Di daerah Labuan Bajo ada banyak sekali pulau-pulau kecil yang sebagian besar belum ditempati, dengan pasir putih yang indah, di dalamnya ada terumbu karang yang cantik yang menjadi perhatian wisatawan dunia. Salah satu yang terbaik adalah Pulau Sabolon.

Flores, Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan Taman Nasional Komodo-nya itu ternyata menyimpan berjuta pesona, terlebih pesona itu ternyata datang dari budaya dan alamnya yang memang indah dan belum banyak terjamah manusia sehingga tampak masih alami dan segar.

Datang ke perairan Flores di sekitar Labuan Bajo rasanya kurang lengkap bila tidak menikmati wisata lautnya yang masih perawan seperti berenang atau snorkeling di tepi pantai salah satu pulaunya. Di antara berbagai gugusan pulau yang terdapat di wilayah Taman Nasional Komodo memang sudah banyak yang dijadikan sebagai resort bagi para wisatawan.

Dari sekian banyak yang sudah dijadikan resort memang masih lebih banyak yang tetap alami tidak berpenghuni bahkan terjamah tangan wisatawan. Akan tetapi walau tidak berpenghuni pulau-pulau tersebut juga tetap bisa dikunjungi untuk sekedar singgah dan menikmati keindahan di sana seakan memiliki pulau pribadi sejenak. Salah satu pulau yang populer di telinga wisatawan sebagai destinasi wajib untuk disinggahi adalah Pulau Sabolon.

Pesona Pulau Sabolon

Pulau Sabolon adalah salah satu pulau dengan pantai yang unik. Warnanya tidak hanya putih, melainkan ada campuran antara warna putih dan merah muda. Pertama kali menjejakkan kaki di pulau indah ini pastilah memancing Anda untuk ber-snorkeling menikmati air lautnya yang jernih dan bersih serta memandang ikan warna-warni yang berenang di bawah.

Tidak perlu jauh ke pantai Pink, di sini Anda juga akan menemui butiran-butiran kecil pecahan batu karang berwarna pink yang menyatu dengan pasir pantai. Laut sebening kolam renang, pasir merah muda, dan pemandangan bawah laut mengagumkan yang akan Anda nikmati saat singgah di pantai.

Pulau Sabolo, sumber ig cnlulaby
Pulau Sabolo, sumber ig @cnlulaby

Penampakan dari jauh pulau ini dengan satu buah bukit besar yang mendominasi wilayah pulau dihiasi dengan putihnya pasir pantai. Saat kapal berhenti di titik paling dekatnya, Anda pasti tidak akan sabar untuk langsung merasakan kesegaran air lautnya yang sangat jernih dan memiliki degradasi berbagai warna biru yang mempesona serta memanjakan mata.

Ada pulau Sabolon besar dan pulau Sabolon kecil, begitu penduduk lokal menyebutnya. Pulau Sabolon kecil terkenal dengan spot menyelam yang indah, sedangkan pulau Sabolon besar lebih banyak digunakan untuk berkemah di pinggir pantai. Namun keduanya sama menariknya.

Perairan sekitarnya yang termasuk dangkal ini, menawarkan ratusan macam flora dan fauna laut, seperti terumbu karang dan Ikan Badut, bahkan apabila beruntung, wisatawan bisa menemukan Ikan Pari yang sering muncul di perairan sekitar pulau ini. Kekayaan alam laut Pulau Sabolon ini sudah berkelas dunia, sudah banyak wisatawan penggila laut datang dan menyelam.

Dari perairan yang terbilang dangkal saja ratusan macam flora dan fauna laut seperti terumbu karang, ikan badut, ikan warna-warni laut yang tidak tahu namanya mudah ditemui di sini. Pulau Sabolon memang terkenal dengan keindahan bawah lautnya untuk snorkeling yang sudah berkelas dunia. Bila sampai di pantainya Anda langsung merasakan “like a boss” yang memiliki pulau pribadi nan indah.

Ketika sudah puas menikmati panorama bawah lautnya, para wisatawan dapat bersantai di pinggir pantainya sambil bersantai. Pasir yang terdapat di pulau ini cenderung berwarna merah muda, apalagi ketika siang hari dan saat air laut sedang membasahi bibir pantai Pulau Sabolon.

Di sini Anda bisa berguling, berjemur, berlarian di sepanjang pantai tanpa harus peduli mengganggu ketenangan orang lain yang biasanya Anda perhatikan saat di tempat-tempat wisata pantai lainnya. Sungguh sebuah harta karun yang wajib dikunjungi. Kalau Anda menyukai keindahan laut, Pulau Sabolon pasti akan memuaskan rasa penasaran Anda.

Bagian Gugusan Kepulauan

Sebenarnya di Labuan Bajo banyak terdapat pulau-pulau kecil tak berpenghuni dan terkadang juga dibangun resort di sana karena garis pantainya yang lumayan bangus atau luas.

Pulau Sabolo, sumber ig meichelstryd
Pulau Sabolo, sumber ig @meichelstryd

Labuan Bajo sangat terkenal dengan wisata lautnya yang indah, baik pantai, maupun terumbu karangnya, berenang, snorkeling atau diving adalah kegiatan yang sering dilakukan para wisatawan yang datang ke Labuan Bajo. Pulau Sabolon yang juga merupakan bagian dari gugusan kepulauan sekitar Labuan Bajo tak kalah indah dibanding pulau yang lain.

Pulau Sabolon sudah sangat populer di telinga wisatawan terutama yang memiliki ketertarikan pada keindahan bawah lautnya yang merupakan poin utama pulau ini. Berbagai macam paket wisata yang ditawarkan membuat banyak sekali alternatif yang bisa dilakukan selama di pulau ini.

Tak jarang jika sudah banyak travel agent yang membuat tour menuju pulau ini dengan agenda seperti sekedar singgah untuk snorkeling saja atau bahkan ada agenda seharian di pulau ini sampai matahari terbenam hingga bermalam di perahu yang menepi di dekat pulau.

Lokasi Pulau Sabolon

Pulau Sabolon terletak di Labuan Bajo, Flores, Manggai Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk dapat mencapai Pulau Sabolon Anda bisa berangkat dari Labuan Bajo, dari Labuan Bajo menuju Pulau Sabolon hanya berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kapal motor.

Pulau ini memiliki luas kira-kira sekitar 20 hektar dengan kontur tanahnya yang membentuk bukit sama seperti kebanyakan pulau-pulau di wilayah Labuan Bajo atau Taman Nasional Komodo. Saat Anda berkunjung ke Pulau Sabolon tidak akan menemukan dermaga di sana dan kapal wisata pun tidak bisa merapat ke pantai karena kandas, jadi Anda harus sedikit berbasah-basahan.

Demikianlah ulasan mengenai Pulau Sabolon Labuan Bajo. Bagi Anda yang merencanakan berwisata ke Labuan Bajo, tentu jangan sampai melewatkan pesona indah pulau yang satu ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.