenalin sembari bermain dengan para manta dan ekosistem lain di air. Snorkeling dan diving adalah alasan mengapa wisata Taka Makassar, Labuan Bajo ini dikunjungi bukan hanya karena ikan manta dan komodo saja. Pengelola wisata tentu telah menyediakan sewa masker, fin, pelampung, tabung gas hingga pakaian menyelam dan renang.

Menghabiskan waktu di kawasan wisata alam seperti Taka Makassar, Labuan Bajo ini merupakan pilihan paling tepat untuk dapat melihat langsung kebesaran Tuhan yang memberikan keistimewaan bagi Indonesia dengan beragam budaya, pesona alam dan keanekaragaman hayati. Demikian ulasannya, selamat berwisata!