Penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Tiongkok hingga ke sejumlah negara kian meluas, termasuk Indonesia, membuat masyarakat khawatir untuk bepergian ke berbagai tempat. Selain itu, kian bertambahnya korban terinfeksi maupun yang meninggal membuat orang semakin meningkatkan kewaspadaannya.

Lantas bagaimana jika Anda telah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari? atau Anda harus melakukan perjalanan ke luar daerah karena ada kepentingan yang mendesak? Tak perlu khawatir, Anda tentu tetap bisa berpergian, meskipun lebih baik menunda perjalanan Anda. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu Anda terapkan agar mencegah tidak tertular virus corona covid-19.

Sekilas tentang Corona (Covid-19)

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan kumpulan virus yang mampu menginfeksi sistem pernafasan. Virus ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan, pneumonia akut, bahkan sampai kematian.

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis baru dari corona virus yang menular dari manusia ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Sementara Covid-19 adalah nama resmi untuk penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Covid-19 adalah singkatan dari ‘Co’ yang berarti Corona, ‘Vi’ artinya Virus dan ‘D’ adalah Disease (penyakit) dan 19 adalah tahun dimana pertama kali penyakit ini teridentifikasi di Tiongkok, yaitu 31 Desember 2019.

Secara umum, virus corona (Covid-19) ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu seperti hidung berair, sakit kepala, batuk, demam dan nyeri tenggorokan. Atau gejala penyakit infeksi pernafasan berat, seperti batuk berdahak hingga berdarah, demam tinggi, nyeri dada hingga sesak nafas. Gejala Covid-19 ini akan muncul dalam waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah terpapar virus corona.

Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona

Waspada Virus Corona, sumber : Medcom.id
Waspada Virus Corona, sumber : Medcom.id

1. Selalu Menjaga Kebersihan Tangan

Virus Corona bisa menular melalui kontak personal. Tangan rentan menjadi sarana penularan virus, bersentuhan dengan tangan antara manusia lainnya, menyentuh benda atau permukaan yang terdapat virus corona kemudian tangan Anda menyentuh mulut, hidung, atau mata bisa menyebabkan Anda tertular.

Untuk itu, tips mencegah tertular virus corona pertama adalah dengan menjaga kebersihan tangan Anda. Agar tetap menjaga kebersihan tangan pastikan setelah menyentuh benda atau bersalaman dengan orang lain disarankan mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik atau gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

Anda juga bia menyiapkan hand sanitizer di dalam tas saat bepergian. Sebab itu bisa menyelamatkanmu di tengah penyebaran virus yang mewabah seperti saat ini. Gunakan sebelum menyentuh area wajah, sebelum makan atau setelah tangan kamu menyentuh benda asing.

2. Jaga Jarak dengan seseorang yang bersin atau batuk

Jika bepergian dalam keramaian tentu Anda tidak akan pernah tau dengan benar kondisi orang-orang yang berada disana. Untuk itu, Jika dirasa seseorang yang Anda temui menampakan gejala terinfeksi virus maka Anda perlu untuk menjaga jarak dengannya.

Sama seperti virus flu, virus corona diketahui juga menular lewat cairan saliva. Oleh sebab itu, menjaga jarak dari orang yang sakit adalah cara terbaik untuk tertular. Jika kamu melihat orang dalam kondisi yang tampak kurang sehat, CDC menyarankan jarak minimal adalah 3 kaki atau 0,9 meter.

3. Hindari menyentuh bagian Wajah

Jika Kondisinya dirasa tangan Anda kotor dan belum mencuci tangan dengan sabun. Maka disarankan untuk tidak menyentuh wajah atau mata, memang aktivitas menyentuh bagian yang ada di wajah seperti mulut, hidung dan mata adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

Akan tetapi untuk menghindari resiko penularan virus corona, mau tidak mau Anda harus memulai untuk menumbuhkan kesadaran tidak menyentuh area wajah dengan sembarangan. Tentu awal akan terasa susah namun dengan pembiasaan pastinya akan terasa mudah.

4. Memperhatikan Makanan

Tips mencegah tertular virus corona saat berpergian berikutnya adalah dengan memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Terlebih lagi jika Anda melakukan traveling, pastinya terdapat makanan khas yang dimiliki setiap daerah destinasi wisata.

Saat berkuliner, Anda perlu untuk memperhatikan kondisi lingkungan tempatnya, apakah pengelola tempat makanan menjaga kebersihannya? mulai dari alat yang digunakan, dapurnya, bahkan bahan-bahan yang digunakan. Jangan malu untuk menanyakan masalah kebersihan. Jika pengelola tidak mau ditanya, silahkan pilih opsi untuk mencari tempat makan lainnya.

Selain memastikan kebersihan, Anda juga harus memperhatikan kematangan makanan yang disajikan di tempat makan tersebut. Perlu diketahui jika virus corona bisa mati jika dipanaskan hingga suhu 56 derajat celcius selama 30 menit. Tentunya, dengan proses memasak yang sesuai bisa membantu untuk menghilangkan potensi penularan virus corona melalui makanan.

5. Segera periksa ke dokter jika terjadi gejala

Penting untuk mengetahui kondisi tubuh Anda sendiri baik itu sebelum dan saat melalukan suatu perjalan. Perlu untuk Anda ketahui mengenai gejala-gejala yang bisa menjadi diagnosa awal ketika seseorang terinfeksi virus corona seperti batuk, demam, dan sulit bernafas.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut segeralah memeriksakan kondisi diri Anda ke dokter sebelum penyakit yang dirasakan semakin parah. Perlu untuk diingat bahwa adanya penanganan cepat di awal gejala akan semakin memperbesar peluang untuk dapat sembuh.

Jika Anda saat melakukan perjalanan, pertimbangakanlah kondisi tubuh Anda untuk menunda perjalanan saat mengalami sakit hingga kondisi tubuh telah pulih. Tentu Anda tidak menginginkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi bukan?

Menggunakan Masker, sumber : SehatQ
Menggunakan Masker, sumber : SehatQ

6. Beristirahat dengan Cukup

Beristirahat dengan cukup mampu untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh manusia. Tubuh manusia masih bisa melawan penyakit saat sedang tidur. Meski sedang berada dalam perjalanan panjang misalkan di pesawat, pastikan kamu memiliki jam tidur yang cukup untuk memulihkan kondisi tubuh agar tetap prima.

7. Menggunakan Masker

Tips mencegah tertular virus corona lainnya adalah dengan menggunakan masker terlebih jika Anda berada di area publik. Masker berfungsi untuk melindungi diri dan juga orang lain. Pada dasarnya tidak hanya digunakan saat virus corona, saat mengidap penyakit flu atau batuk pun bisa untuk digunakan.

Masker yang sebaiknya digunakan adalah masker yang bagian dalamnya menyerap air. Anda bisa menggunakan masker bedah atau surgical mask atau masker N95 dengan filter yang dinilai paling efektif melindungi manusia. Masker ini bisa menyaring hingga 95 % partikel kecil di udara, termasuk kuman penyebab virus.

Demikian beberapa tips untuk mencegah penularan virus corona saat melakukan traveling. Selalu jaga kesehatan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Chat WhatsApp whatsapp