Select Page

Berlibur ke Nusa Tenggara Timur merupakan impian semua orang hingga mampu menarik perhatian turis mancanegara karena pesona alam dan sejuta keanekaragaman hayati yang ditawarkan salah satu propinsi paling eksotis di Indonesia Timur ini mulai dari Manta Point dimana anda dapat berinteraksi dengan ikan pari Manta hingga gunung Mbeliling dan hutan lindung di sekitarnya yang tidak boleh dilewatkan.

Tidak lupa, Taman Nasional Komodo juga merupakan wilayah yang menyuguhkan deretan wisata eksotis dan tidak hanya menghadirkan komodo sebagai tampilan utama dari ciri khas satwa langka nusantara yang mendunia. Salah satu wisata yang dimaksud terdapat dalam Taman Nasional Komodo yaitu Pulau Seraya yang terletak di wilayah Manggarai Barat dengan awal mula kisahnya yang berbau mistis.

Rute Menuju Lokasi

Pulau Seraya, sumber ig theorama_

Pulau Seraya, sumber ig @theorama_

Untuk sampai di pulau cantik ini, pengunjung akan menemui sejumlah jalur terjal. Lokasi detail wisata ini terletak di Kabupaten Manggarai tepatnya di kawasan Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo. Apabila anda berangkat menggunakan pesawat, dapat turun di bandara terdekat atau disarankan turun di Denpasar (sekaligus mampir ke Pantai Sanur dan Kuta).

Dari Bali baru kemudian naik kapal Feri jarak jauh selama kurang lebih 4 sampai 5 jam ke Nusa Tenggara Timur. Sesampai di sana, naik speedboat dari pelabuhan terdekat menuju Pulau Seraya dengan tarif pulang pergi sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000,.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menjejakkan kaki di kawasan wisata Pulau Seraya ini anda mungkin hanya akan dikenai tarif tidak lebih dari Rp 20.000,. Namun, setidaknya diperlukan minimal Rp 1.5 juta apabila ingin berlibur ke Manggarai untuk biaya guide lokal, transportasi, penginapan dan keperluan lain.

Fasilitas dan Obyek Wisata

1. Gugusan batu karang biru

Nusa Tenggara Timur adalah surganya kekayaan alam hayati baik udara, darat dan air mulai dari rumah bagi kadal raksasa yang dilindungi, tempat pertama sebagai hunian manusia purba hingga surga bawah air yang menyimpan kekayaan alam tak ternilai. Tidak hanya menyuguhkan ikan manta, ubur-ubur, terumbu karang, namun di sana juga terdapat gugusan batu karang biru yang gemerlap dan cantik.

2. Ramah lingkungan

Dibalik indahnya pemandangan bawah laut yang disuguhkan wisata bahari dengan lokasi masih dalam satu lingkup kawasan Taman Nasional Komodo ini tersimpan budaya ramah lingkungan warga sekitar dengan menolak penggunaan bahan dan alat berbahaya penyebab rusaknya lingkungan perairan. Hal ini tentu akan menjadi panutan bagi wisatawan untuk dapat melestarikan keberlangsungan makhluk hidup lain.

3. Deretan Bungalow Murah Meriah

Pulau Seraya, sumber ig daenglira

Pulau Seraya, sumber ig @daenglira

Bagi pengunjung tidak perlu khawatir dengan masalah sepele terkait dimana mereka harus mengistirahatkan dan mengundur waktu untuk pulang ke rumah karena di lokasi wisata ini terdapat banyak bungalow dengan harga yang bersahabat mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 300.000 per malam.

4. Spot diving dan snorkeling

Water sport ekstrim ini memang yang paling dicari oleh para pecinta adrenalin sembari bermain dengan para manta dan ekosistem lain di air. Snorkeling dan diving adalah alasan mengapa wisata ini dikunjungi bukan hanya karena ikan manta dan komodo saja. Pengelola wisata tentu telah menyediakan sewa masker, fin, pelampung, tabung gas hingga pakaian menyelam dan renang.

Menghabiskan waktu di kawasan wisata alam yang eksotis ini merupakan pilihan paling tepat untuk dapat melihat langsung kebesaran Tuhan yang memberikan keistimewaan bagi Indonesia dengan beragam budaya, sejarah, pesona alam dan keanekaragaman hayati. Demikianlah ulasan mengenai eksotisme Pulau Seraya. Jangan lupa untuk menyimak ulasan lainnya mengenai wisata di Liang Bua. Selamat berwisata!